Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Negara Paling Murah untuk Liburan, Dijamin Senang!

Siap liburan dengan biaya ramah di kantong

Nindi Widya Wati

Iri dengan unggahan temanmu yang liburan ke luar negeri untuk sambut Tahun Baru 2023? Jangan sedih dulu, Bela. Ini waktunya kamu mulai menabung dan persiapkan dirimu untuk liburan ke negara-negara dengan biaya murah. Melansir dari Wonderlist, ada beberapa tempat liburan di luar negeri dengan harga termurah juga ada, lho

Apalagi, buat kamu yang memang senang jadi backpacker, beberapa negara di benua Amerika hingga Eropa juga menawarkan tempat liburan dengan harga terjangkau. Tak perlu khawatir, di sana kamu bisa menikmati enaknya menginap di hotel hingga sajian kuliner yang menggiurkan.

Penasaran? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela!

10. Yunani

Dok. Internet

Tak banyak orang mengunjungi Yunani sebagai destinasi wisata. Padahal, di negara yang berada di Eropa bagian tenggara ini menawarkan tempat berlibur dengan harga bersahabat. Bahkan, saat menginap di pulau wilayah Yunani seperti di Spinalonga atau Mongonissi, kamu sudah bisa bermalam dengan enak serta mendapatkan sajian makanan lezat.

9. Argentina

Dok. Internet

Banyak orang makin mengenal Buenos Aires sebagai ibu kota Argentina dengan perjalanan liburan yang menarik. Tak hanya itu, di kota metropolis yang terletak di Amerika Latin ini juga menawarkan biaya liburan yang ramah di kantong. Bahkan, kamu hanya perlu menyiapkan uang berlibur kurang dari Rp600 ribu sehari. 

8. Sri Lanka

Dok. Internet

Kalau ingin mengeksplorasi tempat wisata baru, maka pastikan tak melewatkan negara kecil yang berada di dekat Maldives yaitu Sri Lanka. Meski terbilang kecil, namun siapa sangka negara ini mempunyai kari ikan yang sangat enak, kawasan trekking dengan pemandangan hutan yang sangat indah. Jangan khawatir mahal, karena kamu hanya perlu menyiapkan kurang dari Rp400 ribu per hari.

7. Bulgaria

Dok. Internet

Menjelang libur akhir tahun, beberapa resor di pantai Bulgaria terbilang sudah dipenuhi wisatawan. Namun, kalau kamu lebih suka jalan-jalan di pusat kota daripada pantai, cobalah menguji ibu kota Sofia. Di sepanjang jalan, menawarkan makanan yang lezat dan banyak tempat wisata yang indah. Terlebih, saat berada di kawasan kota selatan Burgas dan Varna. 

6. Honduras

Dok. Internet

Kamu pemburu barang murah meriah? Cobalah datang ke Honduras di Amerika Tengah. Negara ini memang tak terlalu populer di kalangan turis karena dianggap kurang aman, namun akan sedikit berbeda saat pergi ke wilayah Karibia. Menawarkan pantai berpasir putih dengan pohon-pohon palem dengan laut biru, dan makanan lezat yang super murah. 

5. Hungaria

Dok. Internet

Budapest sebagai ibu kota Hungaria menyimpan cukup banyak sejarah. Termasuk di Danube yang kerap jadi langganan para turis saat tur Eropa. Meski tak semurah dulu, namun transportasi di sana harganya masih terjangkau yaitu sekitar Rp15 ribu per tiket. Ingin wisata kuliner? Kamu dapat menikmati sepotong cream pastry lengkap dengan schnapps sebagai minumannya.  

4. Bolivia

Dok. Internet

Liburan termurah selanjutnya adalah salah satu negara di Amerika Selatan, yaitu Bolivia. Meski begitu, ada lokasi foto dengan menawarkan pemandangan indah yaitu Salar de Uyuni, sebagai sumber garam terbesar di dunia. Sedangkan, kalau ke jantung kota La Paz kamu bisa berkunjung ke kota tua Calle Jaén. Selama di Bolivia kamu bisa menikmati sajian restoran dengan harga kurang dari Rp33 ribu, seperti semangkuk chairo (sup kentang).

3. India

Dok. Internet

Kalau ingin liburan dengan biaya terjangkau, India patut jadi negara yang kamu kunjungi. Tak bisa dipungkiri, Negeri Hindustan ini terkenal dengan sejumlah tempat wisata dan apa-apa terbilang murah. Kamu hanya perlu menyiapkan estimasi biaya termurah sebesar US$ 20 atau setara Rp280 ribu per hari. Biaya tersebut sudah termasuk biaya makan, penginapan, transportasi, serta berkunjung ke satu tempat wisata.

2. Vietnam

Dok. Internet

Meski sektor pariwisata di Vietnam terbilang terus meningkat, namun negeri naga biru ini masih menjadi salah satu tempat liburan termurah di dunia. Tak hanya kota-kota besar seperti Hi Chi Minh yang banyak dikunjungi para pelancong, akan tetapi daerah pedesaan menjadi destinasi utama. Apalagi, kalau ke Pedesaan Sa Pa yang menyuguhkan indahnya terasering di lembah Muong Hoa. Kalau kamu ingin berhemat, cukup menyediakan Rp335 ribu selama berlibur di sana.

1. Kamboja

Dok. Internet

Tak disangka, Kamboja menjadi negara dengan destinasi liburan termurah. Lantaran, kalau melihat harga sewa hotel hanya merogoh kocek sekitar Rp160 ribu per malam. Belum lagi, melihat banyak makanan yang dijual dengan harga ramah di kantong. Pilihan wisata yang tentunya sangat cocok bagi kamu yang ingin sekali backpacker. Daya tarik Kamboja juga terletak di kawasan Angkor Wat sebagai salah satu kompleks candi terbesar di dunia dengan lahan seluas 162,6 hektar. 

Jadi, sudah menyiapkan biaya liburan murah kemana, Bela? Dari daftar negara di atas, adakah yang ingin kamu kunjungi? Tulis lewat kolom komentar, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Travel