Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Merasa Selalu Cemas dalam Hubungan? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Kecemasan adalah hal yang normal

Hyrasti Kayana

Anxiety atau kecemasan adalah alarm alami tubuh saat merasa terancam, di bawah tekanan, atau dalam situasi yang membuat kamu merasa nggak nyaman dan membuat stres. Hal ini adalah yang baik agar membuat kamu tetap waspada. Namun kalau hal ini sampai berlebihan akan mengganggu rutinitasmu.

Kebanyakan anxiety dalam hubungan bisa terjadi karena pernah mengalami sesuatu yang menjadi sebuah trauma. Bisa karena kondisi keluarga atau pasangan yang pernah berselingkuh. Kalau kamu sedang mengalami hal ini kamu bisa melakukan hal-hal ini untuk menghadapi anxiety yang terjadi pada dirimu.

1. Kecemasan adalah hal yang wajar

Unsplash.com/Bruno Van Der Kraan

Kecemasan adalah sesuatu yang pasti dirasakan manusia. Kamu nggak perlu merasa takut atau merasa berbeda ketika merasa memiliki kecemasan yang berlebihan. Asal kamu memang bisa mengenali diri kamu dengan baik. Pasangan kamu pun harus mengerti kondisi yang terjadi pada dirimu agar dia bisa memahami apa yang kamu rasakan.

2. Kecemasan menandakan peduli

Unsplash.com/Andrew Neel

Saat kamu merasa cemas akan hubunganmu, kamu nggak perlu khawatir. Tandanya kamu memang peduli dengan hubungan yang sedang kamu jalani. Hal ini juga diperlukan agar kamu bisa mempereat hubungan dengan pasangan. Mampu menangani kecemasan pun melatih kerja sama dengan pasangan dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi

3. Cari apa yang membuatmu cemas

Unsplash.com/Freestocks.org

Kamu harus mengenali apa penyebab kecemasan kamu bisa terjadi. Pahami betul apa-apa saja yang bisa memicu kecemasan kamu muncul terhadap pasangan. Membicarakan pada pasangan atas kecemasan kamu juga harus dilakukan untuk mengantisipasi atau meminimalisirnya. Bicarakan dengan baik-baik dengan pasangan agar dia bisa memahami apa yang sedang kamu alami.

4. Sadari apa yang menjadi motivasi untuk menghadapi kecemasan

Unsplash.com/Max Felner

Setelah mencari tahu apa-apa saja yang bisa memicu kecemasan kamu muncul, cari hal yang bisa membuatmu merasa tenang. Sehingga ketika kecemasan kamu muncul kamu bisa langsung mengatasinya. Cari mood booster atau kegiatan yang bisa mengalihkanmu dari kecemasan.

5. Kamu tahu kapan kamu membutuhkan pertolongan

Unsplash.com/Fezbot

Kalau kamu sudah memahami betul apa yang bisa membuatmu merasa cemas dan sudah saatnya membutuhkan pertolongan, carilah bantuan. Kamu bisa bicara dengan psikolog atau orang yang bisa membukakan pikiran kamu. Seenggaknya ada orang yang bisa menenangkan pikiramu saat merasa nggak tenang dan berujung stres.

IDN Media Channels

Latest from Dating