Saat seseorang terlebih orang yang disayangi mengingkari janjinya, pastinya kita merasa kecewa dan sedih. Mungkin kita juga akan bertanya-tanya mengapa mereka setega itu. Ingkar janji memang terasa sangat mengecewakan, meski kadang ada beberapa alasan yang bisa ditolerir. 

Tapi, kalau mereka sudah terus-terusan ingkar janji dan ternyata adalah karakter mereka, siapa yang tidak akan geram? Tak menutup kemungkinan mereka akan tidak dipercayai lagi, bukan? Nah, sifat ingkat janji ini ternyata bisa dipengaruhi oleh shio, lho, Bela. 

Berdasarkan pengamatan para pakar Fengshui, 5 shio ini dikenal suka ingkar janji. 

1. Shio Ayam

Bikin Kecewa dan Tukang Bohong, Ini 6 Shio Paling Ingkar Janjiunsplash.com/samantha-sophia

Hati-hati! Ternyata para shio Ayam ini sangat pandai berpura-pura. Meski berpenampilan jujur, amanah, dan dapat diandalkan, mereka sebenarnya pandai berbohong dan tidak ada yang tahu apa pikiran batin mereka.

Kita mungkin bisa melihat kebohongan orang lain secara langsung, tetapi tidak dengan kebohongan para 'ayam' ini. Mereka dapat berbohong dengan sangat percaya diri sehingga mereka yakin dengan diri mereka sendiri!

Mereka yang lahir di tahun Ayam sangat pandai berurusan dengan orang. Mereka pandai berkomunikasi, terampil dalam menggemakan pandangan orang lain, dan merayu sehingga membuat orang lain salah paham, tak terkecuali saat PDKT. 

Apa pun yang mereka janjikan padamu, jangan dianggap terlalu serius, ya, karena itu tidak akan pernah terpenuhi alias selalu ingkar janji. Mereka bahkan sangat pandai 'menjilatmu' dengan kata-katanya. 

2. Shio Monyet

Bikin Kecewa dan Tukang Bohong, Ini 6 Shio Paling Ingkar Janjipexels.com/fauxels

Monyet, yang dikenal karena kecerdasan dan kebijaksanaannya, berniat berbohong dan bahkan menggunakan taktik menipu untuk mencapai tujuannya. Tidak peduli orang seperti apa yang mereka perlakukan, mereka memiliki metode mereka sendiri.

Dapat dikatakan bahwa para shio Monyet sangat licik dan mereka adalah pembicara yang persuasif dengan kata-kata manis dan cantik, tapi semuanya adalah palsu. Jadi, berhati-hatilah saat bergaul dengan mereka.

Orang yang lahir di tahun Monyet tampaknya memiliki keterampilan berbohong secara alami. Mereka tidak bermaksud menipu orang lain atau menjadi jahat, berbohong hanyalah kebiasaan yang tidak bisa mereka hilangkan. 

3. Shio Naga

Bikin Kecewa dan Tukang Bohong, Ini 6 Shio Paling Ingkar Janjipexels.com/cottonbro

Uniknya, si shio Naga ini punya konflik batin. Di satu sisi, mereka membenci kebohongan yang dilakukan orang lain kepada mereka dan akan marah karena tertipu oleh kebohongan tersebut.

Namun di sisi lain, mereka berniat untuk berbohong ketika mereka merasa sulit untuk mengungkapkan sesuatu dengan jelas. Selain itu, Naga sangat brilian dalam berbohong dengan cara yang logis. Oleh karenanya, sulit bagi orang yang mereka bohongi untuk menebak atau mengetahui kebohongan dan kepalsuan janji yang mereka ucapkan karena semua masuk akal.

4. Shio Kuda

Bikin Kecewa dan Tukang Bohong, Ini 6 Shio Paling Ingkar Janjiunsplash.com/elevate

Si social butterfly, para shio Kuda merupakan orang-orang yang bersifat alami sebagai sosialisator yang dapat berteman dan berbicara dengan siapa pun. Namun, ketulusan saja tidak cukup untuk mengembangkan keterampilan sosial semacam ini.

Shio Kuda sering melakukan hal-hal besar dalam mencapai popularitas dan mereka sangat khawatir serta perhatian dengan image-nya. Untuk membanggakan keterampilan mereka, tak jarang mereka akan membesar-besarkan hal-hal yang bisa jadi tidak mereka miliki. Mereka juga mungkin akan berbohong dan berjanji palsu untuk keuntungan mereka sendiri dan untuk membuat mereka merasa puas.

5. Shio Ular

Bikin Kecewa dan Tukang Bohong, Ini 6 Shio Paling Ingkar Janjipexels.com/mentatdgt

Ular dikenal kecerdikkannya dan mampu bersilat lidah, bahkan berhasil merayu hawa untuk memakan buah yang dilarang oleh Tuhan. Nah, senada dengan itu, beberapa pemilik shio Ular pun memiliki sifat pembohong, meskipun mereka tidak memiliki niat buruk. 

Mereka ingin terlihat dan menjadi brilian dan terhormat di mata orang lain. Karena hal itulah, terkadang mereka memaksakan diri dan berbohong dengan keadaan mereka sendiri agar terlihat baik oleh orang lain. 

Mereka sangat suka memanfaatkan tempat dan waktu untuk beraksi. Kata-kata yang mereka lontarkan pun sangat indah dan membuat orang lain terpukau. Maka dari itu, kamu yang memiliki pasangan dengan shio ini mesti hati-hati, ya!

6. Shio Babi

Bikin Kecewa dan Tukang Bohong, Ini 6 Shio Paling Ingkar Janjipexels.com/sound-on

Sifat suka ingkar janji dan bohong pada shio Babi berkaitan dengan sifat malas mereka. Shio Babi dikenal dengan pemalas yang beruntung. Pemilik shio Babi jarang sekali yang hidupnya susah, bisa hidup enak tanpa banyak usaha.

Karena suka keenakan, shio Babi pun jadi malas dan cenderung omdo (ngomong doang) tanpa ada action. Mereka gampang bikin janji, tapi jarang banget buat ditepati. Bukan karena mereka punya niat jahat, tapi karena, ya, mereka memang malas.

Itulah 6 shio yang paling ingkar janji, suka bohong dan bikin kecewa. Kamu setuju, nggak, Bela?

Baca Juga: 6 Zodiak yang Tidak Suka Ingkar Janji dan Bisa Dipercaya

Baca Juga: Duh! 5 Zodiak Ini Suka Berbohong Sama Pasangannya

Baca Juga: Hati-hati, 4 Shio Ini Dikenal Paling Pintar Berbohong