Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips agar Konflik Bikin Hubunganmu Makin Kuat

Apa saja?

Astri Amalia

Nggak bisa dipungkiri jika konflik akan selalu hadir di setiap hubungan, termasuk di dalam hubungan asmara. Meski tak jarang konflik bisa sampai memicu perpisahan, tetapi kalau dikelola dengan baik, konflik sebenarnya bisa jadi kunci penting supaya hubunganmu dengan pasangan makin kuat, lho.

Kok, bisa? Untuk menjawabnya, yuk, kita simak bersama 5 tips agar konflik bikin hubunganmu makin kuat, yang dikutip dari laman Kripalu berikut ini. Scroll artikelnya sampai selesai ya, Bela!

1. Kembangkan sudut pandang yang sehat

Freepik.com/cookie_studio

Faktanya, konflik akan selalu muncul di semua jenis hubungan, termasuk dalam hubungan romantis yang sehat sekalipun. Agar kamu mampu mengubah konflik menjadi kunci semakin kuatnya hubungan percintaanmu, akuilah bahwa konflik adalah bagian alami dari kehidupan dan hubungan setiap manusia.

“Konflik ada di sini untuk membantu kita tumbuh dan menjadi sosok yang lebih baik , bukan menjadi sosok yang lebih buruk dari yang sebenarnya,” kata Jayson Gaddis, seorang pendiri dan CEO dari The Relationship School.

2. Adopsi pola pikir yang proaktif

Pexels.com/Alena Darmel

Selanjutnya, cobalah untuk mulai mengadopsi pola pikir yang proaktif. Daripada berusaha keras menjauhi konflik dari hubungan, yang mana merupakan hal mustahil, lebih baik hadapi dengan cara-cara yang lebih sehat.

“Orang-orang yang memiliki mindset berkembang lebih mungkin mengatasi konflik karena mereka tidak melarikan diri darinya,” ujar Jayson.

"Mereka mengerti bahwa itu adalah bagian dari hubungan jangka panjang," tambahnya.

3. Bertanggungjawablah atas konflik yang terjadi dalam hubungan

Pexels.com/Timur Weber

Sering kali ketika terjadi pertengkaran dalam hubungan, masing-masing pihak mulai menyalahkan satu sama lain. Apabila kamu mau menjadikan konflik sebagai sarana untuk menguatkan hubunganmu dengan pasangan, sadari kalau baik kamu dan pasangan, punya porsi tanggung jawab masing-masing atas setiap konflik yang muncul.

"Kedua belah pihak harus belajar bagaimana mengambil bagian dalam konflik hubungan dan mengambil tanggung jawab pribadi untuk itu," catat Jayson.

4. Sembuhkan luka hubunganmu di masa lalu

Pexels.com/Timur Weber

Realitanya, menyembuhkan luka akibat hubungan di masa lalu bukanlah persoalan yang mudah. Sering kali kita pun memproyeksikan luka yang belum tersembuhkan itu ke dalam hubungan di masa sekarang. Seperti munculnya isu kepercayaan atau trust issue yang bikin kamu mudah curiga dengan pasangan saat ini karena di masa lalu pernah diselingkuhi.

Maka dari itu, penting untuk kamu menyembuhkan luka-luka tersebut agar nggak terus-terusan menimbulkan konflik. Meski penyembuhan luka hubungan bukan hal yang gampang, tapi menurut Jayson, masih sangat mungkin, kok, untuk menyembuhkan luka akibat hubungan terdahulu.

“Kita cenderung menarik apa pun yang tidak diakui dalam diri kita,” katanya.

“Dengan berada di dalam hubungan, kita memiliki kesempatan untuk lebih mencintai diri sendiri, yang memungkinkan kita untuk mencintai orang lain apa adanya. Dengan cara ini, hubungan menjadi jalan menuju lebih banyak cinta, penyembuhan, dan keutuhan,” ujar Jayson.

5. Petik hikmah dari konflik yang terjadi

pexels.com/cottonbro-studio

Sepahit apa pun konflik yang terjadi dalam hubunganmu, sudah pasti ada pelajaran dan hikmah yang bisa kamu ambil. Maka dari itu, belajarlah untuk lebih terbuka atas setiap konflik yang terjadi sehingga pada akhirnya, konflik malah bisa bantu menguatkan hubunganmu dengan pasangan.

“Terkadang pelajarannya tentang batasan; terkadang itu tentang menyembuhkan luka dari masa lalu," jelas Jayson.

“Di lain waktu, itu hanya tentang mendapatkan kesadaran diri. Kita cenderung mengulang pola konflik sampai kita mendapatkan pelajaran. Cara tercepat untuk mengubah luka hubungan lama adalah dengan mendapatkan pelajaran, dan melihat bagaimana rasa sakit itu menjadi batu loncatan yang penting di jalan Anda,” tutupnya.

Itu tadi 5 tips agar konflik bikin hubunganmu dengan pasangan semakin kuat. Semoga bermanfaat untukmu ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating