Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tanda Kamu Masih Membandingkan Pacar dengan Mantan

Pacar dan mantan adalah 2 orang yang berbeda

Windari Subangkit

Memulai hubungan baru merupakan salah satu cara untuk mengobati luka hati. Namun, meskipun kamu memiliki perasaan pada pacar barumu, bukan berarti kamu bisa langsung melupakan mantan. Bisa jadi, tanpa sadar kamu masih memikirkan mantanmu atau malah membandingkan pacar dengan mantan.

Yang lebih parahnya lagi apabila kamu meragukan perasaanmu pada pacar dan merasa si dia nggak seperti mantanmu yang dulu. Padahal, sebenarnya kenyamanan serta keintiman dalam hubungan akan terbentuk seiring berjalannya waktu. Melansir dari Bustle, inilah 5 tanda kamu masih membandingkan pacar dengan mantanmu. 

1. Mudah marah pada hal-hal kecil yang dilakukan pacar

Pexels.com/Gratisography

Jika kamu memberikan reaksi berlebihan terhadap kesalahan kecil yang dilakukan pacar, maka ini bisa menjadi tanda bahwa sikap yang kamu lakukan itu terpengaruh dari masa lalumu dengan mantan. Misalnya, ketika pacarmu meminta maaf karena terlambat 5 menit untuk menjemputmu, tapi kamu langsung marah besar kepadanya. Kemungkinan ini terjadi karena kamu masih membandingkannya dengan mantanmu.

2. Kamu punya daftar apa saja yang harus bisa dilakukan pacar untukmu

Pexels.com/Bruce Mars

Tanda lain kalau kamu membandingkan pacar dengan mantan ialah kamu membuat daftar apa saja yang harus bisa dilakukan pacar kepadamu. Apalagi jika keinginanmu tersebut merupakan hal yang nggak realistis, sepertinya kamu harus mulai waspada. Mungkin kamu memasang standar yang tinggi pada pacar karena kamu kerap membandingkan sikap dari mantan kepadamu. Jika ini terjadi, sebaiknya kamu ungkapkan apa saja keinginanmu yang masuk akal dan kamu juga harus menyadari bahwa kamu nggak boleh menuntut pacarmu terlalu cepat.

3. Masih berharap bisa balikan sama mantan suatu hari nanti

Pexels.com/Elle Hughes

Pada sebagian orang, pemikiran seperti ini bisa terjadi begitu saja. Dalam hal ini, kamu merasa bahwa mantan adalah sosok terbaik untukmu, sehingga kamu berupaya membuktikan bahwa pacar nggak bisa menjadi mantanmu. Ini juga menandakan bahwa kamu belum move on dari masa lalu dan tentu saja akan sangat menyakitkan bagi pacarmu. Jika kamu nggak ingin seperti ini terus, cobalah untuk fokus pada masa saat ini, bukan apa yang ada di masa lalu.

4. Menjaga jarak saat pacarmu sedang berusaha mendekat

Pexels.com/freestocks.org

Kamu sudah tahu bahwa membangun kenyamanan dan kepercayaan dengan pacar memang butuh waktu. Namun, secara nggak sadar kamu justru menjaga jarak dengannya. Contohnya, kamu nggak memberinya kesempatan untuk mengenalmu lebih jauh atau terkesan lebih tertutup kepadanya. Jika seperti ini, cobalah cari tahu alasan mengapa kamu melakukan hal ini. Apakah kamu benar-benar nggak menginginkan hubungan ini? Atau apakah kamu sama sekali belum siap untuk menjalin hubungan baru?

5. Merasa nggak ada yang bisa memahamimu selain mantan

Pexels.com/Matheus Bertelli

Meski sudah memiliki hubungan baru, bukan berarti kenangan manis tentang mantan akan hilang begitu saja. Apa pun alasan hubunganmu dan mantan berakhir, tetap saja momen spesial tersebut akan tetap ada di hati dan pikiranmu. Hal inilah yang mungkin membuatmu merasa bahwa mantan merupakan sosok yang paling mengertimu lebih baik dibandingkan siapa pun. Namun, bukan berarti kamu jadi terpaku terus kepadanya hingga membuatmu sulit membuka hati. 

Jika kamu menyadari bahwa kamu masih membandingkan pacar dengan mantan, maka kamu harus berusaha menghentikannya, Bela. Jangan biarkan ingatanmu tentang mantan akan memengaruhi hubunganmu di masa depan. Pacar dan mantanmu adalah 2 orang yang berbeda, jadi berhentilah membandingkan mereka.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Dating