Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 6 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Ingkar Janji

Yuk, dicoba!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Hubungan yang langgeng tentu didasari dengan rasa percaya dan saling menghormati. Namun, kepercayaan itu bisa rusak jika salah satu pasangan sering ingkar janji. Apalagi, kepercayaan adalah hal yang rapuh dan sulit didapatkan lagi. Meski begitu, sebenarnya perbuatan ini masih bisa diperbaiki. 

Karena pada dasarnya setiap manusia tak luput dari kesalahan. Lantas, bagaimana cara menyikapinya? Mengutip dari laman marriage.com, ini 6 cara hadapi pasangan yang suka ingkar janji sebagai berikut.

1. Bicarakan penyebabnya dengan pasangan

Pexels.com/cottonbro studio

Hubungan yang sehat akan terjalin jika dibangun dengan komunikasi yang sehat. Kalau pasanganmu beberapa kali ingkar janji, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membicarakan penyebabnya. Dengan begitu, kamu akan memahami mengapa dia suka ingkar janji. Ingat, bersikap terbuka dan mendengarkan satu sama lain harus kamu lakukan di situasi ini.

2. Mencari solusinya bersama

Pexels.com/RODNAE Productions

Sikap pasangan yang suka ingkar janji lama kelamaan akan merusak hubungan. Tetapi, bukan berarti kamu nggak bisa mengatasinya. Setelah membicarakan penyebabnya, kamu dan pasangan perlu mencari solusi secara bersama agar masalah ini nggak terjadi lagi. Misalnya, kamu membuat kesepakatan kalau hal tersebut dilanggar lagi, maka ada konsekuensinya. 

3. Maafkan tetapi jangan lupakan

Pexels.com/Rodnae Productions

Pasangan yang sering melanggar janji bukan berarti dia adalah orang jahat. Ya, manusia nggak ada yang sempurna dan selalu membuat kesalahan. Kalau kamu sudah memahami alasan mengapa dia melakukan itu, maka mulailah dari saling memaafkan. Kendati demikian, memaafkan bukan berati melupakan, ya. Apalagi, yang namanya janji menandakan sebuah komitmen.

4. Bersikap jujur

Pixabay.com

Berlaku untukmu dan pasangan, setelah semua yang terjadi lebih baik bersikap jujur saja. Dengan sikap itu, kalian akan menghindari membuat janji yang sulit ditepati, juga akan kembali mendapat kepercayaan yang hilang. Sebab, banyak kasus ketika pasangan sudah setuju, namun ternyata nggak bisa menepati janji. Mungkin ada rasa kecewa, tapi pasangan akan menghargai kejujuran itu.

5. Luangkan waktu yang berkualitas bersama

Pexels.com/Katerina Holmes

Karena ingkar janji bisa membuat hubunganmu retak, kamu bisa memperbaikinya dengan cara meluangkan waktu yang berkualitas bersama. Meski ini nggak sepenuhnya menjamin akan mengembalikan kepercayaanmu lagi, tetapi ini bisa menjadi langkah awal untuk penyembuhannya.

Kamu harus memastikan bahwa waktu yang berkualitas itu akan memperkuat ikatanmu dengan dia, dan membuat saling mengingat lagi kilas balik perjalanan cinta kalian hingga sekarang.

6. Sadari ada hal yang berada di luar kendali kita

Freepik.com/prostooleh

Cara agar kamu melangkah maju dalam menghadapi pasangan yang suka ingkar janji ialah menyadari dan menerima bahwa ada situasi yang berada di luar kendalimu. Sering terjadi, orang melanggar janji bukan karena kesengajaan melainkan ada hal yang nggak bisa dihindari. Misalnya, kalian sudah berjanji untuk pergi ke restoran bersama, namun terhalangi karena ada jadwal mendadak di kantor. Kuncinya adalah, kalian harus bersikap jujur dan berkomunikasi secara terbuka.

Itulah 6 tips menghadapi pasangan yang suka ingkar janji. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Dating