Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ubah 6 Tindakan Manis Jadi Kebiasaan, Agar Hubungan Langgeng!

Lakukanlah secara pelan-pelan dan konsisten

Anatasia Anjani

Tiap pasangan tentu saja ingin hubungan mereka bertahan lama, hingga akhirnya menikah dan menua bersama. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan pasangan bukan perkara mudah, namun dapat dilakukan dengan memulai kebiasaan kecil. 

Nah, menjaga romantisme dengan si dia dapat dimulai dari kebiasaan sehari-hari, lho, Bela. Membangun kebiasaan awalnya akan terasa sulit, tetapi dapat berhasil dilakukan jika kalian saling konsisten dan mau bekerja sama. 

Yuk, cek tips menjaga hubungan kamu dan dia agar tetap langgeng, lewat kebiasaan-kebiasaan kecil berikut ini!

1. Saling mengetahui kesulitan satu sama lain

Pexels/ John Diez

Dalam berpacaran, hubungan harus dijalankan oleh kedua belah pihak. Bukan hanya satu orang yang berusaha lebih keras, sementara pihak yang lainnya cuek saja. Dalam hubungan, keduanya harus saling peduli satu sama lain. 

Ada masa ketika pasanganmu merasa kesulitan di tempat kerja dan menjalani hari, pada saat itu cobalah untuk peka. Ketika si dia kesulitan tawarkanlah bantuan, walaupun mereka mengaku baik-baik saja. 

Terkadang, saat seseorang berkata baik-baik saja sebenarnya bisa jadi sedang tidak baik-baik saja, lho, Bela. Berikan mereka waktu bercerita dan istirahat, dengan cara itu, kamu akan belajar cara mempedulikan satu sama lain. 

Namun jika mereka belum mau cerita, berikan ruang untuknya. Kamu bisa tetap mengatakan bahwa ketika dia siap bercerita, kamu akan ada untuknya.

2. Ungkapkan perasaanmu ke dia

pexels.com/barbara ribeiro

Mengatakan, "Aku mencintaimu" atau "I love you," mungkin terdengar remeh. Tapi ternyata, kalau hal-hal kecil seperti ini dapat berdampak besar untuk hubunganmu. 

Berkata sayang kepada pasangan adalah bentuk mengekspresikan perasaanmu terhadap si dia. Namun tak hanya soal cinta, saat perasaanmu terasa buruk atau tidak menyenangkan, ungkapkan juga padanya.

Bukan berarti kamu harus bicara kasar tanpa filter, melainkan kamu harus bisa mengekspresikan kekhawatiran jika kamu merasa tak bahagia dalam hubungan. Pastikan pasangan tahu perasaanmu yang sesungguhnya, tanpa haris ditutup-tutupi.

Bersikaplah terbuka pada apa yang kamu inginkan, lalu minta dia untuk melakukan hal yang sama. Mengekspresikan perasaan dan bersikap jujur adalah salah satu kunci hubungan langgeng.

3. Fokuslah terhadap hubunganmu

freepik.com/ drobotdean

Berkencan tidak hanya dilakukan ketika masa pacaran, lho, Bela. Saat menikah pun, kamu dan pasangan bisa pergi berkencan untuk menjaga romansa di antara kalian.

Saat berkencan cobalah nikmati momen berdua yang telah direncanakan di waktu yang tepat. Fokuskan waktu dan pikiranmu hanya unutuk pasangan. Jangan lupa matikan notifikasi ponsel, agar kencan menjadi tenang tanpa gangguan.

Nikmati kencan dengan mendengarkan dan berbagi cerita dengannya. Quality time tak akan ada artinya jika kamu 'jauh' secara emosional.

4. Beri ruang masing-masing

Pexels/ Dziana Hasanbekava

Memberikan jarak dan ruang ketika menjalin hubungan juga menjadi hal penting. Terkadang jarak mengajarkan arti rasa rindu dan menghargai waktu dia dengan orang lain. 

Dengan memberi kelonggaran, kamu dan dia juga dapat menemukan hal-hal baru, seperti hobi. Hal yang perlu kamu ingat saat menjalin hubungan romansa adalah kamu dan dia sama-sama individu yang perlu waktu sendiri. 

Jadi, sama-sama belajar untuk tidak egois dan menghargai waktu satu sama lain. 

5. Mulailah petualangan bersama dengan dia

Pexels.com/Samson Katt

Berpetualang bersama nggak harus bepergian jauh. Maksudnya, kamu bisa mencoba restoran baru, menemukan tempat kencan yang menarik, atau menjelajahi daerah-daerah di kotamu yang belum pernah kalian kunjungi. 

Jika biasanya kamu dan dia berkencan di tempat yang itu-itu saja, cobalah ubah kebiasaan itu. Dengan mengubah kebiasaan, kamu mungkin akan menemukan kegembiraan baru yang berbeda dari sebelumnya.

6. Menunjukkan apresiasi kepada pasangan

Pexels.com/Orione Conceição

Last but not least, terkadang hal yang terlihat sederhana dan remeh ini sering lupa dilakukan, yaitu mengapresiasi kehadiran pasanganmu.

Jangan hanya mengapresiasi pasanganmu ketika dia memberimu hadiah, tapi lakukanlah setiap hari. Biarkan si dia mengetahui betapa kamu menghargainya. Kamu bisa menunjukkan apresiasi dengan cara menemaninya menonton film kesukaannya atau menyiapkan makanan favoritnya.

Ini merupakan beberapa cara sederhana agar dia tahu betapa penting kehadirannya. Tidak masalah jika kamu telah mengatakan "aku sayang kamu" ratusan kali sebelumnya, katakan lagi. Tidak ada salahnya untuk mengulang-ulang ungkapan kasih sayangmu untuknya.

Itu dia beberapa cara sederhana mempertahankan hubungan untuk kamu dan pasangan.  Mencoba nggak ada salahnya kan?

IDN Media Channels

Latest from Dating