Bukanlah hal yang mudah untuk menjaga sebuah hubungan percintaan. Sebab, diperlukan pengorbanan dan usaha dari kedua belah pihak.

Namun, perasaan seseorang dapat berubah, tidak dapat ditebak, serta dipaksakan. Ada yang secara jujur mengungkapkan, jika sudah tidak dapat bersama lagi, begitu pun sebaliknya.

Kamu perlu mengetahui ciri atau tanda jika hubungan percintaanmu dengan si dia sudah berada di ujung tanduk. Yuk, kenali 6 cirinya berikut ini agar tidak terkejut kala diputusi tiba-tiba.

1. Bertengkar karena hal sepele

6 Ciri Hubungan Sudah di Ujung Tanduk, Siap-Siap Bakal Putus!Pexels.com/Rodnae Production

Dalam suatu hubungan selalu ada pertengkaran. Namun, biasanya dari masing-masing pihak akan sama-sama menyadari dan mencari jalan keluar. 

Berbeda jika pasanganmu sudah ingin mengakhiri hubungan. Ia selalu mencari masalah dan bertengkar walau hal tersebut sepele.

2. Tidak merasa nyaman lagi dengan pasangan

6 Ciri Hubungan Sudah di Ujung Tanduk, Siap-Siap Bakal Putus!Pexels.com/Mart Production

Terlalu sering bertengkar perihal masalah sepele, kamu bisa merasa tidak nyaman lagi dengan si dia. Selain itu, segala hal yang tadinya kamu anggap nyaman bersama dengannya kini berbanding berbalik.

Dia sudah tidak perhatian lagi dan tidak peduli. Gelagat ini menandakan jika dia mau mengakhiri hubungannya denganmu.

3. Tidak ada komunikasi

6 Ciri Hubungan Sudah di Ujung Tanduk, Siap-Siap Bakal Putus!Pexels.com/Karolina Grabowska

Suatu hubungan bisa berjalan dengan lancar jika ada komunikasi. Komunikasi bukan dari satu pihak saja, tetapi dua belah pihak.

Ketika komunikasi sudah tidak berjalan lancar dengan berbagai macam alasan untuk tidak bertemu, kamu patut berhati-bati. Gelagat demikian bisa menandakan hubunganmu sudah tidak sehat lagi.

4. Susah diajak pergi

6 Ciri Hubungan Sudah di Ujung Tanduk, Siap-Siap Bakal Putus!Pexels.com/Rodnae Production

Salah satu ciri pasanganmu ingin putus adalah ia tidak mau diajak pergi. Perhatikan deh, saat kamu berpesan padanya akan mengajaknya pergi. Dia bisa menghindar dengan berbagai alasan.

Hal tersebut juga bisa menunjukkan jika kamu bukan prioritas lagi baginya. Jadi ini adalah sinyal jika hubungan akan berakhir.

5. Lebih senang berkumpul dengan temannya daripada bertemu denganmu

6 Ciri Hubungan Sudah di Ujung Tanduk, Siap-Siap Bakal Putus!Pexels.com/Helena Lopes

Ini adalah tanda yang paling jelas. Memang tidak selamanya harus selalu bersama, tapi jika dia tidak ingin bertemu lagi denganmu, apakah kamu masih bersabar menunggunya? 

Cepat ambil tindakan untuk memperjelas hubungan kalian berdua, agar permasalahan pun mencapai titik terang. Setelahnya, kamu juga bisa memutuskan untuk tetap berlanjut atau mengakhirnya.

6. Dia menyakitimu secara fisik maupun verbal

6 Ciri Hubungan Sudah di Ujung Tanduk, Siap-Siap Bakal Putus!Pexels.com/Alex Green

Dalam suatu hubungan, saling menyakit fisik maupun verbal bukanlah hal yang dibenarkan. Jika terjadi, maka hal tersebut merupakan sebuah pelecehan.

Pada awalnya, pasangan tidak pernah melakukan kekerasan, tapi tiba-tiba ia melakukan. Semua itu bisa menunjukkan kalau dia sudah tidak ingin bersamamu lagi. Nggak usah berlama-lama, lebih baik akhiri saja.

Jika pasanganmu menunjukkan salah satu ciri di atas, bisa jadi hal tersebut menandakan hubungan kamu dan si dia sudah di ujung tanduk. Kamu bisa mulai mempertimbangkan dari sekarang untuk terus bersamanya atau mundur untuk mencari yang lain.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "6 Ciri Percintaan Sudah di Ujung Tanduk, Awas Diputusin Tak Terduga!"

Baca Juga: Ini 6 Ciri-ciri Mantan Menyesal Putus

Baca Juga: Inilah 7 Perbedaan Laki-laki dan Perempuan Setelah Putus!

Baca Juga: Klise Banget! 5 Alasan Putus Terburuk yang Sering Digunakan Cowok