Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Kesalahan Kencan yang Menunjukkan Kamu Belum Siap Jatuh Cinta

Kamu merasa tidak perlu mempersiapkan diri dengan baik!

Raden Putri

Banyak cara yang dapat digunakan sebagai tolak ukur bagaimana kehidupan asmaramu kedepannya. Bahkan sekadar kencan pun sudah dapat menunjukkan bagaimana kamu menjalin hubungan di masa depan.

Saat melakukan kencan dengan seseorang yang kamu sukai, kamu pasti akan berharap agar kencan tersebut berhasil. Namun sayangnya, banyak orang yang menganggap kencan sebagai hal remeh.

Menurut mereka, kencan hanyalah sebuah pertemuan informal antara dua orang yang memiliki keinginan untuk saling terbuka dan menjalin sebuah hubungan. Padahal, kencan dapat menunjukkan apakah kamu sudah benar-benar siap untuk jatuh cinta atau tidak.

Melansir dari Your Tango, terdapat beberapa kesalahan kencan yang menunjukkan jika seseorang belum siap untuk jatuh cinta. Apa saja kesalahan tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Terlalu sibuk

Pexels.com/Mikhail Nilov

Ungkapan terlalu sibuk untuk mengejar cinta ternyata benar adanya. Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan menemukan atau mempertahankan hubungannya hanya karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, hobi, ataupun lingkungan sosialnya.

Terlalu lama menghabiskan waktu di tempat kerja justru akan membuatmu merasa jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berkencan dan berakhir mengabaikannya.

Padahal, sekadar kencan saja tidak memerlukan waktu yang lama atau bahkan sampai seharian. Hal ini pun secara tidak langsung menunjukkan jika kamu belum siap untuk jatuh cinta.

2. Terlalu cepat mengakhiri waktu kencan

Pexels.com/Andie Venzl

Durasi waktu kencan biasanya sekitar satu jam. Bahkan itu sudah terlalu singkat. Namun, kamu justru akan berusaha mengakhirinya dengan lebih cepat.

Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang dipaksa untuk pergi berkencan, sehingga dia tidak benar-benar menginginkan pertemuan tersebut.

Ketika kamu terburu-buru mengakhiri suatu kencan, itu dapat menjadi tanda bahwa kamu belum sepenuhnya siap untuk jatuh cinta lagi. Kamu sepertinya tidak ingin melihat peluang untuk menjalin hubungan baru dan lebih memilih untuk pergi lebih cepat.

3. Terlalu pemilih

Pexels.com/Hậu Nguyễn

Memiliki standar tertentu untuk seseorang yang akan menjadi pendamping hidup memanglah suatu hal yang wajar. Namun, apabila keinginanmu terlalu ekstrem dan sulit dicapai, maka ini akan membuatmu melajang dalam waktu yang lama.

Kamu pun akan kesulitan untuk berkencan karena standar yang kamu tetapkan terlalu tinggi. Akhirnya, orang-orang akan merasa minder dan berakhir takut untuk mendekatimu lebih dulu.

Hal ini pun dapat menunjukkan jika kamu belum siap untuk jatuh cinta. Karena, kamu akan terus berusaha mencari seseorang yang lebih dari apa yang telah kamu punya saat ini.

4. Kurang persiapan saat pergi kencan

Pexels.com/Alec Aiello

Orang yang ingin berkencan pasti akan berusaha memberikan kesan yang baik untuk pasangannya. Berusaha berpenampilan menarik tapi tetap sewajarnya, agar tidak kehilangan jati diri di hadapan lawan jenis.

Namun, apabila kamu pergi dengan penampilan yang seadanya tanpa berusaha untuk berdandan, maka kamu jelas kurang persiapan. Kemungkinan besar kamu juga belum siap untuk kembali menjalin hubungan, sehingga kamu memilih cuek pada kencanmu dengan tidak memperhatikan penampilan.

5. Belum move on dari mantan

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Jika kamu belum bisa melupakan mantan, maka ada kemungkinan untuk kamu gagal dalam kencanmu. Orang yang masih patah hati akan menampilkan suasana diri yang berbeda, sehingga tidak baik memulai kencan jika kamu belum selesai dengan masa lalumu.

Tidak ada orang yang mau menjalin hubungan dengan seseorang yang belum melupakan mantannya. Maka, jika kamu tidak ingin melakukan kesalahan pada kencanmu berikutnya, belajarlah melupakan mantan dan bukalah hati untuk orang yang baru.

6. Menolak untuk mencari

Pexels.com/Cup of Couple

Meskipun cinta dapat berasal dari mana saja, bahkan dari tempat yang tak terduga, kamu harus tetap berusaha untuk mencari dan menemukannya sendiri.

Jika kamu terlalu berharap pada ungkapan cinta akan datang secara tiba-tiba, maka niscaya kamu akan kesulitan menemukan pasangan yang kamu harapkan. Jika kamu ingin berhasil dalam kehidupan asmaramu, setidaknya mulailah dengan menjalin pertemanan baru, mencoba aplikasi kencan, atau bahkan mengikuti kencan buta. Semua itu tidak ada salahnya dilakukan jika kamu memang tertarik untuk memulai hubungan.

7. Tidak mau berubah

Pexels.com/Chermiti Mohamed

Tidak mau berubah menjadi alasan sebagian orang untuk tetap melajang dan tidak menjalin suatu hubungan romantis yang serius. Jadi, kamu menginginkan orang yang dapat menerimamu apa adanya, tetapi tidak ingin mengubah diri menjadi sosok yang lebih baik.

Saat kamu berkencan, kamu selalu ingin lawan jenismu mengerti kamu. Padahal, berkencan adalah waktu di mana kamu saling terbuka satu sama lain untuk melanjutkan hubungan ke jenjang selanjutnya.

8. Belum bertemu orang yang tepat

pexels.com/Zero Pamungkas

Hal ini adalah alasan yang paling umum mengapa seseorang memilih untuk tetap melajang. Perjalanan menemukan cinta sejati tidaklah mudah. Sering kali kamu akan membuat kesalahan dan mengalami pasang surut ketika mencoba untuk menjalin hubungan dengan orang baru.

Mungkin kamu termasuk orang yang siap untuk jatuh cinta dan menjalin hubungan, juga mengetahui bagaimana berkencan dengan baik, tetapi kamu belum bertemu orang yang tepat. Berkencan bukan hanya tentang kamu yang mempersiapkan diri, namun juga pasanganmu.

Itulah 8 kesalahan kencan yang menunjukkan jika kamu belum siap untuk jatuh cinta. Nikmatilah waktumu dan tidak perlu terburu-buru. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Dating