Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bertahan di Hubungan Nggak Sehat Menghambatmu Menemukan Orang Lain

Kenapa tunggu lama!

Rosita Meinita

Mungkin kamu sudah merasa hubunganmu akan susah untuk diselamatkan, karena sering bertengkar, ego yang nggak bisa disatukan, atau beberapa konflik lainnya. Akan tetapi kamu merasa sulit untuk putus dengannya, meskipun kamu tahu dia bukan orang yang tepat untukmu.

Alasannya bisa macam-macam, mungkin kamu sudah cukup lama menjalin hubungan dengannya, sehingga merasa ketakutan jika harus putus dan mencari hubungan baru, memulai segalanya dari awal. Akan tetapi hal itu jangan dijadikan satu-satunya alasan untuk bertahan di hubungan yang buruk. Selain kamu membuang waktu untuk bertahan dengannya, kamu seharusnya layak untuk mendapatkan yang lebih darinya.

Selain menghambatmu menemukan laki-laki lain, ini alasan kamu harus mengakhiri hubunganmu.

1. Berpikir tentang hubungan selanjutnya

freepik.com/ doucefleur

Jika kamu sudah bersama dengannya bertahun-tahun, tetapi belum pernah membicarakan ke jenjang yang serius, ini hal yang perlu kamu waspadai. Laki-laki yang visioner akan mengajakmu membuat rencana di masa depan, setahun, lima tahun, bahkan sepuluh tahun.

Tetapi jika belum ada rencana darinya untuk mengajakmu hidup bersama, apa yang akan kamu harapkan dan tetap bertahan?

2. Berpisah memang menyedihkan

freepik.com/ drobotdean

Mungkin perpisahan akan sulit untuk dilakukan, hal ini karena beberapa momen yang sudah kamu dan pasangan lalui bersama. Apalagi jika kamu sudah dekat dengan keluarganya, berpisah akan menjadi hal yang menyedihkan.

Akan tetapi kebahagiaan akan datang dari kesedihan. Mungkin nggak akan mudah di awal, akan tetapi menunda perpisahan akan membuat semakin sulit nantinya.

3. Nggak bisa memberikan terbaik

freepik.com/ wedding_and_lifes

Dalam hubungan yang sudah nggak sehat, kamu dan pasangan akan nggak memperlakukan satu sama lain dengan baik. Berbeda dengan pertama kali kamu dan dia bersama, romansa percintaan dan beberapa perlakuan maksimal nggak ada lagi.

Semakin lama hubungan berlanjut, hal ini akan berpotensi merusak hubunganmu berikutnya karena kamu terbiasa nggak bisa memberikan yang terbaik.

4. Anggapan dirimu olehnya

freepik.com/ teksomolika

Mungkin di kepalanya kamu sudah terbiasa dengan hubungan yang nggak sehat ini dan menganggapmu nggak akan meninggalkannya. Buktikan hal ini salah dan kamu bisa lebih kuat daripada itu.

Sebagai gantinya kamu akan mendapatkan seseorang yang tahu betapa berharganya kamu sebagai orang yang menemaninya.

5. Jika nggak sekarang, kamu akan menyesal

freepik.com/ beststudio

Setelah mengetahui tanda-tanda hubunganmu nggak sehat, hal yang kamu lakukan adalah berani mengambil keputusan untuk berpisah dengannya. Di usiamu yang produktif, hubungan yang produktif juga kamu perlukan.

Jangan berpikir lama dan suatu saat kamu menyesal karena nggak putus dengannya jauh lebih cepat.

6. Kamu butuh waktu untuk pulih

freepik.com/ freepik

Setelah kamu berpisah, kamu perlu waktu juga untuk menyesuaikan diri sebagai seorang single. Beri waktu untuk dirimu sendiri dua hingga enam bulan untukmu mengeksplor lingkunganmu. Mungkin kesedihan akan terasa, tetapi kehidupan harus berjalan dan kamu bisa menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri untuk menemukan orang yang tepat.

IDN Media Channels

Latest from Dating