Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Masjid Terindah di Dunia, Bikin Takjub dan Bersyukur

Mana yang ingin kamu kunjungi?

Niken Ari Prayitno

Islam menjadi salah satu agama yang memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak di dunia. Bahkan, pemeluk agama Islam tersebar hampir di setiap negara di dunia. Makanya, tak heran jika di setiap negara memiliki masjid sebagai tempat ibadah bagi umat Islam.

Tak jarang pula masjid dibuat begitu indah dan megah agar umat muslim merasa nyaman saat beribadah di dalamnya. Bukan hanya itu, masjid yang indah juga dapat dikunjungi oleh umat lainnya sebagai destinasi wisata. 

Berikut ini, 13 potret masjid terindah di dunia yang dijamin akan membuatmu takjub!

1. Masjid Sheikh Lotfollah – Iran

irandestination.com

Kota Isfahan di Iran menjadi salah satu kota di kawasan Timur Tengah yang sangat indah karena memiliki banyak arsitektur menawan khas masa lalu. Bahkan, ada yang mengatakan kalau keindahan klasik Isfahan tak kalah dengan Athena atau Roma.

Di Kota Isfahan terdapat masjid yang besar dan megah bernama Masjid Sheikh Lotfollah. Masjid ini dibangun pada tahun 1602-1619 pada masa pemerintahan Shah Abbas I.

Sebelum berfungsi sebagai masjid seperti saat ini, Masjid Sheikh Lotfollah pernah berfungsi sebagai tempat berkumpul untuk mengadakan pertemuan, pemandian umum dan rumah sakit.

2. Masjid Aqsunqur – Mesir

theculturetrip.com

Masjid terindah di dunia selanjutnya adalah Masjid Aqsunqur di Kairo, Mesir. Melihat masjid ini seolah membawa kita kembali ke abad 14. Arsitekturnya yang indah merefleksikan gaya Ottoman, lengkap dengan ubin Iznik yang berbentuk pohon cemara. Di dalam masjid ini juga terdapat makam pendirinya, Syams El-Din Aqsunqur.

3. Masjidil Haram – Arab Saudi

saudiarabiatourismguide.com

Masjidil Haram menjadi masjid paling ramai di dunia. Sebab, di dalam Masjidil Haram terdapat Ka'bah, kiblat bagi umat muslim. Masjid ini juga memiliki sejarah panjang yang tertulis di dalam Alquran sebagai tempat ibadah pertama yang dibangun untuk menyembah Allah SWT.

Masjidil Haram tidak hanya terbesar di dunia, tetapi juga dianggap paling suci. Mencakup 400.800 meter persegi, masjid ini dapat menampung hingga empat juta orang selama musim haji, ziarah Islam tahunan dan kegiatan umat Islam lainnya.

4. Masjid Hassan II – Maroko

northafricapost.com

Masjid Hassan II adalah masjid terbesar di Maroko dan masjid ketujuh terbesar di dunia. Masjid ini memiliki menara paling tinggi, yakni 210 meter yang dilengkapi dengan sinar laser yang mampu menerangi sekitarnya.

Masjid Hassan II memiliki arsitektur yang menakjubkan. Dindingnya terbuat dari marmer berkualitas tinggi yang sangat halus.

Di beberapa bagiannya, masjid terindah di dunia ini menggunakan kaca sebagai lantainya yang memungkinkan kita untuk melihat dasar Laut Atlantik.

5. Blue Mosque – Turki

departures.com

Belum lengkap rasanya jika ke Turki tapi tak berkunjung ke Blue Mosque atau yang dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Ahmed. Dari kejauhan pun, kita sudah bisa melihat betapa megahnya Blue Mosque yang memiliki enam menara besar. Blue Mosque dibangun di masa pemerintahan Ottoman, Ahmed I pada tahun 1609-1616.

Dikatakan sebagai masjid biru karena kubah megahnya memang berwarna biru. Kubah besar Blue Mosque dilapisi dengan 20 ribu ubin Iznik biru yang bermotif bunga, pohon dan pola abstrak.

6. Masjid Ubudiah – Malaysia

tripadvisor.com

Sekilas, saat melihat Masjid Ubudiah, kita diingatkan dengan istana yang terdapat di dalam film Aladdin. Masjid ini menjadi masjid terindah di dunia yang megah di Kota Kerajaan Kuala Kangsar, Malaysia.

Masjid Ubudiah dirancang oleh arsitek asal Inggris, Arthur Benison Huback atas perintah Sultan Idris Mushidul Azam Shah. Saat itu Sultan Idris bersumpah akan membangun masjid paling indah sebagai ucapan syukur jika ia sembuh dari penyakit yang dideritanya. Setelah sembuh, Sultan Idris memenuhi janjinya dan membangun Masjid Ubudiah yang memiliki kubah berlapis emas.

7. Masjid Wazir Khan – Pakistan

dailytimes.com.pk

Terletak di salah satu jalan paling sibuk di Kote Lahore, Pakistan, pasti tak ada yang tak tahu Masjid Wazir Khan di negara Timur Tengah tersebut. Masjid yang sudah ada sejak abad 17 ini, menjadi landmark dari Kota Lahore.

Masjid Wazir Khan dihiasi dengan lukisan dan ubin fresco, baik di bagian dalam maupun luarnya. Tak hanya itu, dari lantai atas Masjid Wazir Khan, kamu bisa melihat titik pandang paling menakjubkan dari jantung Kota Lahore.

8. Masjid Nasir Al-Mulk – Iran

pinterest.com

Masjid Nasir Al-Mulk di Iran merupakan masjid tertua dan indah. Arsitekturnya yang unik dengan langit-langit melengkung bergaya Arab. 

Masjid Nasir Al-Mulk juga dikenal dengan Masjid Merah Muda. Hal ini disebabkan oleh warna ubin berwarna merah muda yang menghiasi hampir seluruh langit-langitnya.

Bukan hanya ubinnya yang membuat masjid ini terlihat cantik, kaca patri yang terpasang di hampir semua jendela memantulkan warna-warni cantik dari sinar matahari yang menerobos masuk.

9. Masjid Agung Sheikh Zayed – Abu Dhabi

headout.com

Bukan hanya terkenal dengan gaya hidup serba mewah, di Abu Dhabi juga terdapat masjid terindah di dunia bernama Masjid Agung Sheikh Zayed. Masjid megah dan mewah ini memiliki 82 kubah marmer putih yang bertahtakan permata semi mulia. 

Di bagian dalamnya terdapat tujuh lampu gantung yang terbuat dari kristal Swarovski dan berlapis emas 24 karat. Di bagian aula salat utamanya, kamu akan disambut dengan karpet terbesar di dunia yang lembut.

Dinding dan langit-langit bagian dalam Masjid Agung Sheikh Zayed terdapat pola bunga yang cukup rumit hasil karya ilustrator asal Inggris, Kevin Dean.

10. Masjid Agung Xi’an – Tiongkok

theislamicmonthly.com

Perpaduan dua gaya arsitektur tradisional Tiongkok dengan Islam, membuat Masjid Agung Xi’an menjadi sangat unik dan begitu khas. Masjid terbesar di Tiongkok ini terinspirasi dari gaya arsitektur khas Timur Tengah dan Persia, namun tetap mempertahankan gaya infrastruktur selama Dinasti Ming dan Qing.

11. Jama Masjid – India

wikimedia.org

Jama Masjid dibangun antara tahun 1.650 dan 1.656 oleh Kaisar Shah Jahan. Kemewahan arsitektur marmer dan batu pasir merah pada bangunan masjid ini mengingatkan dengan arsitekrur Moghul.

Selain megah, bangunan ini juga tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota Delhi. Ruangan untuk salat di dalam bangunan ini mampu menampung hingga 25.000 orang.

Di dalamnya juga terdapat lengkungan tulisan kaligrafi berbahasa Persia dan empat menara pengawas. 

12. Masjid Lala Mustafa Pasha – Cyprus

wikimedia.org

Melihat bangunan masjid terindah di dunia selanjutnya ini mungkin sedikit berbeda. Ya, Masjid Lala Mustafa Pasha memang mulanya merupakan Cathedral of Saint Nicholas. 

Namun, pada tahun 1571, bangunan ini akhirnya menjadi masjid. Arsitektur masjid tersebut sangat mencirikan arsitektur khas Timur Tengah.

Perancangnya adalah Frenchman Jean Langlois daru Prancis yang membangun masjid ini pada akhir abad ke 13. 

13. Masjid Raya Sultan Qaboos – Oman

worldarchitecture.org

Seperti namanya, Masjid Raya Sultan Qaboos merupakan masjid yang dibangun oleh Sultan Qaboos. Mulanya, ia ingin membangun tempat suci yang megah hingga mengadakan kompetisi untuk menentukan desainnya tahun 1992. 

Kemudian, masjid ini akhirnya diresmikan tahun 2001 sebagai perayaan 30 tahun Sultan menjabat. Landmark masjid tersebut ada pada lampu gantung yang mewah dengan penerangan yang terdiri dari 600.000 keping kristal. Bangunannya juga dihias dengan emas dan lebih dari 100 lampu. 

Itulah tadi 13 potret masjid terindah di dunia yang akan membuatmu takjub. Semoga kita diberi kesempatan sehingga dapat mengunjungi salah satu di antaranya, ya.

IDN Media Channels

Latest from Travel