Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 10 Perubahan Hidup Setelah Menikah, Kamu Mengalaminya?

Tetap terasa seru karena dijalani bersama pasangan!

Felia Putri Dewinta

Memulai kehidupan rumah tangga merupakan sebuah langkah besar bagi sebagian orang. Sebab, tak hanya persiapan matang sebelum pernikahan saja yang harus dipikirkan, melainkan juga hal-hal yang menanti kita setelah menikah.

Tentu saja ada banyak hal baru yang akan terjadi dalam kehidupan berumah tangga. Di lain sisi, ada pula hal-hal yang akan berubah, baik itu untuk menyesuaikan gaya hidup pasangan, maupun untuk memastikan rumah tangga berjalan harmonis.

Lantas, apa saja perubahan hidup setelah menikah yang mungkin akan kamu alami? Simak ulasannya berikut ini:

1. Pola pikir berubah menjadi lebih dewasa dan bijaksana

instagram.com/riaricis1795

Pertama, tak bisa dipungkiri bahwa pernikahan akan membawa perubahan pada pola pikirmu. Perlahan-lahan kamu akan menjadi seseorang yang bijaksana serta dewasa dalam bersikap. Hal ini disebabkan karena munculnya hal-hal baru dan permasalahan dalam kehidupan berumah tangga.

Tak hanya itu, kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab, terutama untuk urusan rumah tangga. Jika sebelumnya kamu tidak peduli pada kebersihan rumah, kini kamu mulai peduli dan dengan senang hati membantu pasangan menjaga kebersihan di rumah.

2. Kebiasaan tidur berubah membuatmu jadi rajin bangun pagi

unsplash.com/Photos by Lanty

Saat hidup melajang, mungkin kamu lebih suka bergadang dan bangun siang hari, atau jika bangun pagi pun, kamu lebih memilih bersantai di tempat tidur. Apalagi di hari libur ketika kamu tidak punya kegiatan penting untuk dilakukan.

Namun, semua itu akan berubah saat kamu berumah tangga. Selepas menikah, tubuhmu menjadi otomatis bergerak di pagi hari, meskipun terasa sangat lelah. Alasannya, karena kamu merasa memiliki tanggung jawab dan kewajiban rumah tangga.

3. Percaya diri untuk tampil apa adanya dan tidak jaim di depan pasangan

Pexels.com/Filipe Leme

Ketika masih pacaran dulu, pasti kamu selalu berusaha tampil maksimal di depan pasangan. Setiap kali mau bertemu, kamu akan menghabiskan waktu lama untuk bersiap-siap. Nah ternyata, hal ini juga akan berubah setelah menikah lho, Bela!

Biasanya, setelah menikah dan tinggal bersama, kamu akan menjadi lebih berani untuk tampil apa adanya. Bahkan, kamu tak lagi bersikap jaim di depan pasangan. Selain karena sudah terbiasa, hal ini juga terjadi karena kalian sudah saling mengerti satu sama lain.

4. Menjadi lebih toleran dan pengertian pada pasangan

Pexels.com/Văn Thắng

Tak bisa dipungkiri bahwa waktu masih pacaran, sering kali kamu bersikap cemburuan pada pasangan. Apalagi saat si dia lebih sering menghabiskan waktu bersama teman, bisa-bisa kamu marah padanya, kan, Bela? Namun, hal ini akan berubah seiring berjalannya waktu, terutama usai menikah.

Sebab, kehidupan berumah tangga juga akan meningkatkan rasa toleranmu terhadap pasangan. Ketika dia pulang telat atau pergi bersama temannya, kamu tidak lagi merasa cemburu. Selama dia memberi kabar, maka kamu pun mampu bersikap tenang dan mengizinkannya.

5. Jadi lebih rajin menghabiskan waktu untuk memasak di dapur

Unsplash.com/Jason Briscoe

Menikah dan menjalani kehidupan berumah tangga juga perlahan-lahan akan membuatmu menjadi lebih rajin. Apalagi untuk urusan memasak dan menyiapkan makanan untuk pasangan.

Hal ini terjadi karena biasanya kegiatan tersebut menjadi lebih menyenangkan. Terutama jika pasangan mengaku senang dengan makanan yang kita siapkan atau ketika kamu dan pasangan jadi sering menghabiskan waktu untuk memasak bersama. Kegiatan ini bisa bikin kamu makin intim, lho.

6. Lebih senang menghabiskan waktu liburan untuk berduaan dengan pasangan

Pexels.com/Rodnae Productions

Me time alias menghabiskan waktu untuk diri sendiri adalah sebuah kewajiban, terutama saat masih melajang. Namun, kebiasaan ini juga akan berubah usai menikah, lho, Bela! Meski terkadang masih diperlukan, kamu jadi lebih senang menghabiskan waktu bersama pasangan.

Entah itu untuk liburan ke suatu tempat, atau sekadar menonton film di rumah, selama berduaan dengan pasangan, maka waktu tersebut menjadi sangat berharga dan menyenangkan, deh!

7. Jadi lebih teliti dan terbuka untuk urusan keuangan

Freepik.com/tirachardz

Umumnya, masalah keuangan dalam rumah tangga diurus oleh sang istri. Nah, inilah yang akan berubah setelah menikah. Kamu akan menjadi lebih terbuka dan teliti untuk urusan keuangan keluarga. Sebab, kebutuhan yang harus dibeli pun jadi meningkat dua kali lipat.

Kamu tidak lagi tertarik membeli barang-barang tidak penting, dan hanya berfokus pada barang yang benar-benar dibutuhkan di rumah. Bahkan, prioritasmu juga akan berubah seiring berjalannya waktu. Tak jarang kamu jadi lebih memprioritaskan kebutuhan pasangan daripada kebutuhanmu sendiri.

8. Meningkatkan kemampuan beradaptasi pada kebiasaan pasangan

Pexels.com/Meruyert Gonullu

Menikah dan tinggal bersama pasangan juga akan membuatmu lebih terlatih beradaptasi pada kebiasaan-kebiasaan pasangan. Sebab, saat masih pacaran, baik kamu dan pasangan cenderung menyembunyikan kebiasaan buruk. Usai menikah, kebiasaan tersebut pasti terbongkar dan diketahui pasangan.

Namun, tak perlu malu atau gengsi ya, Bela, sebab hal tersebut adalah normal. Perlu diingat pula bahwa kamu harus mampu beradaptasi pada pasangan, agar dia pun melakukan hal yang sama. Jika sudah saling beradaptasi dan mengerti, rumah tangga pun jadi lebih harmonis.

9. Perlahan tapi pasti, kamu berubah menjadi sosok perempuan kuat dan mandiri

freepik.com/gpointstudio

Sebelum menikah, mungkin kamu adalah sosok perempuan yang manja, baik pada pasangan atau orangtua. Apalagi jika orang-orang di sekitarmu sering memperlakukanmu dengan baik, maka kamu pun merasa kehidupan cukup mudah untuk dijalani.

Nah, hal ini juga akan berubah usai menikah lho, Bela! Meskipun masih bisa bermanja-manja pada pasangan, kamu sadar bahwa dirimu punya tanggung jawab menjaga rumah tangga. Lambat laun, kamu menjadi perempuan yang lebih kuat dan mandiri, serta siap menghadapi permasalahan yang mungkin terjadi.

10. Terkadang lupa untuk bersikap romantis pada pasangan

Unsplash.com/Priscilla du Preez

Terakhir, setelah menikah ternyata juga bisa bikin kamu lupa untuk bersikap romantis pada pasangan lho, Bela! Saat pacaran, sering kali kalian bersikap dunia serasa milik berdua, namun ketika berumah tangga, kalian jadi sangat terbiasa satu sama lain hingga lupa bersikap romantis.

Bahkan, pasangan juga mungkin bersikap cuek dan tak begitu perhatian pada dirimu. Meski begitu, kamu tak perlu merasa khawatir sebab hal tersebut memang sebuah proses pendewasaan dalam pernikahan.

Itulah dia beberapa perubahan hidup setelah menikah yang umumnya terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Bagaimana, Bela, apakah kamu sudah mengalaminya?

IDN Media Channels

Latest from Married