Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Elegan, Ini 6 Cara Meminta Maaf ke Pasangan Tanpa Mengatakannya

Ayo, kamu sering buat salah nggak?

Rosita Meinita

Pasti dalam hubungan kamu pernah melakukan kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak. Cara untuk membuat hubunganmu Kembali baik lagi tentunya dengan minta maaf. 

Akan tetapi, pernah nggak, sih, Bela, kamu nggak ingin mengatakan “maaf” secara langsung atau kadang minta maaf itu terasa sulit? 

Nah, sebenarnya ada beberapa cara untuk meminta maaf tanpa mengatakannya secara lisan. Cek di bawah ini, ya!

1. Membuatnya tertawa

freepik.com/ freepik

Sedikit memberi humor dapat meredakan situasi yang tegang, lho, Bela. Membuat lelucon tentang kehidupan sehari-hari dapat membantumu dan pasangan menjadi tertawa bersama. Nggak usah terlalu serius dan obrolan yang ringan juga ide bagus untuk membuatmu nggak panas lagi. Saat kamu dan pasangan tertawa ini memberi sinyal dia sudah merasa oke lagi.

2. Berikan kasih sayang

freepik.com/ lookstudio

Jika kamu bertengkar dengan pasangan dan masih ada hal-hal yang tegang, mengungkapkan kasih sayang bisa salah satu caranya. Tawarkan dia pelukan ataupun ciuman ke pasanganmu. Meskipun dia nggak terlalu responsif, kebanyakan laki-laki nggak akan menolaknya. Bahkan dia akan mengejutkanmu karena bersifat sangat reseptif juga.

3. Ajukan pertanyaan

freepik.com/ jcomp

Setelah bertengkar, kamu mungkin ingin bertanya kepadanya apakah dia sudah baik-baik saja. Ini adalah pertanyaan sederhana dan kemungkinan besar dia akan menjawabnya meski sedikit kesal.

Mendengar dia mengatakan semuanya baik-baik saja dapat membuatmu lega. Ajukan pertanyaan ini setelah semua keadaan nggak tegang dan dia sudah siap untuk diajak berbicara.

4. Dengarkan dari sudut pandangnya.

freepik.com/ ArthurHidden

Di sisi lain, ada baiknya coba pahami dari sudut pandangnya. Sering kali, kamu terjebak dalam emosi sehingga nggak benar-benar mendengarkan pasanganmu. Cobalah untuk berpikir lebih terbuka dan dengarkan penjelasannya. Meminta maaf dengan cara ini akan membuatmu paham satu sama lain dan bisa menjadikanmu lebih dewasa dalam bersikap.

5. Menjelaskan perasaanmu

freepik.com/ lookstudio

Kamu dapat menyelesaikan masalah dengan melakukan percakapan terbuka tentang perasaanmu. Kamu nggak perlu meminta maaf dengan menjelaskan apa yang membuatmu berpendapat di sebuah perkelahian.

Dia akan paham apa yang kamu pikirkan dan mendengarkan dari sisimu. Nggak hanya itu, dengan cara ini kamu dan pasangan bisa berdiskusi secara luas lagi.

6. Mengajaknya berdamai

freepik.com/ gpointstudio

Mengajaknya berdamai setelah pertengkaran adalah cara meminta maaf tanpa mengatakannya secara lisan. Kamu dapat melakukannya dengan berbagai cara, bisa dengan membuatkannya dessert favoritnya ataupun memberikan sesuatu yang dia sukai.

Walaupun dia akan menghargai perhatianmu dalam hadiah, yang lebih penting adalah ajakanmu untuk berdamai. Beberapa laki-laki justru lebih menyukai hal ini daripada permintaan maaf melalui lisan.

Itu dia beberapa cara meminta maaf ke pasangan tanpa mengatakannya secara langsung. Habis ini, jangan bertengkar, lagi, ya.

IDN Media Channels

Latest from Dating