Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Cuma Pantai, ini 10 Wisata Air Terjun di Lombok

Keindahan alam yang tersembunyi

Niken Ari Prayitno

Lombok kini tengah menjadi perbincangan dunia. Sebab, tahun ini Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah bagi perhelatan akbar MotoGP Mandalika 2022. Ajang balapan bergengsi ini mulai diselenggarakan pada 18 Maret hingga 20 Maret 2022. 

Lombok dikenal dengan wisata pantainya yang indah. Tapi, tak banyak yang tahu jika Lombok menyimpan kekayaan alam yang menakjubkan selain pantai. Salah satunya air terjun. Berikut ini, Popbela memiliki daftar air terjun yang indah yang bisa kamu nikmati saat kamu berkunjung ke Lombok. Apa saja?

1. Air Terjun Tiu Ngumbak

Instagram.com/heruekautsar

Air terjun pertama yang bisa kamu kunjungi saat ke Lombok adalah Tiu Ngumbak. Air terjun ini terletak di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini memiliki dua tingkatan yang menawan.

Airnya jernih dan sejuk, dijamin membuat kamu betah menghabiskan waktu lama di sana. Udara sejuk di sini disebabkan oleh lokasinya yang berada di lereng Gunung Rinjani.

2. Air Terjun Tiu Kelep

Instagram.com/pesonaairterjunindonesia

Air Terjun Tiu Kelep mempunyai ketinggian yang mencapai sekitar 45 meter. Tak seperti air terjun pada umumnya, untuk menuju air terjun ini tidaklah sulit karena jalan yang akan dilalui sudah memadai. Letak air terjun ini masih berada di kaki Gunung Rinjani dan satu area dengan Air terjun Sendang Gile.

Air terjun ini mempunyai perairan yang jernih dan menyegarkan. Pemandangan alam di sekitarnya dan udaranya yang sejuk pun sangat mendukungnya menjadi destinasi wisata favorit. Segala panorama yang disuguhkan, dijamin tidak akan bikin menyesal karena telah berkunjung.

3. Air Terjun Sendang Gile Senaru

Instagram.com/pinoy_wanderlust

Air Terjun Sendang Gile terletak di jalur pendakian Gunung Rinjani di Desa Senaru. Jadi, biasanya air terjun ini dikunjungi oleh pendaki yang sekaligus akan melakukan pendakian di gunung tersebut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terbagi menjadi dua tingkat.

Udara di sekitarnya begitu sejuk dengan tumbuhan hijau yang tumbuh subur di sekitarnya. Air terjun ini juga masih terjaga kealamiannya dan pengunjung akan menyaksikan bebatuan besar yang terlihat berserakan di sekitar aliran air terjun.

4. Air Terjun Tiu Sekeper

instagram.com/dody_armaniesta

Masih belum habis untuk menjelajah keindahan air terjun di Lombok Utara, maka Air Terjun Tiu Sekeper akan menjadi destinasi wisata selanjutnya. Air terjun ini mempunyai ketinggian yang mencapai 100 meter, sehingga menjadi air terjun tertinggi di Lombok. 

Meskipun memerlukan perjalanan sekitar 6 jam untuk mencapainya, karena letaknya yang di dalam hutan, kelelahan tersebut akan terbayarkan dengan keindahan yang disuguhkan air terjun ini. Wisatawan dapat segera berenang saat tiba di lokasi atau istirahat sejenak di bebatuan besar di sekitarnya.

5. Air Terjun Kalianjah Sambik Elen

Instagram.com/itedemenleklombok_

Air Terjun Kalianjah Sambik Elen menjadi salah satu destinasi wisata air terjun di Lombok Utara yang berhasil memikat paling banyak wisatawan. Yang membuatnya makin diminati karena jalan yang dilalui cukup mudah dengan harga tiket yang relatif murah.

Wisatawan akan disuguhkan dengan panorama air terjun yang akan menyegarkan mata. Air terjun ini mempunyai debit air yang cukup besar dan bergemuruh. Selain itu, perairannya mempunyai warna lebih putih karena bercampur dengan belerang.

6. Air Terjun Tiu Pupus

Instagram.com/alexis_gudlife

Letak Air Terjun Tiu Pupus berdekatan dengan Kerta Gangga. Air terjun ini tak kalah memesona dibandingkan dengan air terjun lainnya yang berada di Lombok Utara.

Air terjun dengan ketinggian antara 40-50 meter ini juga bermanfaat bagi para petani di sekitarnya. Airnya jatuh tertampung di sebuah bendungan. Hal inilah yang membuat pengairan sawah petani tercukupi.

Di sekitar air terjun terdapat bebatuan besar yang menjadi hiasannya. Pemandangan tumbuhan yang tumbuh dengan subur di sekitarnya juga tak bisa diabaikan.

7. Air Terjun Benang Kelambu

Instagram.com/chennadia_

Air Terjun Benang Kelambu menjadi salah satu air terjun populer di Lombok. Wisata ini tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

Lokasi air terjun ini di Desa Aik Berik, Batu Keliang Utara. Air terjun ini menyuguhkan panorama yang unik, air terjun terlihat seperti tirai atau kelambu dari sela-sela rindangnya pohon gambung.

Keindahan tersebut tentu menjadi salah satu daya tarik utama yang memukau. Air terjun ini juga dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang menjadi sajian alam yang sungguh menyegarkan mata.

8. Air Terjun Batu Janggot

Instagram.com/dody_armaniesta

Air Terjun Batu Janggot berada di Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah. Air terjun ini letaknya tersembunyi, sehingga aksesnya hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Air terjun ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang subur. 

Wisatawan dapat berenang di airnya yang menyegarkan atau sekadar bermain air. Tempat ini dilengkapi dengan sejumlah tangga kayu yang berfungsi untuk menuruni tebing. Selain itu, terdapat wahana outbond berupa flying fox yang menjadi ajang menguji adrenalin.

9. Air Terjun Babak Pelangi

Instagram.com/teguhpribadi_27

Air Terjun Babak Pelangi berada di tengah hutan, tapi menjadi salah satu air terjun yang paling mudah diakses. Lokasinya berada di Rerante, Lantan, Batukliang Utara. Air terjun dengan ketinggian yang mencapai sekitar 10 meter ini mempunyai air yang selalu deras.

Air terjun juga mempunyai kolam penampungan alami yang cukup luas. Kedalaman kolam ini mencapai 2,5 meter. Hal ini tentu tak disia-siakan oleh wisatawan untuk berenang atau berendam sembari merasakan kesegaran alami. 

10. Air Terjun Benang Stokel

Instagram.com/jaka_tour_lombok

Desa Aik Berik mempunyai banyak air terjun yang pesonanya sudah tak diragukan lagi. Salah satunya adalah Air Terjun Benang Stokel. Air terjun menawan dengan tinggi yang mencapai sekitar 30 meter ini lokasinya masih berada di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Terdapat dua air terjun di sini, sehingga banyak pengunjung yang mengabadikan momen berfoto di tengah-tengahnya. Menurut legenda, air terjun ini menjadi tempat mandi Dewi Anjani. Konon, setiap kali orang mandi di sini akan tampak setahun lebih muda.

Jadi, mau mengunjungi air terjun di Lombok yang mana dulu, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Air Terjun Indah di Lombok Utara, Bikin Betah Main Air!" dan "5 Wisata Air Terjun di Lombok Tengah, Sejuknya Naikan Mood!" ditulis oleh Ratna Herlina

IDN Media Channels

Latest from Travel