Dalam menjalani hubungan pernikahan, tidak sedikit pasangan yang memilih untuk keduanya tetap bekerja. Di samping untuk memenuhi kebutuhan finansial, terkadang bekerja juga menjadi suatu prinsip bagi sebagian orang. Sekalipun sang suami telah berkecukupan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Saat ini banyak pasangan suami istri yang memilih untuk tetap bekerja.

Meski tidak mudah harus membagi tenaga, pikiran, dan juga perasaan untuk dua hal yang berbeda, jangan sampai prioritas untuk pasangan terabaikan, ya, Bela. Suami istri yang sibuk bekerja juga perlu untuk tetap menjaga keintiman. Jangan biarkan karena kesibukan masing-masing, keintiman sulit diraih antara kamu dan pasangan.

Berikut Popbela telah merangkum 9 tips menjaga keintiman suami istri meskipun sibuk bekerja.

1. Menjaga romantisme

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk Bekerjahttps://www.pexels.com/@vlada-karpovich

Menjaga keromantisan di antara suami istri menjadi hal yang perlu untuk dilakukan dan ditingkatkan. Romantisme antara pasangan juga bisa menjadi cara untuk menyiasati intensitas seks yang berkurang, karena banyaknya kesibukan di antara kalian. Kamu bisa memberi kejutan kejutan manis yang agak menggoda, sesuatu yang bisa mengembalikan keintiman yang hilang karena kesibukan satu sama lain. Tetap jaga romantisme, ya, Bela! 

2. Menjadi pendengar yang baik untuk satu sama lain

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk Bekerjahttps://www.pexels.com/@ku3weddinghouse

Kesibukan yang menyita waku di antara kamu dan suami kerap kali menjadi sumber kesalahpahaman di antara pasangan suami istri. Cobalah menjadi pendengar yang baik ketika pasangan sedang membagi cerita atau keluh kesah mereka dan coba dengarkan tanpa mencela. Bangun komunikasi dengan menanyakan apa saja yang terjadi dan pasangan rasakan pada hari. Hal ini berguna untuk membangun dan menumbuhkan rasa saling mendengar satu sama lain.  

3. Saling mengerti

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk BekerjaPexels.com/cottonbro

Hal yang perlu dilakukan di tengah kesibukan kamu dan pasangan adalah untuk saling mengerti satu sama lain. Bagaimanapun keadaan dan kondisinya, saling mengerti dan saling memahami keaadan satu sama lain menjadi hal yang penting. Memahami bahwa waktu yang dimiliki bersama tidak sebanyak seperti pasangan lain yang tidak bekerja. Pahami melalui perspektif terbaik yang kamu miliki tentang apa yang pasangan alami. Ajukan pertanyaan ke pasangan jika terdapat hal yang mungkin mengganjal, daripada kamu berasumsi yang tidak-tidak. 

4. Lebih intim dengan foreplay tanpa penetrasi.

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk Bekerjahttps://www.pexels.com/@cottonbro

Karena kesibukan yang dimiliki antara suami dan istri, waktu yang dimiliki untuk bersama, khususnya hubungan untuk di atas ranjang menjadi berkurang. Untuk tetap mejaga keintiman di antara kamu dan pasangan meski sedang sibuk, kamu dapat mencoba bercinta tanpa melakukan pentrasi seks dan menggantinya dengan foreplay.

Terlihat aneh memang, tapi ternyata ini dapat menambah gairah seksual dengan adanya sentuhan di antara kamu dan pasangan. Foreplay sendiri adalah bagian terbaik yang bisa dirasakan para istri. Minta pasangan menyentuh lembut tubuh dan bagian sensitifmu, serta jaga selalu komunikasi sebelum memulai ini, ya. Pastikan kalau kamu dan pasangan sama-sama menikmatinya.

5. Menciptakan suasana nyaman di rumah

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk Bekerjahttps://www.pexels.com/@olly

Setelah lelah bekerja, pulang ke rumah dengan harapan bahwa rumah menjadi tempat paling nyaman baik untuk suami maupun istri. Ciptakan suasana rumah menjadi tempat ternyaman untuk kamu dan pasangan. Karena sebagian besar waktu kalian habiskan di rumah, melakukan hal apapun di rumah, dan menciptakan momen-momen bersama di rumah. Keintiman juga dapat dijaga dengan menciptakan suasana ternyaman saat berada di rumah. Jangan sampai suami merasa tidak nyaman di rumah sendiri, dan mencari kenyamanan di tempat lain. Duh, jangan sampai, ya, Bela.

6. Memberikan hadiah untuk pasangan

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk Bekerjahttps://www.pexels.com/@gary-barnes

Bekerja memang cukup menguras waktu di antara kamu dan pasangan. Maksimalkan waktu yang ada untuk bersama dan ciptakan momen sebaik mungkin saat bersama pasangan. Kamu dapat coba memberikan hadiah kepada pasangan sebagai bentuk apresiasi ataupun sebagai ungkapan cinta. Hadiah atau surprise yang diberikan tidak harus mahal, kamu dapat memilih untuk memberikan sesuatu yang berkesan seperti barang yang dia butuhkan atau kejutan makan malam romantis. Setelah itu dijamin malammu bersama pasangan akan lebih menggairahkan dan penuh cinta. 

7. Sentuhan terhadap pasangan itu penting

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk BekerjaPexels.com/VeraArsic

Pekerjaan memang menguras waktu dan perhatian kamu, namun jangan sampai saat kamu berada di rumah kamu juga sibuk di depan laptop. Pasangan juga membutuhkan perhatian dari kamu, lho. Bagaimanapun sentuhan langsung terhadap pasangan tidak dapat tergantikan oleh hal apa pun. Kamu dapat memberikan perhatian dan bentuk kasih sayang seperti memeluknya atau menciumnya saat berangkat dan pulang kerja. Tingkatkan intensitas di antara kalian, meski kamu dan pasangan sama-sama sibuk bekerja. Prioritas utama tetap pada keluarga, ya, Bela. 

8. Bagikan fantasi seks dengan pasangan

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk Bekerjafreepik.com/bilahata

Ceritakan keinginan seks seperti apa yang ingin kamu lakukan bersama pasangan. Seperti saat kamu ingin melakukan gaya bercinta yang berbeda dari biasanya. Setiap orang jelas memiliki fantasi masing-masing, dan itu sah-sah saja, lho, diberitahu ke pasangan. Bekerja dan keintiman pasangan sama-sama pentingnya. Hal tersebut bisa diselaraskan dengan komunikasi yang intens satu sama lain. 

9. Hargai waktu saat sedang bersama

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk Bekerjahttps://www.pexels.com/@arina-krasnikova

Kalian sudah bersusah payah mengatur waktu untuk bisa berduaan, jadi jangan sia-siakan waktu yang kalian miliki bersama. Saat sedang bersama pasangan, matikan semua gadget yang kamu miliki dan fokuskan perhatian hanya pada pasangan. Kamu dan pasangan bisa membicarakan apa saja, mulai dari obrolan yang ringan, kabar kehidupan sehari-hari, sampai curhat tentang masalah yang sedang dialami. Quality time ini akan dapat menjaga keintiman di antara kamu dan pasangan, lho, Bela.

10. Saling berterimakasih

10 Tips Menjaga Keintiman Suami Istri yang Sibuk Bekerjahttps://www.pexels.com/@cottonbro

Mempertahankan kehidupan seks yang aktif membutuhkan banyak upaya. Selain untuk menjaga keintiman, seks juga dapat membuat usia pernikahan menjadi lebih panjang. Penting bagi kamu dan pasangan untuk mengakui dan berterima kasih satu sama lain setelah berupaya untuk mewujudkan hal itu. Setelah berhubungan seksual, luangkan beberapa menit untuk berterima kasih kepada pasangan. Hal tersebut memang terlihat bukan sesuatu yang tepat untuk mengucapkan terima kasih, namun cara-cara seperti itulah yang ternyata dapat membuat hubungan suami istri menjadi lebih baik.

Itulah beberapa cara yang dapat suami dan istri lakukan untuk tetap mejaga keintiman saat keduanya sama-sama sibuk bekerja. Tidak ada yang salah dengan keputusan untuk tetap bekerja, namun tetap jadikan keluarga dan pasangan sebagai prioritas, ya.

Baca Juga: Romantis! 5 Cara Berhubungan Seks di Bathtub Agar Makin Intim

Baca Juga: Tak Sekadar Pelukan, 7 Jenis Cuddling Ini Bisa Menambah Keintiman Lho

Baca Juga: 9 Cara Membuat Suami Tetap Ereksi saat Berhubungan Seks