Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tanda Kamu Kecanduan Main Dating App, Hati-Hati!

Segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Dating app atau aplikasi kencan mungkin bisa memberi keuntungan bagi para jomblo. Umumnya, aplikasi ini akan membantumu dalam mencari pasangan sesuai kriteria yang kamu inginkan. Namun, bagaimana jika sudah kecanduan? Ya, mungkin saja kamu anggap ini sepele, tapi sebenarnya ini berbahaya, lho. Mengutip dari laman Bolde, berikut ini 6 tanda kamu kecanduan main dating app. Yuk, simak!

1. Kamu menggunakannya untuk memenuhi ego

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Mungkin hal yang wajar kalau kamu merasa lebih percaya diri ketika ada seseorang yang menarik mengirimi pesan melalui aplikasi itu. Namun, akan menjadi masalah kalau hal itu sebagai sumber validasi untuk harga dirimu. Padahal, perasaan itu hanya perasaan semu dan kamu terus-menerus mengejarnya. Kemudian, kamu melakukan ghosting kepada mereka, yang sebenarnya kamu belum serius menjalin hubungan. Inilah yang membuat kamu seolah hanya merasa diinginkan oleh mereka saja.

2. Terus menerus memainkan dating app

Pexels.com/Mart Production

Tanda kamu kecanduan dating app selanjutnya, kamu seolah mendengar bunyi notifikasi pesan, yang padahal nggak ada sama sekali. Kamu terus-menerus menghabiskan waktu hanya untuk scrolling ratusan para lajang. Mungkin saja kamu akan melakukannya dari pagi hari sampai malam tiba. Kalau begini, sudah saatnya kamu mengubah kebiasaan itu.

3. Hapus dan install ulang aplikasi

Pexels.com/George Dolgikh

Sebelumnya, kamu berjanji nggak akan main dating app lagi dan menghapusnya. Tetapi, nggak lama kemudian, kamu install kembali aplikasi tersebut. Ini akan menjadi tanda kalau kamu sudah kecanduan dengan aplikasi kencan. Ini seperti kamu nggak bisa mengendalikan diri dan enggan mencari pilihan yang lebih sehat untuk bertemu orang.

4. Kamu nggak tahu apa yang ingin dicari

Pexels.com/Karolina Grabowska

Banyak orang yang mengunduh aplikasi dating app, tetapi nggak tahu apa yang sebenarnya ingin dicari. Apakah mencari pasangan, teman, atau hanya ingin bermain-main saja? Lebih baik pikirkan lagi, kalau kamu nggak menemukan jawabannya, bisa saja kamu selamanya terjebak di sana.

5. Menggunakan banyak aplikasi kencan

Pexels.com/Bruno Cervera

Seseorang yang sudah kecanduan main dating app biasanya akan mengunduh tiga atau empat aplikasi di ponselnya. Nggak kebayang betapa melelahkannya memantau semua aplikasi itu. Kalau kamu sudah di tahap ini, kamu hanya akan menyia-nyiakan waktu berharga itu untuk melakukan aktivitas lain yang lebih baik.

6. Tetap menggunakannya meski tak menemukan pasangan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cobalah jujur, apakah kamu yakin akan menemukan pasangan yang baik dan sesuai harapanmu di aplikasi itu? Kalau memang yakin, teruslah mencari. Tetapi kalau tidak, sudah pasti kamu nggak punya tujuan jelas. Lebih baik, beristirahatlah dan alihkan perhatianmu dari sana.

Itulah 6 tanda kamu sudah kecanduan dating app. Apakah ada yang kamu rasakan juga, Bela? Jika iya, berhentilah dari sekarang demi kualitas hidup yang lebih baik.

IDN Media Channels

Latest from Dating