Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Manfaat Berpelukan dengan Pasangan

Bukan sekadar mesra-mesraan

Andhina Effendi

Seberapa sering kamu dan pasangan kamu berpelukan? Atau jangan-jangan kamu sudah lupa kapan terakhir berpelukan dengan suami? Meski terkesan sepele, pelukan yang hangat sangat diperlukan dalam sebuah hubungan suami-istri. Simak, yuk, apa saja manfaat dari pelukan.

1. Menunjukkan kasih sayang tanpa harus berucap

Unsplash.com/Sandrachile

Kenapa, sih, pelukan itu penting? Karena pelukan bisa menunjukkan rasa kasih sayang, bahkan pelukan bisa ‘mengungkapkan’ hal-hal yang kadang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Bagi pasangan, berpelukan bisa menjembatani jarak di antara apa yang terjadi di kamar tidur dan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari kalian masing-masing. Jika berhenti berpelukan, kamu bisa kehilangan keintiman dengan pasangan dan bahkan bisa lupa betapa pelukan itu bisa membuatmu bahagia.

2. Memperbaiki mood secara instan

Unsplash.com/Chermiti Mohamed

Berpelukan mampu meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh secara instan, yang dapat membantu menghilangkan rasa kesepian, sedih, dan amarah. Selain itu, berpelukan dalam waktu beberapa menit saja bisa menambah serotonin, zat kimia alami dalam tubuh yang bisa memperbaiki mood dan menciptakan kebahagiaan.

3. Membangun rasa saling percaya

Unsplash.com/Lauren Richmond

Energi yang disalurkan saat berpelukan bagaikan investasi dalam sebuah hubungan. Pelukan tersebut mendorong empati, rasa saling percaya, dan rasa aman. Anggap saja pelukan itu seperti pupuk yang bisa menjaga pertumbuhan hubungan kamu dan pasangan agar tetap berbunga-bunga.

4. Mengajarkan kamu untuk memberi dan menerima

Unsplash.com/Freestocks.org

Pelukan bisa terjadi jika dilakukan oleh dua orang, di mana kamu berada dalam posisi orang yang menerima pelukan dan memberikan pelukan. Sama halnya dalam sebuah hubungan, kamu tidak bisa hanya jadi orang yang memberi saja atau menerima saja. Harus ada timbal-balik di antara kamu dengan pasangan.

IDN Media Channels

Latest from Married