Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Oleh-oleh Khas Bandung Favorit yang Wajib Kamu Beli

Cek rekomendasinya di sini, ya!

Nafi' Khoiriyah

Salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi wisatawan di Indonesia adalah Kota Bandung.

Bandung ialah ibu kota Jawa Barat yang dikenal dengan warganya yang ramah-ramah. Tak hanya itu saja, Kota Bandung juga memiliki beragam kuliner yang wajib kamu cicipi. 

Jika kamu pergi ke kota ini, satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Pasalnya, berwisata terasa kurang lengkap jika pulang tak membawa oleh-oleh. 

Jika kamu berencana berwisata ke Bandung, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh khas Bandung berikut ini, ya!

1. Peyeum Bandung

commons.wikimedia.org

Oleh-oleh khas Bandung yang benar-benar tidak boleh kamu lewatkan adalah Peyeum Bandung.

Peyeum dalam bahasa Indonesia artinya adalah tapai singkong. Seperti namanya, kuliner ini merupakan makanan dari singkong yang difermentasikan dengan ragi sampai terasa manis dan empuk. 

Kuliner ini bisa kamu makan sebagai camilan yang menghangatkan tubuh. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di toko pusat oleh-oleh khas Bandung atau pedagang kaki lima.

2. Pisang Bollen Kartika Sari

kartikasari.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Bandung selanjutnya adalah kue bolen pisang Kartika Sari. Toko kue ini sudah sangat melegenda karena dibuat dari resep turun-temurun sejak zaman kolonial Belanda. 

Mereka kini menjual berbagai jenis kue, mulai dari bolen, brownies, cake, sampai cookies. Namun, salah satu produk yang paling diincar wisatawan adalah bolen pisang. 

Mereka menyediakan 6 variasi bolen, mulai dari Pisang Bollen Keju Spesial seharga Rp57.500 sampai dengan Pisang Bollen Cokelat Keju besar seharga Rp80.000. 

Kalau kamu ingin membelinya, lokasi toko Kartika Sari di Bandung sudah ada 7 cabang. Salah satu cabangnya berada di Jalan Kebon Jukut No. 3 C, Bandung. 

3. Wajit Cililin

bandungmu.com

Kuliner tradisional yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Bandung selanjutnya adalah Wajit Cililin.

Wajit merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan, gula merah, dan kelapa yang dimasak menjadi satu lalu dibungkus dengan kelobot. Rasanya manis, legit, dan gurih sehingga cocok menjadi camilan. 

Kuliner ini dinamakan Wajit Cililin karena merupakan kuliner asal Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. 

Sama seperti Peyeum Bandung, kamu dapat dengan mudah menemukan kuliner ini di pusat toko oleh-oleh atau pedagang kaki lima.

4. Gepuk Nyonya Ong

instagram.com/gepuknyong

Bagi kamu yang pertama kali mengunjungi Kota Bandung, nama kuliner ini mungkin terasa asing. Gepuk adalah lauk yang terbuat dari daging sapi yang berbentuk pipih dan dibumbui dengan rasa gurih. 

Gepuk ini memiki kemiripan dengan empal. Salah satu gepuk legendaris di Bandung yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh adalah Gepuk Nyonya Ong. 

Kuliner ini kini menjadi incaran wisatawan karena sudah melegenda sejak tahun 1999. Lokasi toko ini sudah ada di beberapa lokasi, tetapi lokasi pusatnya berada di Jalan Dr. Djunjunan 155E, Bandung.

5. Kopi Aroma

kopiaroma.id

Membawa oleh-oleh makanan saja sepertinya kurang lengkap. Kamu perlu membeli oleh-oleh khas Bandung lainnya yang bisa menjadi minuman pendamping, yakni Kopi Aroma. 

Kopi ini merupakan bisnis keluarga yang sudah dirintis sejak tahun 1930. Berbeda dengan kopi lainnya, Kopi Aroma ini mempertahankan proses tradisional tanpa menggunakan bahan kimia. 

Produk yang mereka tawarkan ada dua macam, yakni Mokka Arabika dan Robusta. Namun, kamu bisa memilih bentuk kopinya, mulai dari roasted beans, fine grind, medium grind, atau coarse grind. 

Setiap 1/4 kilo kopi Mokka Arabika dibanderol dengan harga Rp40.000, sementara kopi Robusta Rp27.500. 

Toko kopi ini berada di Jalan Banceuy No. 51, Bandung. Jika kamu ke sana, maka kamu bisa membeli kopi sekaligus menikmati kopi terbaru yang telah selesai disangrai. 

6. Keripik Oncom

commons.wikimedia.org

Keripik oncom merupakan makanan khas Bandung yang terbuat dari oncom yang diiris tipis lalu digoreng dengan tepung yang telah dibumbui. Rasa keripik oncom kini semakin bervariasi, mulai dari asin, manis, sampai pedas. 

Jika kamu belum tahu apa itu oncom, oncom adalah produk fermentasi kedelai yang mirip dengan pengolahan tempe. 

Dikarenakan banyaknya produksi keripik oncom, kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh dengan harga yang terjangkau. Biasanya, satu kemasan keripik oncom dijual sekitar Rp15.000.

7. Tahu Susu Lembang

pergikuliner.com

Oleh-oleh khas Bandung selanjutnya adalah Tahu Susu Lembang. Berbeda dengan tahu biasanya, tahu ini jauh lebih enak rasanya karena kandungan susu sapi murni dan mentega di dalamnya. 

Tahu Susu Lembang juga menyediakan pusat oleh-oleh dan fasilitas berupa restoran yang membuatnya wajib dikunjungi. 

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh Tahu Susu Lembang, silakan datang ke Jalan Raya Lembang-Bandung No. 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Kamu bisa mendapatkan tahu goreng isi 10 seharga Rp10.000 atau tahu cetak isi 10 seharga Rp15.000.

8. Surabi Bandung

infobdg.com

Kalau kamu mengenal makanan khas Kota Solo yang bernama Serabi, maka kamu akan menemukan makanan yang mirip di Bandung bernama Surabi. 

Surabi di Bandung menjadi populer karena topping-nya yang sangat beragam dan kekinian. Tak heran jika kuliner ini banyak digemari berbagai kalangan.

Bahan dasar pembuatan makanan ini adalah tepung beras. Berbeda dengan serabi Solo yang manis, Surabi Bandung memiliki dua varian rasa yakni asin dan manis. 

Surabi Bandung yang asin itulah yang menjadi khas dari Kota Bandung. Biasanya, topping yang ditambahkan adalah oncom, abon, dan telur. 

Kalau kamu tertarik untuk membeli oleh oleh ini, kamu bisa datang  ke lokasi Surabi Imut di Jalan Setiabudhi No. 194, Cidadap, Kota Bandung atau datang ke Surabi Cihapit di Jalan Cihapit No.36, Bandung Wetan, Kota Bandung. 

9. Tas dan sepatu Cibaduyut

pinterest.com

Destinasi oleh-oleh yang satu ini sudah dikenal banyak orang. Cibaduyut merupakan daerah pusat kerajinan tas dan sepatu yang sangat terkenal di Jawa Barat. 

Di Cibaduyut, kamu bisa menemukan deretan toko yang menjual berbagai barang khususnya tas dan sepatu. Namun, kamu juga bisa menemukan barang lainnya seperti dompet, ikat pinggang, dan lain sebagainya. 

Alasan mengapa kamu perlu membeli barang di Cibaduyut adalah karena harganya yang begitu terjangkau. Kamu bisa membeli sepatu atau tas mulai dari puluhan ribu saja. 

Jika kamu ingin berkunjung ke sana, silakan datang ke Jalan Cibaduyut Raya No.7, Kb. Lega, Bojongloa Kidul, Kota Bandung.

10. Alat musik angklung

pinterest.com

Terakhir, jika kamu ingin oleh-oleh yang unik dan berbeda dari biasanya, maka oleh-oleh khas Bandung berupa alat musik angklung ini bisa kamu pilih. 

Pasalnya, selain dijuluki sebagai Kota Kembang, Bandung kini juga disebut sebagai Kota Angklung.

Oleh karena itu, kamu bisa mengenal alat musik ini lebih jauh dengan membeli dan mendatangi pusat wisata angklung di Bandung. Salah satu wisata dan edukasi angklung yang paling dikenal adalah Saung Angklung Udjo. 

Di sana, kamu bisa menyaksikan pertunjukan dan mencari oleh-oleh dari pusat kerajinan bambunya secara langsung. 

Itulah 10 oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu beli saat berlibur ke sana. Mulai dari makanan, aksesori, sampai alat musik bisa kamu bawakan untuk oleh-oleh keluarga di rumah. 

Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel