Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Shio yang Cocok dan Kurang Cocok Menjalin Hubungan, Kamu Gimana?

Ayo, cek kompatabilitas kamu dan gebetan di bawah ini!

Natasha Cecilia Anandita

Kompatibilitas berpotensi untuk membuat atau menghancurkan suatu hubungan, baik itu hubungan romantis atau bahkan hanya persahabatan. Menemukan seseorang yang cocok dan sesuai dengan standar atau tipemu mungkin tidak mudah. 

Beberapa orang mengandalkan zodiak untuk mengukur apakah kamu dan gebetan atau pasangan adalah dua sosok yang cocok untuk satu sama lain. Baik zodiak Barat maupun zodiak Tiongkok alias shio, kadang memberikan gambaran mengapa satu sama lain cocok untuk bersama, dan yang lainnya tidak cocok untuk bersama berdasarkan wawasan tentang masing-masing karakter dan kepribadian.

Dalam zodiak Tiongkok, secara umum, shio yang paling tidak cocok dikatakan sebagai shio yang berlawanan langsung pada roda zodiak alias jarak enam tahun dalam siklus. Sementara itu, yang paling cocok untuk satu sama lain adalah mereka yang berjarak empat tahun, entah itu searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.

Kira-kira shio mana saja yang paling cocok dan paling tidak cocok untuk bersama? Berikut ada 8 pasangan shio beserta kompatabilitasnya. 

Shio yang paling tidak cocok

1. Tikus dan Kuda

unsplash.com/istockphoto

Menurut Laurent Langlais, seorang peramal dan ahli Feng Shui, kedua shio ini saling berlawanan. Karena itu, sulit bagi mereka untuk menguraikan satu sama lain. Tikus berarti elemen air dan musim dingin.

Sementara Kuda dikaitkan dengan elemen api dan musim panas. Oleh karena itu, keduanya tidak benar-benar memahami cara kerja satu sama lain. Biasanya Tikus mengambil alih dan akhirnya memberi tahu Kuda apa yang harus dilakukan.

Tikus pada akhirnya dapat menjinakkan Kuda untuk sementara, tetapi itu tidak akan bertahan lama. Kuda kemudian memberontak, melawan dominasi seperti itu dan memberikan perlawanan untuk melarikan diri.

Mereka memiliki cara pandang dan cara kerja yang berbeda dalam suatu hal. Ini tidak selalu menjadi pertanda baik untuk menjalin hubungan bersama. Terkadang semuanya berhasil dijalani, tetapi bisa menjadi perkara dramatis juga di antara keduanya.

2. Ular dan Babi

unsplash.com/istockphoto

Ular cenderung penuh perhitungan, sedangkan Babi adalah tanda yang lebih bisa dipercaya. Dengan demikian, mudah bagi yang satu untuk memanipulasi yang lain. Meskipun tidak ada pasangan yang sempurna, para Ular pasti dapat lebih memanfaatkan Babi untuk kepentingannya sendiri.

Masalah lainnya adalah bahwa kedua shio ini tidak ada yang benar-benar suka berkomunikasi tentang kehidupan atau perasaan terdalam mereka. Miskomunikasi atau kurangnya komunikasi adalah masalah nyata ketika mereka menjalani hubungan bersama. Kedua shio ini sering menyalahkan satu sama lain karena pasangannya itu tidak bisa memahami siapa mereka, padahal itu karena perbuatan mereka sendiri.

3. Kelinci dan Ayam

unsplash.com/istockphoto

Kelinci dan Ayam juga merupakan shio yang berlawanan dalam astrologi Tiongkok, yang dapat membuat mereka sulit bergaul. Kelinci berarti musim semi dan elemen kayu, sedangkan Ayam jantan diasosiakan sebagai musim gugur dan elemen logam.

Mereka tidak bisa bertemu di tengah, dan akan tetap berseberangan. Pada intinya, hal yang membuat mereka sangat bertentangan adalah bahwa Kelinci seorang ekstrovert penuh yang tidak menyukai batasan, sedangkan Ayam jauh lebih seorang introvert yang suka menenetapkan aturan untuk orang lain.

4. Harimau dan Monyet

unsplash.com/istockphoto

Harimau menganggap Monyet itu licik dan manipulatif dan tidak menyukai sarkasmenya. Hal itu akhirnya mengesampingkan sifat positif Monyet yang lain, yaitu pintar, ceria, dan selalu menghibur.

Harimau memang bisa mengeluarkan sisi licik dari dan Monyet, di sisi lain, bisa sedikit mengontrol emosinya jika menyangkut Harimau, yang bisa membuat keadaan menjadi tegang.

Kedua shio ini menganggap satu dengan yang lain adalah cerminan buruk dari siapa mereka. Sulit bagi mereka untuk bergaul dan menemukan kesamaan karena mereka cenderung tidak terlalu memikirkan satu sama lain.

Shio paling cocok

1. Kerbau dan Ular

freepik.com/artursafronovvvv

Kerbau sangat keras kepala, teliti, berorientasi pada detail, dan terorganisir. Dalam astrologi Tiongkok, hal ini dijelaskan karena Kerbau mengandung banyak logam. Ular, sebaliknya, sangat licik dan ambisius.

Para Ular dapat menyusun skema dan plot tanpa akhir selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mencapai tempat yang mereka inginkan. Kecenderungan tersebut disebabkan oleh fakta bahwa shio Ular bekerja dengan energi api dan logam yang berlawanan.

Api memberi makan ambisi mereka dan logam membantu mereka menyusun rencana. Karena alasan itu, Kerbau dan Ular sama-sama kompeten dan termotivasi dengan cara mereka sendiri. Ini menjadikan mereka pasangan yang kuat untuk mengejar impian mereka secara berdampingan dengan dukungan penuh dari yang lain.

2. Naga dan Monyet

freepik.com/cookie-studio

Naga memiliki banyak dualitas. Meski identik dengan api, Naga justru tidak diasosiasikan dengan elemen api dalam astrologi Tiongkok, melainkan mengandung tanah dan air. Dua elemen yang bertentangan satu sama lain. Yang satu tentang kontrol dan ketenangan, yang lain tentang emosi yang mengalir bebas.

Monyet dikenal karena rasa kesenangan dan kemampuannya untuk menghibur. Tidak akan pernah ada momen yang membosankan antara Naga dan Monyet ketika mereka bersama karena mereka berdua ingin menikmati hidup dan semua yang ada di dalamnya.

Mereka akan sangat sosial dan sangat kreatif saat bersama. Naga dan Monyet akan sangat aktif, penuh karisma, sangat percaya diri, dan banyak memiliki aktivitas sosial. Meskipun kadang-kadang mereka mungkin berdebat, mereka dapat melewatinya dengan cepat dan kembali bersenang-senang bersama.

3. Anjing dan Harimau

freepik.com/halayalex

Harimau seseorang yang pekerja keras, ambisius, dan berani, meskipun kadang-kadang suka meledak. Sementara Anjing memiliki sifat yang ramah dan sangat setia. Sifat mereka ini menjadi cara yang menyeimbangkan keduanya dengan baik, membuat mereka menjadi pasangan yang sangat saling memuji.

Harimau itu sedikit jahil dan bisa sedikit nakal, tetapi Anjing dikenal sabar dan pengertian, menjadikan mereka pasangan yang sempurna. Keduanya memiliki rasa saling menghormati nilai dan temperamen masing-masing.

4. Kelinci dan Kambing

unsplash.com/joshua-chun

Kedua shio ini dilahirkan untuk menjadi pasangan. Kambing adalah pembawa damai dan sangat santai dalam astrologi Tiongkok. Kelinci sama-sama dikenal memiliki temperamen yang baik, terutama dalam hal hubungan.

Kelinci ragu untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang terlalu ekstrovert dan antusias, Kambing yang santai sangat cocok untuk para Kelinci. Mereka pasangan yang sempurna dan sangat pendiam, tetapi tidak dengan cara yang membosankan. Kambing tahu bagaimana menambahkan sedikit sensualitas untuk membumbui hubungannya, untuk tidak membuatnya terlalu sepi.

Itulah 8 pasangan shio yang cocok dan kurang cocok untuk menjalin hubungan dan bersama. Kira-kira kamu dan si dia cocok, nggak, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating