Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Dampak Buruk Kalau Kamu Move On Terlalu Cepat

Ternyata malah membuatmu tidak bisa melupakan mantan

Fikriah Nurjannah

Setiap orang tentu memiliki caranya masing-masing untuk bisa berdamai dengan keadaan dan menghadapi situasi setelah putus cinta. Apa yang berhasil bagimu untuk dilakukan pada terakhir kali putus cinta, mungkin saat ini tidak lagi berhasil.

Meski kamu tahu kamu memerlukan waktu untuk bisa pulih kembali, terkadang kamu lebih tergoda untuk move on dan langsung pacaran dengan orang baru. Kedengarannya bagus secara teori, tetapi dalam kenyataannya jika kamu move on terlalu cepat, maka ada beberapa konsekuensi negatif yang harus kamu hadapi. Ini dia dampak buruk dari move on terlalu cepat.

1. Kamu tidak dapat memproses apa pun yang terjadi dan malah berakhir dengan air mata

pexels.com/rodnae-productions

Meluangkan waktu untuk memproses apa yang telah kamu lalui dan benar-benar merasakan perasaanmu setelah putus cinta merupakan hal yang sangat penting.

Jika kamu move on karena kamu mencoba menghindari pikiran sedih yang datang dengan sendirinya, atau berpikir untuk melarikan diri dari masalah dan hal terburuk yang mungkin bisa terjadi, maka kamu perlu mengetahui dengan baik bahwa bukan itu masalahnya.

Suka atau tidak, pikiran-pikiran itu tentu akan datang dalam dirimu. Oleh karenanya, alih-alih move on dengan cepat, terimalah dan resapilah apa yang kamu rasakan dan berikan waktu istirahat sejenak untuk dirimu.

2. Kamu akan mempersulit berbagai hal dengan memiliki hubungan baru

pexels.com/pixabay

Tidak ada yang menghakimi siapa pun saat kamu putus cinta dan cepat move on dengan memiliki hubungan baru. Namun, kamu perlu memastikan itu adalah hal yang ingin kamu lakukan, bukan hanya apa yang kamu rasa terpaksa untuk dilakukan karena kesepian.

Kamu tidak perlu menambahkan penyesalan lagi ke dalam kondisi hidupmu yang sudah rumit karena patah hati dari putus cinta.

3. Saat berada dalam hubungan baru, kamu justru mudah putus dengan alasan yang tidak benar

pexels.com/pixabay

Move on dari satu orang ke orang lain mungkin menjadi cara yang sangat efektif untuk menjaga dirimu agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan pasca putus cinta. Namun, terkadang kamu juga bisa putus lagi untuk alasan yang salah dari orang yang sebenarnya tepat untukmu.

Jika kamu move on terlalu cepat, kamu bahkan tidak akan punya waktu untuk menyadari kalau kamu benar-benar melewatkan sesuatu yang luar biasa dan berharga bagi dirimu.

4. Kamu tidak memberikan kesempatan pada dirimu untuk sembuh dari luka lama

pexels.com/erik-mclean

Jika kamu tidak mengambil jeda di antara hubungan yang baru saja selesai dengan dilanjutkan pada hubungan yang baru, maka hatimu yang hancur akan mengalami banyak masalah untuk menjadi utuh kembali.

Sebagian besar orang pasti tahu, jangan membawa beban ke dalam hubungan yang baru. Tetapi, kamu juga tidak seharusnya membiarkan "luka yang belum sembuh" ke dalam hubungan baru.

5. Kamu tidak bisa melupakan mantan meski sudah berkencan dengan orang lain

pexels.com/sarah-dietz

Saat kamu mencoba untuk memulai hubungan baru dengan orang yang tidak kamu sukai setelah putus cinta, maka biasanya hal ini tidak berjalan dengan baik. Tidak peduli betapa lucu atau baiknya laki-laki baru itu, dia akan cukup mengganggu dirimu untuk benar-benar melupakan mantan terakhirmu.

6. Sulit bagimu untuk tidak membuat perbandingan antara mantan dan kekasihmu saat ini

pexels.com/cottonbro

Kamu mungkin akhirnya akan memikirkan mantanmu lebih dari yang kamu lakukan, jika kamu tidak mencoba mengalihkan perhatianmu dengan sesuatu yang lain. Oleh karena itu, kamu pasti sulit untuk tak membandingkan antara mantan dan pacarmu sekarang ketika kamu terlalu cepat move on.

7. Kamu yang akhirnya mengatur kekasihmu

pexels.com/cottonbro

Bahkan jika kamu merasa dirimu baik-baik saja, kamu secara tidak sadar akan memikirkan dan mencatat perbandingan antara mantan dan kekasihmu saat ini di dalam kepalamu.

Bukan hanya itu, mungkin kamu akan memikirkan semua hal yang tidak kamu sukai dari kekasih barumu, dan dia tidak mengetahui hal tersebut.

Hal ini akan membuat dirimu seolah mengaturnya, meski kamu mengetahui bahwa dia mungkin tidak seharusnya mendapat perlakuan tersebut. 

8. Kamu mungkin mempertimbangkan untuk balikan dengan mantan

pexels.com/gabe-mtv

Saat kamu move on dan menjalin hubungan dengan laki-laki lain tetapi kamu melakukannya terlalu cepat, maka dia pasti akan berujung mengecewakan kamu. Mengapa begitu? Ini karena tidak mungkin untuk benar-benar terbuka dalam menjalani hubungan yang baru jika hatimu tertutup. Selain itu, tidak mungkin kamu memiliki perasaan yang sama seriusnya dengan dua orang berbeda dalam waktu yang berdekatan.

Kekecewaan ini mungkin akan membuatmu berpikir bahwa kamu harus mencoba untuk berhubungan kembali dengan mantanmu karena tidak ada yang lebih baik di luar sana. Kecuali, mungkin ada seseorang yang baik di luar sana, tetapi kamu hanya belum memiliki waktu yang cukup untuk kembali siap membuka hati untuk seseorang tersebut.

9. Kamu mungkin terlihat tidak sensitif di mata mantan

pexels.com/cottonbro

Jika kamu dengan cepat move on dan membagikan hubungan asmaramu yang baru ke media sosial, mantanmu mungkin akan berpikir bahwa kamu benar-benar tidak punya hati untuk mengerti atau berempati terhadap perasaannya setelah kalian baru saja putus.

Padahal kenyataannya, jika mantanmu memang pantas mendapatkan kebahagiaan baru dengan menghapus dirimu dari hidupnya dan kamu peduli kepadanya, kamu tidak akan benar-benar ingin menyakitinya.

10. Orang lain mungkin tidak terlalu menyukai hubungan baru yang kamu miliki

pexels.com/анастасия

Ketika move on terlalu cepat dari suatu hubungan, maka teman, keluargamu, atau orang terdekatmu kemungkinan tidak akan benar-benar melihat ketulusan yang ada pada hubungan baru tersebut.

Mungkin itu adalah masalah mereka karena kamu memang benar-benar langsung bertemu dengan laki-laki yang hebat. Tetapi, kamu juga harus bersabar saat mereka menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi padamu.

Kamu dapat melakukannya dengan perlahan-lahan agar mereka pun bisa beradaptasi dan melihat ketulusan hubungan yang baru kamu jalin setelah baru saja putus dari mantan. 

IDN Media Channels

Latest from Dating