Masa lalu sering kali menjadi musuh terbesar di banyak hubungan asmara. Apalagi jika pasanganmu yang saat ini mengetahui seberapa lama dan seberapa dekat kamu saat masih berpacaran dengan mantan. Inilah kondisi yang disebut dengan perasaan tidak aman akan masa lalu pasangan.

Perasaan tidak aman ini nggak bisa kamu anggap sepele, karena dari sinilah keributan-keributan akan terjadi. Si dia menjadi sangat sensitif dan selalu mengaitkan kamu dengan memori masa lalumu. Padahal, kamu sama sekali tak terpikirkan oleh hal itu.

Tentu kondisi ini nggak bisa dibiarkan. Kamu harus membuka pembicaraan mengenai perasaanmu. Mulai dari meyakinkan si dia bahwa kamu sudah move on, hingga menyampaikan bagaimana perasaanmu jika terus-menerus dicurigai seperti ini.

Nah, kalau kamu bingung bagaimana cara meyakinkan pasangan bahwa kamu telah move on, kamu bisa menyimak tipsnya di bawah ini, ya, Bela.

1. Memberitahunya bahwa antara kamu dan mantan sudah berakhir

5 Tips Meyakinkan Pasangan Bahwa Kamu Telah Move Onpexels.com/marcelo-chagas

Saat si dia mulai mempertanyakan hubungan kamu dengan mantan, maka kamu bisa jelaskan kepadanya bagaimana perasaanmu sudah berakhir sejak lama untuk mantanmu. Buktikan kepadanya bahwa semuanya sudah berakhir dengan ucapan dan tindakanmu, ya, Bela.

Kamu bisa, lho, membuat waktu khusus untuk membicarakan hal ini dan menjawab semua kekhwatiran pasanganmu itu.

2. Jelaskan bagaimana perasaanmu saat ini hanya untuknya

5 Tips Meyakinkan Pasangan Bahwa Kamu Telah Move OnPexels.com/Katerina Holmes

Mungkin selama ini dia masih berpikir kalau kamu masih teringat oleh mantan karena tidak merasakan cinta yang sangat besar darimu. Maka dari itu, cobalah untuk meyakinkannya dengan mengatakan seberapa besar rasa cintamu saat ini untuknya.

Selain itu, cobalah untuk menanyakan pula bagaimana cara yang bisa kamu lakukan agar pasanganmu merasa sangat dicintai olehmu. Dengan begitu, rasa khawatir si dia bisa menghilang karena yakin dengan tindakanmu.

3. Hindari membicarakan mantan jika itu tidak penting

5 Tips Meyakinkan Pasangan Bahwa Kamu Telah Move Onpexels.com/mikhail-nilov

Salah satu pemicu timbulnya rasa curiga adalah ketika kamu sudah terlalu banyak membicarakan mantan saat bersama dirinya. Mungkin kamu melakukannya secara nggak sadar, tapi hal itu bisa menjadi topik yang sangat sensitif bagi kekasihmu.

Jadi, kalau kamu benar-benar sudah nggak memiliki perasaan apa pun pada mantan, cobalah untuk tidak membahas dan menyebut namanya di depan pacarmu. Kamu boleh membicarakannya ketika hanya ada hal penting yang harus dibicarakan, dan jangan lupa untuk memberitahu ia terlebih dahulu saat kamu akan membicarakan mantan.

4. Komunikasikan apa yang kamu rasakan saat pasanganmu selalu mengungkit masa lalu

5 Tips Meyakinkan Pasangan Bahwa Kamu Telah Move Onpexels.com/polina-zimmerman

Dicurigai masih memiliki rasa pada mantan tentu akan membuatmu tidak nyaman. Mungkin saja hal itu juga menjadi trigger bagaimana dahulu kamu merasa kesulitan untuk melupakannya. Jika memang rasa tidak nyaman yang kamu rasakan, maka komunikasikanlah perasaan itu pada pasanganmu.

Pada dasarnya, mereka mungkin hanya takut kehilanganmu dan kembali kepada masa lalumu, sehingga tidak menyadari bahwa hal tersebut juga bisa menyakitimu. Maka, beritahu si dia bahwa kamu sudah melewati masa itu dan tidak ada lagi perasaan tertinggal untuk mantanmu. Masa lalu tetap akan menjadi masa lalu.

5. Mencari solusi bersama

5 Tips Meyakinkan Pasangan Bahwa Kamu Telah Move Onpexels.com/odonata-wellnesscenter

Apabila semua usaha telah kamu lakukan untuk meyakinkan pacarmu, namun si dia tetap saja curiga, itu tandanya hubunganmu nggak bisa lagi dipertahankan. Sebab, kamu dan dia sudah kehilangan pilar utama dalam sebuah hubungan, yaitu kepercayaan.

Dengan semua usaha yang telah kamu lakukan, namun si dia juga belum bisa mempercayaimu, maka kamu juga perlu memikirkan bagaimana kondisi dan perasaanmu jika harus terus-menerus memberikan pengertian. 

Bisa jadi, ini juga menjadi tanda bahwa pacarmu lah yang belum selesai dengan masa lalunya. Diskusikanlah hal ini kepada si dia agar mendapatkan keputusan terbaik antara keduanya.

Itulah 5 cara meyakinkan pasangan bahwa kamu telah move on. Menumbuhkan rasa saling percaya memang sulit, tapi bukan berarti nggak mungkin, ya, Bela. 

Baca Juga: 6 Perbedaan Cara Move On Perempuan dan Laki-Laki Setelah Diselingkuhi

Baca Juga: Yuk Lakukan 5 Hal Ini Supaya Cepat Move On Bela

Baca Juga: 6 Zodiak yang Bikin Mantan Susah Move On