Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tradisi Pernikahan Unik di Penjuru Dunia yang Bikin Ngeri!

Mau menikah malah harus dikotori dulu?

Abraham Herdyanto

Mereka yang mengatakan menikah itu merepotkan sebenarnya tidak salah. Bukan soal permasalahan hidup bersama sang pasangan, namun ritual menuju ke kehidupan rumah tangga itulah yang cukup menyusahkan. Ada proses yang sangat panjang dan seringkali menghabiskan banyak dana.

Menariknya hal itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga penjuru dunia yang lain. Jika kamu merasa tradisi pernikahan di Tanah Air itu ribet, sepertinya kamu perlu melihat yang satu ini. Berikut ini adalah budaya menikah yang terbilang unik dan agak mengerikan di penjuru dunia.

1. Pernikahan hantu

taiwannews.com.tw

Mungkin kamu pernah mendengar tradisi pernikahan yang satu ini. Pernikahan hantu ini merupakan tradisi dari Tiongkok yang sudah berlangsung ribuan tahun. Praktik ini menikahkan dua orang yang meninggal dengan kondisi lajang. Dilangsungkan di kuburan, pernikahan ini tidaklah murah karena meminta rumah besar hingga perhiasan mahal.

2. Pernikahan di peti mati

asiaone.com

Mungkin kamu menganggap ini tidak masuk akal, mengingat menikah dan peti mati adalah dua hal yang sangat berlawanan. Tapi, ritual ini memang pernah dirayakan. Pada hari Valentine 2015, sepuluh pasang pengantin melakukan upacara ini di Wat Ta Kien, Thailand. Masyarakat di sana percaya, berbaring di peti mati dan didoakan di peti mati saat menikah mampu menghilangkan nasib sial. Waduh, kok jadi horor begini, ya?

3. Memanah pengantin perempuan

ochevidets.ru

Hal ini dilakukan di Yugur. Sang pengantin laki-laki akan memanah pengantin perempuannya dengan anak panah yang tidak berkepala, lalu akan mematahkan anak panah itu sebagai lambang cinta selamanya. Apakah kamu bisa mengerti maksud dari tradisi ini?

4. Pernikahan yang melarang tersenyum

id.pinterest.com

Bagi masyarakat Kongo, tersenyum adalah sesuatu yang tabu dilakukan ketika melaksanakan upacara pernikahan. Tersenyum atau tertawa dianggap jika pasangan tersebut tidak serius menjalankan upacara pernikahan. Oleh karena itu, pasangan pengantin selalu memasang ekspresi datar, dan baru ketika bulan madu mereka bergembira. Hmm... padahal pernikahan kan seharusnya jadi momen yang paling membahagiakan ya, Bela?

5. Pernikahan sponsor

hochzeitsfilm-hochzeitsvideo.at

Pernikahan ini diadakan di Filipina. Dalam tradisi ini, sang pengantin tidak perlu membiayai upacara, ritual, ataupun perayaannya dan semua ini dibiayai oleh pemerintah. Persyaratannya cukup mudah, yakni sang pengantin harus mencari venue sendiri, telah mendaftarkan diri, dan dilaksanakan pada hari Valentine. Wah, asyik banget, nih!

6. Menangis berjam-jam

vuntu.net

Orang-orang Tuijia di Tiongkok memiliki tradisi sang pengantin perempuan harus menangis selama satu jam setiap hari selama satu bulan penuh sebelum dia menikah. Nanti 10 hari menjelang pernikahan, sang ibu dari mempelai perempuan akan turut menangis, diikuti sang nenek. Menangis di sini bukan berarti karena sedih, tapi justru dianggap sebagai ekspresi kebahagiaan. 

7. Pernikahan simbol

pinterest.de

Kamu pasti paham jika upacara pernikahan terdapat banyak simbol. Tapi, banyaknya simbol itu akan membuatmu tak habis pikir jika menuju Afrika. Dalam sekali pernikahan, bisa ada 12 simbol yang muncul. Mulai dari merica, air, sendok, sapu, bahkan hingga kitab.

8. Menculik sang pengantin

theclever.com

Budaya ini dilakukan di beberapa area sekaligus, mulai dari Asia sampai Afrika. Konsepnya adalah dengan menculik sang pengantin perempuan untuk memastikan dia tidak direbut laki-laki lain. Budaya ini cukup kontroversial mengingat beberapa beranggapan ini sangat patriarki dan tidak menghargai si perempuan. 

9. Pernikahan bak ospek

mindblowings.com

Bagi warga Skotlandia, bukan hal yang aneh jika kerabat merayakan pernikahan dengan cara mengikat calon pengantin secara tiba-tiba ke pohon dan menaburkannya dengan sampah. Ada kepercayaan mengatakan jika sang calon pengantin tahan akan hal itu, maka dia akan tahan dengan berbagai masalah saat berkeluarga nanti. Hmm... jadi lebih terasa seperti masa-masa ospek saat jadi mahasiswa baru, ya?

10. Minum dari toilet

nari.punjabkesari.in

Pengantin baru di Prancis sepertinya tidaklah seberuntung di negara lain. Di sana terdapat budaya di mana sang pengantin dipaksa minum minuman sisa di toilet. Sekarang memang sudah diganti menjadi cokelat dan champagne, tapi tetap saja minumnya harus dari toilet. Duh, apa nggak mual tuh?

Seribet-ribetnya mengurus surat pernikahan di Indonesia, paling tidak kamu nggak harus menjalani ritual yang aneh-aneh semacam ini. Terkecuali kamu masih memiliki ikatan darah suku yang kental sehingga kamu harus menjalankan praktik pernikahan tradisional. Kalau sudah begitu, nikmati saja ya, Bela! Setidaknya ini dilakukan hanya seumur hidup sekali.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "10 Pernikahan Unik dari Penjuru Dunia, Ada yang Gak Boleh Senyum!"

IDN Media Channels

Latest from Married