Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Saat Menjalani LDR

Nomor satu pasti pernah dilanggar

Fera Nur Aini

Pacaran satu kota saja sering ada masalah, kadang masih rindu juga, apalagi jika menjalani hubungan beda kota atau beda negara? Rasanya kalau dipikir-pikir seperti mustahil, ya, bisa menjalani hubungan tapi jaraknya berjauhan. Konon, kebanyakan justru berakhir kandas di tengah jalan. Meski sudah ada teknologi, kenyataannya sebuah pertemuan tetap memegang peranan penting dalam percintaan. Bahkan bisa dibilang pertemuan adalah sesuatu yang tergantikan, tidak mungkin kita bisa menjalani hubungan jarak jauh selamanya. Pasti tetap akan selalu ada pertemuan.

Tapi ada juga, lho, pasangan yang kuat dan berhasil melewati hubungan jarak jauh ini, bahkan menikah, dan terkadang berlanjut menjadi pernikahan jarak jauh. Kira-kira apa, ya, rahasianya?

1. Jangan terlalu sering berkomunikasi!

Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Masalah jarak bisa diatasi dengan komunikasi yang baik. Banyak yang mengira komunikasi itu akan jadi baik ketika frekuensinya lebih sering. Padahal kenyataannya, terlalu sering berkomunikasi saat jarak terpisahkan justru bisa membuat kita menjadi obsesif. Jadi kuncinya bukan pada komunikasi yang sering, tapi pada komunikasi yang seimbang. 

2. Sepakati gaya komunikasi

Freepik.com

Kamu suka pesan teks, dia lebih suka telepon atau video call. Dia punya waktu luang di akhir pekan, sementara kamu liburnya nggak bisa ditentukan. Jika ini yang kalian rasakan maka hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai hubungan jarak jauh adalah menyepakati gaya komunikasi yang bisa diterima kedua belah pihak.

3. Jangan mengandalkan media sosial

Popbela.com/Andhina Effendi

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Jangan terus-terusan melihat dan menguntit di media sosialnya karena informasi tidak akan bisa kamu dapatkan secara menyeluruh di sana. Jika kamu ingin tahu kabarnya, ya tanyakan langsung, jangan andalkan media sosial. Sebaliknya, sebaiknya kita juga tidak mengunggah hal yang bisa membuat pasangan bertanya-tanya mengenai perasaan kita. Lebih baik dibicarakan secara langsung.

4. Selalu rencanakan pertemuan spesial

Pexels.com/Gustavo Fring

Karena hubungan kalian terpisah jarak, mungkin untuk jangka waktu yang cukup lama, maka pertemuannya harus terasa spesial. Bukan berarti harus mewah atau mengeluarkan banyak uang, tapi harus bisa bermakna dan mengisi ruang rindu. Rencanakanlah pertemuan rutin di setiap kesempatan yang memungkinkan.

5. Jangan lupa menetapkan batasan

pexels.com/Thomas Ward

Hubungan terkadang bisa sangat menggairahkan, tetapi penting bagi kita untuk menetapkan batasan yang sehat sejak awal. Tidak ada salahnya memberi tahu pasangan apa yang baik dan apa yang tidak. Tidak harus hitam di atas putih, yang penting tujuannya adalah untuk menghindari masalah di kemudian hari.

6. Tetap lakukan 'kencan' virtual secara rutin.

freepik.com/ hugo_34

Pasangan LDR bisa malam mingguan? Bisa dong! Malah harus. Jarak nggak boleh jadi alasan untuk menghapus waktu berkencan. Kencannya bagaimana? Video call bisa, menonton film virtual bersama-sama, atau mungkin bermain game? Teknologi komunikasi sekarang sangat beragam, kok. Meski tetap tidak seenak bertemu langsung, paling tidak ada sedikit rindu yang bisa diobati.

Itulah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pasangan LDR (long distance relationship). Semoga jika kamu dan pasangan sedang menjalani hubungan seperti ini, kalian bisa tetap bahagia.

IDN Media Channels

Latest from Dating