Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Supaya Kamu Nggak Merasa “Kalah” Setelah Putus 

Nggak perlu update status atau posting yang berlebihan.

Elga Windasari

Niatnya, sih, begitu putus nggak mau lagi stalking media sosial mantan untuk tahu bagaimana kehidupannya setelah nggak ada kamu. Tapi, karena rasa penasaran yang menang, akhirnya kamu tetap stalking dan merasa lebih buruk lagi, karena ternyata mantan sering posting foto-foto atau video yang memerlihatkan dirinya sudah bisa senang-senang tanpa dirimu.

Akhirnya kamu merasa “kalah”, karena hidupmu setelah putus nggak semenyenangkan mantan, bahkan bisa dibilang masih susah move on.

Nah, supaya kamu nggak merasa seperti itu, coba ikuti tujuh cara yang disarankan psikoterapis Dr. Jenn Mann, di bawah ini.

1. Hindari semua kontak

Pexels.com/Trinity Kubassek

Untuk melupakan mantan dan supaya bisa "menang", kamu harus benar-benar melepaskannya. Satu-satunya langkah terpenting dalam proses melepaskan adalah menghindari semua kontak, baik di media sosial, ponsel, atau email. Dr. Jenn bilang, kontak sekecil apa pun bisa membuatmu kembali terluka.

2. Jangan melihat luarnya saja

Pexels.com/Cottonbro

Kamu sudah terlanjur melihat Instagram mantan dan kesal melihat fotonya dengan cewek-cewek cantik? Jangan diambil hati. Ingat, apa yang kamu lihat di media sosial adalah bagian luar dari kehidupan seseorang. Kamu nggak akan tahu apa yang sebenarnya si mantan rasakan saat ini hanya dari media sosialnya.

3. Berhenti lari dari rasa sakit

thehealthy.com

Nggak usah cari pelarian, biarkan dirimu merasakan sakitnya putus cinta. Kamu nggak bisa menghindari rasa sakit, tapi harus melewatinya. Semakin cepat kamu membiarkan diri berduka karena kehilangan, semakin cepat kamu bisa mengatasinya.

4. Mulai lebih merawat diri sendiri

Freepik.com

Kalau saat pacaran kamu mungkin nggak terlalu punya waktu untuk merawat diri, sekarang waktu yang tepat untuk melakukannya. Uang yang tadinya disimpan buat jalan-jalan bisa kamu belikan skincare yang sudah lama diincar, cari kelas olahraga untuk mengisi waktu luang, atau jalani pola makan sehat yang sebelumnya sulit dilakukan saat masih ada pacar.

5. Maafkan diri sendiri

Unsplash.com/Max Ilienerwise

Saat putus, biasanya kamu akan menyalahkan diri sendiri karena dua kemungkinan. Pertama, kamu merasa telah melakukan kesalahan hingga akhirnya hubungan nggak bisa diselamatkan. Kedua, kamu marah pada diri sendiri karena bertahan dengan omong kosong mantan. Apa pun itu, Dr Jenn menyarankan untuk nggak terus menyalahkan diri sendiri untuk membantumu sembuh.

6. Kenalan lagi dengan diri sendiri

Freepik.com

Hubungan sangat mungkin bisa membuatmu berubah dan jadi orang yang berbeda. Coba, deh, tanya orang-orang di sekitarmu. Mereka mungkin akan bilang kalau mereka merindukan dirimu yang dulu sebelum berhubungan dengan mantan. Kalau kamu juga merasa kehilangan identitas, sekarang saatnya untuk menemukannya kembali atau menciptakan dirimu yang lebih baik. Semakin kamu memahami diri sendiri, semakin besar kemungkinan kamu menarik orang yang tepat, yang juga mencintai diri sendiri.

7. Belajar dari kesalahan

integrisok.com

Menyalahkan diri sendiri untuk kesalahan yang kamu lakukan sama sekali nggak membantu. Lebih baik belajar dari kesalahan tersebut. Pelajari hubungan ini, apa yang bisa membuatmu jadi pasangan yang lebih baik untuk ke depannya. Menurut Dr. Jenn, ini adalah cara terbaik supaya Bela nggak merasa “kalah” setelah putus karena kamu mendapatkan pelajaran dari situ.

IDN Media Channels

Latest from Dating