Bagi sebagian besar pasangan kekasih, pernikahan menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan dalam hubungan. Sebab, pernikahan merupakan momen sakral untuk mengucap janji suci untuk hidup bersama selamanya. Tak hanya itu, pernikahan juga termasuk salah satu bentuk ibadah kepada Tuhan.

Meski sangat ditunggu-tunggu, tak bisa dipungkiri pula bahwa beberapa orang sering kali merasa cemas menjelang pernikahannya. Banyak calon pengantin mencemaskan hari pernikahan, maupun mencemaskan kehidupan setelah menikah. Tentu saja rasa cemas tersebut harus diatasi agar tak menganggu kesehatan dan pikiran.

Nah, berikut beberapa tips menghadapi kecemasan menjelang pernikahan yang dapat membantumu mengatasi rasa cemas, serta mendapatkan ketenangan sebelum hari besar tersebut tiba.

1. Mengakui dan menerima kenyataan bahwa kamu merasa cemas

7 Tips Menghadapi Kecemasan Menjelang PernikahanPexels.com/Dương Nhân

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengakui dan menerima kenyataan bahwa kamu sedang merasa cemas. Ini dilakukan untuk membantu kamu menemukan jalan keluar dari kecemasan yang sedang dirasakan.

Tak perlu takut, sebab merasa cemas menjelang pernikahan adalah hal yang wajar. Ingatlah untuk tetap berpikiran tenang dan terbuka, bersikap jujur pada diri sendiri serta bersiap untuk menyelesaikannya dengan cara yang dewasa.

2. Komunikasikan dengan pasangan dan luapkan kecemasanmu

7 Tips Menghadapi Kecemasan Menjelang PernikahanMikhail Nilov/Pexels

Demi memastikan kesehatan pikiranmu tetap terjaga, jangan pernah menyimpan kecemasan dan rasa gelisah sendirian. Pernikahan yang akan terjadi adalah momen besar bagi kamu dan pasangan, jadi kecemasan jelang pernikahan juga harus dikomunikasikan pada pasanganmu.

Luapkan kecemasanmu, ceritakan semua hal yang membuatmu cemas, biarkan pasanganmu memahami dan mengerti situasimu. Dengan demikian, pasangan juga akan mengetahui cara terbaik yang harus ditempuh untuk menghilangkan kecemasan yang kamu rasakan.

3. Luangkan waktu sejenak untuk bermeditasi dan menenangkan pikiran

7 Tips Menghadapi Kecemasan Menjelang Pernikahantimeqube.com

Meditasi dan bersantai menenangkan pikiran merupakan cara terbaik mengatasi rasa cemas, termasuk kecemasan menjelang pernikahan. Jadi, bila masih memungkinkan, luangkan waktu sejenak dan pergi menikmati waktu untuk diri sendiri.

Cara ini terbukti ampuh untuk hilangkan rasa cemas, serta membuat pikiran kembali jernih. Kamu pun akan merasa lebih tenang, santai dan siap menghadapi pernikahan di depan mata.

4. Manjakan diri dengan rutinitas perawatan tubuh

7 Tips Menghadapi Kecemasan Menjelang Pernikahanfreepik.com/lookstudio

Selanjutnya, memanjakan diri dengan perawatan tubuh seperti spa, pijat, maupun yoga juga termasuk cara terbaik atasi rasa cemas jelang pernikahan. Tak hanya mampu membuat penampilan semakin cantik, relaksasi dari perawatan tubuh tentu bisa bantu kamu tenangkan pikiran dan tingkatkan kesehatan.

5. Pastikan kamu punya waktu istirahat yang cukup

7 Tips Menghadapi Kecemasan Menjelang Pernikahanhttps://pixabay.com

Menjelang pernikahan, kamu akan disibukkan dengan berbagai macam urusan yang menyita waktu. Meski begitu, pastikan kamu tetap punya waktu istirahat yang cukup ya, Bela! Sebab, jika kamu kurang istirahat, kamu akan mudah lelah dan mudah merasa cemas memikirkan pernikahan.

Istirahat yang cukup akan membantu kamu menjaga stamina dan energi, tak hanya dalam proses persiapan, namun juga hingga hari pernikahan tersebut tiba.

6. Rehat sejenak dari media sosial untuk menghindari pikiran negatif

7 Tips Menghadapi Kecemasan Menjelang PernikahanPexels.com/Pixabay

Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial telah menjadi sesuatu yang tak terlepaskan dari kehidupan sehari-hari. Padahal nyatanya, media sosial juga memegang peranan penting pada munculnya rasa cemas.

Jadi, salah satu tips menghadapi kecemasan menjelang pernikahan adalah dengan rehat sejanak dari media sosial. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya pikiran negatif, serta membersihkan pikiranmu dari hal-hal tidak penting di tengah persiapan pernikahan.

7. Habiskan waktu dengan orang-orang terdekat dan tersayang

7 Tips Menghadapi Kecemasan Menjelang PernikahanPexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, pastikan kamu juga memiliki waktu untuk dihabiskan bersama orang-orang terdekat yang kamu sayangi. Sebab, kehadiran mereka tentu mampu memberi energi positif pada dirimu, sehingga pikiranmu jadi lebih tenang dan tidak cemas menjelang pernikahan.

Orang-orang terdekat dan tersayang di sekelilingmu, seperti teman dan keluarga juga selalu siap membantumu menemukan solusi terbaik agar kamu tidak merasa cemas sendirian. 

Itulah beberapa tips menghadapi kecemasan menjelang pernikahan yang bisa kamu lakukan. Tetap semangat, ya, Bela.

Baca Juga: Cermati, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Pasangan Sebelum Menikah

Baca Juga: 6 Pertanyaan Penting yang Harus Kamu Tanya ke Pasangan Sebelum Menikah

Baca Juga: 13 Rekomendasi Lagu KPop Romantis untuk Resepsi Pernikahan