Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Hemat Traveling untuk Mahasiswa

Walaupun low budget tetap mengasyikkan!

Rosita Meinita

Traveling identik dengan perjalanan ke suatu destinasi wisata yang membutuhkan banyak pengeluaran dalam menjalaninya. Banyak yang beranggapan, traveling hanya dilakukan oleh mereka yang sudah bekerja. Akan tetapi, sepertinya hal itu salah. Bagimu yang masih pelajar atau mahasiswa masih bisa melakukan traveling dengan berbagai cara, inilah tips hemat traveling untuk pelajar dan mahasiswa.

1. Lihat rute dan tiket ke destinasi traveling

pexels.com/Porapak Apichodilok

Pastikan kamu tahu dengan beberapa alternatif transportasi menuju destinasimu. Cek di berbagai e-commerce ataupun website maskapai. Biasanya akan terdapat beberapa diskon menarik yang diberikan.

2. Pergi dengan beberapa teman

freepik.com/ freepik

Jika kamu melakukan traveling lebih hemat, pergilah dengan beberapa temanmu. Kamu bisa pergi dengan 4-6 temanmu. Hal ini akan menghemat kantong, dari penginapan di hotel, transportasi saat kamu bepergian dan paket bundling destinasi wisata.

3. Ketahui destinasi gratis dan murah di kota tersebut

pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Di Indonesia, banyak destinasi wisata yang gratis dan murah di kota itu, salah satunya wisata alam. Selain dapat menyegarkan pikiranmu dengan pemandangan alam dan suasana yang sejuk, wisata alam gratis sangat banyak ragam pilihannya.

4. Memanfaatkan status mahasiwamu

pexels.com/rawpixel

Kamu bisa memasuki berbagai destinasi wisata dengan memanfaatkan status mahasiswamu. Di beberapa destinasi wisata biasanya memberikan harga khusus bagi mereka yang masih berstatus pelajar ataupun mahasiswa, praktis bikin lebih hemat dan meminimalisir budget keluar.

5. Pemilihan waktu yang tepat

freepik.com/ freepik

Pastikan waktu kamu berangkat nggak bersamaan dengan hari libur nasional. Pada beberapa musim, destinasi wisata dan biaya transportasi akan melonjak drastis. Karena mahasiswa akan lebih fleksibel memilih waktu untuk bepergian, pilih waktu week days atau low season untuk merencanakan traveling-mu.

6. Menginap di rumah saudara atau kos teman

pexels.com/Martin Péchy

Jika kamu mempunyai saudara atau teman di destinasimu, kamu bisa menghemat pengeluaranmu dengan menginap di sana. Nggak hanya untuk menghemat, kamu juga bisa meminta saudara atau temanmu untuk memberikan rekomendasi destinasi wisata yang ada di kota itu.

7. Meminjam atau menyewa peralatan tanpa membeli

pexels.com/rawpixel

Jika kamu ingin traveling dengan melakukan snorkeling, diving, ataupun camping, kamu bisa meminjam ataupun menyewa tanpa harus membeli. Kebayang kan jika kamu harus membeli tenda sendiri? Pasti akan jauh lebih mahal.

IDN Media Channels

Latest from Travel