Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Terapkan 3 Cara Ini Supaya Pasangan Mau Melakukan yang Kamu Minta

Jangan dipaksa, tapi coba lakukan cara-cara mudah ini.

Elga Windasari

Bukannya mau mengatur kehidupan pasangan atau bagaimana caranya menjalani hidup, tapi demi kebaikan kalian berdua, kamu pasti punya hal-hal yang ingin pasangan melakukannya seperti yang kamu minta. Tapi, kok sepertinya susah banget, ya?

Daripada kamu merasa frustasi karena pasangan nggak pernah bisa melakukan seperti yang diminta dan akhirnya jadi marah-marah, coba lakukan tiga cara pendekatan di bawah ini, yang mungkin bisa membantu.

Meskipun mungkin nggak akan pernah bisa membuat pasangan berubah ke tingkat yang kamu inginkan, paling nggak kamu sudah berusaha dengan baik, ya.

1. Mulailah dengan menghargai

freepik.com/our-team

Menghargai membantumu memulai percakapan dengan nada positif. Tunjukkan kalau selama ini kamu melihat dan menghargai apa yang sudah pasangan lakukan untukmu. Sangat penting untuk bersungguh-sungguh dengan apa yang kamu katakan karena kalau terlihat nggak tulus, risikonya kamu akan terlihat seperti seorang yang manipulatif.

Contoh: “Ingat nggak waktu itu kamu pernah rajin banget nge-chat aku sepanjang hari, nanyain kondisi aku. Aku senang deh kalau kamu bisa sering-sering kayak gitu. Aku merasa lebih diperhatiin.

2. Gunakan kata “aku” saat meminta

Pexels.com/Gustavo Fring

Nyatakan secara singkat dan jelas apa yang kamu inginkan dan jelaskan bagaimana hal itu bisa memengaruhimu atau hubungan kalian berdua. Nggak perlu membuat referensi yang nggak jelas, yang bisa membuat pasangan nggak paham atau salah paham.

Akibatnya, kamu mungkin nggak akan mendapatkan apa yang diinginkan sehingga merasa ditolak atau nggak dihargai.

Contoh: “Aku senang, deh, kalau malam sebelum tidur kita ngobrol-ngobrol dulu daripada hanya nonton TV. Mau nggak kamu melakukannya?

3. Tanyakan pendapat dan perasaan pasangan

stocksy.com/Alexandr Ivanets

Meskipun penting membuat keinginanmu diketahui pasangan, tapi sama pentingnya untuk bertanya tentang pendapat dan perasaan pasanganmu. Kamu mungkin menganggap sudah mengenal pasangan sehingga nggak perlu bertanya lagi, tapi asumsi juga terkadang salah.

Selain jadi lebih tahu perasaan pasangan, kamu juga membuatnya merasa didengar dan bukan hanya harus mendengarkan. Saat ada yang bertentangan dengan yang kamu inginkan, kalian berdua jadi bisa melakukan kompromi.

Contoh: “Bagaimana menurutmu kalau setiap bulan kita luangkan waktu sehari penuh untuk menghabiskan waktu berdua tanpa gadget?

Jangan lupa mengapresiasinya jika pasangan melakukan yang kamu minta

Pexels.com/August de Richelieu

Setelah melakukan salah satu atau ketiga cara di atas dan kemudian pasangan mulai melakukannya, pastikan untuk memberitahunya kalau kamu sangat menghargai apa yang dilakukannya itu. Apresiasi sekecil apa pun dapat meningkatkan perasaan positif pasangan terhadapmu sekaligus membantu mereka merasa lebih baik saat menjalani permintaanmu.

Bagaimana kalau pasangan nggak juga melakukan yang kamu minta?

Pexels.com/cottonbro

Kalau semua cara sudah dilakukan tapi nggak berhasil juga, mungkin ini waktunya untuk bicara dari hati ke hati dan bertanya apa ada yang bisa kamu lakukan supaya dia mau  melakukan yang kamu inginkan. Kalau jawabannya tetap “nggak”, berarti kamu harus mulai menerimanya dengan lapang dada.

Coba pikirkan kembali apakah permintaanmu itu benar-benar krusial dan sangat berpengaruh terhadap hubungan kalian berdua, atau itu hanya preferensi dirimu saja?

Kamu suka kalau pasanganmu melakukan A, tapi sebenarnya kalau dia nggak melakukannya juga nggak masalah. Nah, kalau seperti ini, kamu juga nggak baik untuk terus memaksa pasangan, ya.

Saling berbicara dengan keterbukaan, perhatian, dan upaya yang sungguh-sungguh adalah cara terakhir agar kamu dan pasangan bisa bekerja sama secara konstruktif, bukan hanya kamu ingin pasangan melakukan hal yang diminta atau sebaliknya.

IDN Media Channels

Latest from Married