Banyak sekali orang mengeluh akibat perbuatan yang satu ini. Seseorang yang mereka kencani tiba-tiba menghilang secara misterius tanpa penjelasan sedikit pun. Barangkali kamu pernah merasakannya, ditinggalkan begitu saja tentu membuatmu bingung dan kesal di saat yang bersamaan, bukan?

Meski nggak ada yang suka menjadi hantu, kenyataannya itu tak menghentikan kebanyakan orang untuk bertindak ghosting. Bahkan, mungkin kamu pun secara tak sadar pernah melakukannya dan merasa tak enak karenanya.

Menghindari ketidaknyamanan yang akan muncul saat kamu memberitahu bahwa kamu tak tertarik kepadanya atau takut untuk berkonflik, biasanya jadi alasan utama mengapa seseorang bertindak ghosting. Namun, apa pun alasannya, pergi dan memutuskan lari dari masalah itu bukan hal yang baik, Bela. Kamu masih dapat memperbaikinya dengan meminta maaf, kok.

Hilangkan semua perasaan ragu dan segera ambil langkah pasti, ya. Apabila memungkinkan, kamu dapat menemui si dia secara langsung, lho. Menghubungi melalui telepon atau pesan singkat juga tak masalah, kok. Yang terpenting adalah niat baik dan tulus darimu untuk sekadar meminta maaf.

1. Ambil tanggung jawab penuh atas perbuatanmu

Inilah Cara Minta Maaf Setelah Melakukan GhostingFreepik

Akui dan ambil tanggung jawab penuh atas apa yang telah kamu lakukan, Bela. Hubungi si dia dan mulailah percakapan yang terbuka terhadapnya.

"Hai, aku tahu aku salah karena telah menghilang tanpa memberimu penjelasan. Sekarang, aku ingin bertanggung jawab penuh atas apa yang telah kulakukan. Sekali lagi, aku meminta maaf. Ketika kamu menghubungiku, seharusnya aku menjawab. Bukannya malah menghilang dan memutus seluruh komunikasi denganmu. I am verry sorry.."

2. Jelaskan bagaimana dan mengapa kamu berbuat ghosting kepada si dia

Inilah Cara Minta Maaf Setelah Melakukan Ghostinghttps://www.pexels.com/@cottonbro

Kamu berutang penjelasan terhadap si dia, Bela. Tentu saja, ia pasti merasa kebingungan atas kepergianmu yang amat mendadak itu. Percayalah, kamu benar-benar perlu menjelaskan segalanya.

"Aku takut kamu akan marah kalau aku nggak ingin berkencan denganmu lagi. Jadi, aku menghindari segala bentuk komunikasi denganmu. Aku takut terjadi konflik, jadi aku memilih pergi."

3. Tunjukkan penyesalanmu terhadapnya

Inilah Cara Minta Maaf Setelah Melakukan GhostingPexels.com/Cottonbro

Utarakan dengan baik permohonan maaf kamu terhadapnya. Dengan niat baik dan hati yang tulus, kamu akan mendapatkan maaf darinya, kok. Nggak perlu ragu dan khawatir, deh.

"Aku benar-benar menyesal telah menyakitimu. Untuk itu, aku minta maaf.."

4. Perbaiki hubungan kamu dengannya sebagai seorang teman

Inilah Cara Minta Maaf Setelah Melakukan Ghostinghttps://www.pexels.com/@cottonbro

Selanjutnya, pikirkan kembali tentang apa yang akan kamu lakukan untuk membuatnya lebih baik, ya. Tenang saja, kamu dan si dia nggak perlu kembali bersama, kok. Tetapi, coba lakukan percakapan lebih dalam untuk memperbaiki hubunganmu bersamanya sebagai seorang teman.

"Aku tahu nggak sepantasnya aku memperlakukan kamu seperti itu. Dan sekarang aku bertekat untuk nggak lagi menghilang di masa depan. Meskipun, aku sadar bahwa kita bukan pasangan. Tapi, aku menikmati waktu luang yang kita habiskan bersama. Semoga kita dapat menjalin hubungan yang baik sebagai seorang teman, ya. Aku selalu berdoa semoga kamu segera menemukan apa yang kamu cari."

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk minta maaf pada dia yang menjadi korban ghosting kamu. Selama kamu tulus, dia pun akan mengerti, kok.

Baca Juga: 6 Kondisi yang Membuatmu Boleh Melakukan Ghosting Terhadap Seseorang

Baca Juga: 6 Tipe Laki-laki yang Ghosting Kepadamu

Baca Juga: Kenali Soft Ghosting, Tren Kencan yang Membuatmu Galau Setengah Mati