Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Terbaik Pulihkan Hubungan Setelah Pertengkaran Hebat

Selesaikan dengan kepala dingin, ya

Zahra Ramadhani

Dalam setiap hubungan, perdebatan kecil adalah hal yang lumrah terjadi. Kalau nggak segera diatasi, bisa menjadi bom waktu yang akan mengantarkan kamu dan pasangan pada pertengkaran hebat. Kalahkan ego yang kerap kali naik ke permukaan, Bela. 

Namun, apabila kamu telah sampai di titik ini, rasa canggung mungkin akan menghalangimu untuk kembali bersikap normal pasca pertengkaran dengan pasangan. Nah, Popbela punya cara jitu terbaik yang dapat kamu praktikkan untuk pulih kembali setelah badai besar yang terjadi! Simak selengkapnya, ya.

1. Tenangkan dirimu dan lakukan introspeksi

https://www.pexels.com/@enginakyurt

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah berusahalah sebisa mungkin untuk membuat dirimu tenang. Dalam melihat sebuah pertengkaran, pastikan hati dan kepala kamu dalam kondisi dingin supaya bisa melihat persoalan secara jelas tanpa memihak. 

Lakukan introspeksi diri. Tinjau kembali apa yang telah kamu dan pasangan lakukan. Terkadang, ketika diri sedang diselimuti oleh kabut emosi, segala hal tampak salah dan satu-satunya hal yang dapat membuatmu puas adalah perpisahan. Jangan sampai amarah mengusaimu, Bela. Ingat kembali komitmen yang telah kamu dan pasangan buat. Bukankah cinta seharusnya tak pernah menyalahkan?

2. Katakan dengan jujur apa yang kamu rasakan ketika telah siap

https://www.pexels.com/@jopwell

Ketahui kapan waktu yang tepat untuk kembali membicarakan pertengkaran yang terjadi bersama si dia dengan kepala dingin dan tanpa emosi. Utarakan apa pun yang ada dalam benakmu perihal permasalahan ini tanpa berusaha mengurangi atau melebih-lebihkan apa yang ada. 

Hubungan yang baik akan terwujud apabila kedua belah pihak selalu punya ruang untuk sekadar mengampuni. Nggak perlu segan untuk menyampaikan apa yang selama ini kamu pendam sendiri. Biasanya, hal tersebut malah justru menjadi biang dalam setiap pergolakan yang ada dalam hubungan.

3. Hindari pernyataan yang menyudutkan pasangan

https://www.pexels.com/@vera-arsic-304265

Perdebatan dan pertengkaran hadir agar kamu dan pasangan dapat saling memahami satu sama lain. So, ketika mereka datang menyapa hal yang perlu kamu lakukan adalah fokus terhadap solusi dari masalah yang ada dan nggak berusaha untuk menyalahkan pasangan. 

Ungkapkan apa pun yang kamu rasakan serta apa yang kamu lihat dari permasalahan yang ada melalui sudut pandangmu. Tapi, kamu harus tetap terbuka pada pemikiran si dia perihal ini ya. Ingat, pertikaian yang terjadi saat ini adalah persoalan antara kamu dan pasangan, bukan salah satu pihak saja. Jangan menjadikan rintangan ini halangan untuk tetap mengarungi hidup bersama, Bela. 

4. Beri kesempatan pasangan untuk memberi penjelasan dan dengarkan dengan baik

clickrelationships.org

Last but not least, bersiaplah untuk menjadi pendengar yang baik! Pasangan kamu juga berhak untuk menyuarakan apa yang ia rasakan. Terimalah apa pun yang dikatakannya tanpa berusaha untuk meminimalkan apa pun yang dipikirkan olehnya. 

Mendengar pendapatnya dan apa yang ia lihat melalui sudut pandangnya adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan apabila kamu sedang berada dalam situasi sulit seperti pertengkaran hebat. Bisa saja pasangan kamu menyimpan unek-unek yang selama ini nggak pernah diutarakan kepadamu hanya untuk menjaga perasaanmu semata. 

Semoga pertengkaran kalian makin mendekatkan kalian, ya, dan bukan makin membuat kalian jauh.

IDN Media Channels

Latest from Dating