Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ucapan Pernikahan Bahasa Inggris yang Menyentuh

Ucapanmu adalah doa untuk kedua mempelai.

Angga Prayudhatama

Pernikahan adalah kegiatan sakral untuk merayakan pasangan yang telah memiliki komitmen dalam membina rumah tangga. Tidak lengkap rasanya jika tak memberikan sebuah selamat. Jika kamu ingin mendoakan kedua mempelai dan mengucapkan selamat, kamu bisa menggunakan ucapan pernikahan dalam bahasa Inggris yang menyentuh.

Apa Sebenarnya Ucapan Itu Sendiri?

Unsplash.com/Jeremy Wong Weddings

Ucapan adalah bentuk ujaran yang diberikan kepada lawan bicaranya. Sedangkan dalam pernikahan, ucapan berbentuk kata-kata selamat atas pernikahan tersebut. Banyak sekali bentuk ucapan bisa digunakan, namun harus disesuaikan dengan konteksnya.

Namun perlu diperhatikan beberapa aspek agar tidak salah arti. Jangan menggunakan kata ambigu atau memiliki dua makna. Jika ingin menggunakan bahasa Inggris, perhatikan kata-katanya, jangan sampai salah tulis atau typo. Pastikan juga kamu memahami maknanya, jangan sampai asal-asalan yang akhirnya justru salah arti atau salah diterima oleh kedua mempelai. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ponsel atau internet, untuk mengecek apakah grammar atau penulisan kalimat ucapan kamu sudah benar.

Manfaat Ucapan Pernikahan

Unsplash

Ucapan pernikahan dapat menyalurkan rasa senang juga ikut serta bahagia, karena pernikahan merupakan momen membahagiakan. Ucapan pernikahan biasanya diberikan kepada kerabat, teman, dan keluarga.

Banyak sekali bentuk ucapan pernikahan dari tertulis sampai diucapkan secara lisan. Namun perlu diperhatikan kepada siapakah kamu memberikan selamat tersebut. Kepada orang terdekat, baru kenal, atau seseorang yang dihormati.

Mengingat bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di seluruh negara. Maka nggak ada salahnya memberikan ucapan pernikahan dengan bahasa Inggris.

Canva.com

Contoh ucapan pernikahan bahasa Inggris

Menggunakan bahasa ibu mungkin sudah terlalu mainstream untuk kamu. Lalu mengapa tidak menggunakan bahasa asing atau bahasa Inggris. Bisa diucapkan secara langsung atau melalui perantara media, berikut ini contoh ucapan pernikahan menggunakan bahasa inggris.

1. Ucapan pernikahan simpel

Pexels.com/Jin Wedding

Tidak ingin terlalu rumit, agar si penerima mengerti maksud pesan tersebut, ucapan pernikahan simpel biasanya dipakai oleh mereka yang tak terlalu akrab dengan pasangan  pengantin. Selain simpel, tentunya juga mudah diingat dan diketik. Susunan kata-katanya juga mudah. 

"Congratulations on your wedding." Artinya: “Selamat atas pernikahanmu”. 

"Wishing you a lifetime of love and happiness.“ Artinya: "Semoga hari-harimu dipenuhi dengan cinta dan kebahagiaan”.

"Happy Wedding Day! Wishing you two a very happy and blessed married life." Artinya: “Selamat atas pernikahanmu. Semoga kamu berdua memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia dan diberkahi”.

2. Ucapan pernikahan menyentuh

unsplash.com/Євгенія Височина

Ucapan pernikahan bahasa Inggris selanjutnya ini cukup menyentuh, karena menggunakan rangkaian-rangkaian kata indah. Ucapan-ucapan ini biasanya diberikan oleh kerabat dekat, sahabat, dan keluarga. Contohnya berikut ini:

"Wishing you a lifetime of happiness together and a love that grows stronger with each passing day." Artinya: “Semoga bahagia seumur hidup bersama dan menumbuhkan cinta yang semakin kuat”.

"May your love story be as magical and charming as in fairy tales. Congratulations on the wedding." Artinya: "Semoga kisah cinta kalian sama indahnya seperti cerita dongeng. Selamat untuk pernikahannya."

"Best wishes to you both on your wedding. May the love that you share last your lifetime through, as you make a wonderful pair." Artinya: "Doa terbaik untuk kalian di hari pernikahan. Semoga cinta kalian bertahan sepanjang waktu, karena kalian adalah pasangan yang serasi."

3. Ucapan pernikahan islami

Freepik.com

Untuk sahabat atau kerabat sesama muslim, ucapan ini cocok dipakai dan disampaikan kepada mereka. Memasukkan doa-doa di dalamnya agar menjadi lebih baik ke depannya juga merupakan ucapan yang bisa kamu berikan di hari pernikahan. Berikut ini contohnya:

"Hopefully your love will always grow until the high heaven." Artinya: "Semoga cintamu sampai ke surga”.

"Allah created soul at first and then he devided it in two. So that he can join them again together in marriage." Artinya: “Allah menciptakan jiwa, kemudian membaginya, sehingga hidup dalam pernikahan. 

4. Ucapan pernikahan untuk anak

Pexels.com/Danu Hidayatur Rahman

Bagi orangtua yang ingin mengucapkan selamat kepada anaknya, yang telah melangsungkan pernikahan, juga bisa menggunakan kalimat ucapan dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah contohnya:

"My prayers are always with you. May Allah bestow his blessings on you." Artinya: “Doaku selalu bersamamu. Semoga Allah melimpahkan berkahnya”.

"As muslim you should respect your wife and love her immensely." Artinya: "Sebagai seorang muslim, kamu harus menghormati istri dan mencintainya."

5. Ucapan pernikahan formal

freepik.com/freepic.diller

Satu lagi ucapan pernikahan menggunakan bahasa Inggris, yaitu dengan bahasa formal, yang biasanya ditujukan kepada orang yang kamu hormati. Contohnya guru, atasan kamu di kantor, atau orang yang lebih tua darimu. Berikut ini ucapan yang bisa kamu berikan.

"Wishing you joy, love, and happiness on your wedding day and as you begin your new life together." Artinya: "Semoga hari pernikahanmu dipenuhi kegembiraan dan kebahagiaan, seperti halnya kamu memulai hidup barumu bersama."

"Best of luck for a happy and prosperous marriage to two people who truly deserve each other. Happy wedding!" Artinya: "Semoga sukses untuk pernikahan yang bahagia dan sejahtera untuk dua orang yang benar-benar pantas mendapatkan satu sama lain."

Itulah beberapa contoh ucapan pernikahan bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan. Pastikan kamu menggunakan padanan kata yang benar dan pahami juga artinya.

IDN Media Channels

Latest from Married