Majalengka merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Barat. Selain tempat wisata alam yang indah, Majalengka juga memiliki segudang makanan khas yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh Lebaran di saat mudik. 

Bahkan, banyak masyarakat yang belum mengetahui kuliner khas kota ini. Nah, jika kalian siap untuk berburu oleh-oleh untuk sanak family  di kampung halaman, berikut rekomendasi yang sudah dihimpun IDN Times. 

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Majalengka. Jangan lupa mampir ke Majalengka sebelum menuju kampung halaman.

1. Jalakotek

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikDeskgram.net

Jalakotek merupakan cemilan khas Majalengka berbahan dasar aci dan tahu yang sudah dibumbui. Makanan ini mirip dengan kue pastel dan paling nikmat disantap jika masih keadaan hangat, ditemani dengan minuman es teh manis. Bagaimana penasaran kan dengan uniknya nama makanan tersebut dan rasanya?

Kecamatan Maja merupakan daerah yang terkenal penghasil Jalakotek yang lezat. Sebarannya pun merata mulai dari Desa Paniis, Maja Utara, Maja Selatan hingga Desa Pasanggrahan.

2. Mangga Gedong Gincu

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikIDNTimes/Andra Adyatama

Mangga gedong gincu ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Dengan rasanya yang manis segar dan bentuk serta warnanya yang menggemaskan, mangga gedong gincu ini telah menjadi industri di Kabupaten Majalengka.

Mangga gedong gincu merupakan salah satu ikon Majalengka selain kecap. Buah ini juga sudah diekspor ke berbagai negara seperti Arab Saudi, Jepang, Korea dan lain sebagainya. Tidak sulit untuk menemukan penjual mangga gedong gincu.

Di Majalengka anda bisa mendapatkan di pinggir jalan karena cukup banyak penjualnya. Kecamatan Panyingkiran, Kadipaten, Ligung, dan Jatitujuh merupakan sentra penghasil mangga gedong gincu.

3. Oncom Goreng

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikDok. Internet

Oncom goreng khas Majalengka berbeda dengan oncom goreng yang dijual di Bandung. Apabila oncom goreng Bandung bentuknya besar dan dilapisi dengan terigu, sementara yang di Majalengka bentuknya lebih kecil dan memakai bumbu serta bawang goreng. Oncom goreng ini enak dinikmati sebagai pendamping mi ayam atau bakso. Cukup mudah untuk menemukan oncom goreng ini karena dijual di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh.

Sesuai namanya yang terbuat dari oncom. Oncom bentuknya seperti tempe tapi berwarna merah kejinggaan karena terbuat dari kacang tanah dan di fermentasi oleh bakteri yang berbeda dengan bakteri pada tempe. Oncom goreng ini rasanya enak dan gurih. Cocok dijadikan camilan atau lauk untuk makan.

Oncom goreng ini juga bisa jadi andalan untuk dibawa sebagai oleh oleh di rantauan dan menjadi menu favorit banyak orang. Oncom goreng ini banyak di jual di pasar tradisional, pusat oleh-oleh, dan supermarket di Majalengka. 

4. Kecap Majalengka

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikIDNTimes/Andra Adyatama

Kecap Majalengka ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang manis dan gurih, daerah tersebut juga menjadikannya sebagai ikon selain mangga gedong gincu.

Dengan banyaknya berbagai merek, kecap ini cukup melegenda hingga saat ini. Kecap Majalengka bisa di temukan di pasar tradisional di daerahnya dan juga di toko oleh-oleh. Kecamatan Cigasong merupakan sentra penghasil kecap di Majalengka.

5. Ampas Kecap

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikDok. Internet

Makanan ini terbuat dari sisa kacang kedelai sisa hasil pemrosesan pembuatan kecap. Warnanya hitam dan rasanya gurih, makanan ini nikmat dikonsumsi pada siang hari.

Banyak warung makan sunda yang menyediakan lauk ampas kecap ini, karena makanan ini merupakan salah satu makanan yang favorit.

6. Gula Cakar

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikDok. Internet

Kalau kecapnya saja luar biasa, gulanya pun begitu. Gula cakar pas banget jadi oleh-oleh khas Majalengka soalnya kalian hanya akan menemukannya di kota angin ini. Gula cakar berwarna merah muda dengan bentuk persegi yang berukuran 3 x 4 cm.

Gula ini merupakan hasil dari pencampuran gula putih dengan soda. Biasanya sih dipakai untuk membuat teh dan seduhan kopi karena gula ini mudah sekali larut dalam air.

Gula cakar pada umumnya sama dengan gula lainnya. Perbedaannya gula cakar ini berbentuk kotak yang ukurannya cukup besar dan berwarna pink. Gula ini biasa dihidangkan untuk minuman kopi dan teh. Gula cakar terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan soda agar dapat mengembang.

7. Tutut

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikDok. Internet

Tutut adalah sejenis keong yang memiliki ukuran kecil, tutut dimakan sebagai lauk, tapi tidak sedikit juga yang memakannya sebagai pencuci mulut karena dimasak dengan rempah-rempah untuk mengakhiri makanan.

Masakan ini juga termasuk kedalam makanan khas Majalengka dan keberadaan makanan ini sudah sangat populer.

8. Kalua Jeruk

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikJapanesian

Mungkin pembaca merasa awam dengan kalua jeruk. Kalua jeruk merupakan manisan yang terbuat dari daging kulit jeruk bali biasanya dengan gula kawung atau gula merah, tapi sekarang banyak juga yang dibuat dengan gula pasir.

Rasanya enak dan manis, teksturnya keras diluar dan lembut didalam. Dulu jaman saya kecil, manisan ini banyak di jual di toko kue di pasar tradisional, tapi sekarang sudah agak susah dicarinya, saya saja kalo ingin makan kalua jeruk harus pesan di daerah Malausma yang masih eksis memproduksi kalua jeruk.

9. Buah Duwet

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikCerpen.co.id

Kalo kalian mengunjungi Majalengka, jangan lupa coba buah yang satu ini. Akan lebih nikmat kalo makan buah ini ketika baru dipetik dari pohonnya.

Duwet atau yang dikenal dengan buah jamblang ini bisa digunakan sebagai pencegah kolesterol dan obat diabetes lho.

Nggak akan rugi deh pulang dari Majalengka dapet mojang-jajaka manis dan nggak usah khawatir diabetes, kan udah dicegah diabetesnya dengan buah jamblang ini.

10. Rempeyek Palasah

10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-Oleh Lebaran Saat MudikDok. Internet

Sudah kebiasaan kita orang sunda selalu makanan rempeyek atau gorengan yang begitu renyah dengan komposisi yang pas bumbu-bumbunya, punya resep khas dan turun - temurun membuat lidah kita semakin asyik dan ketagihan dengan rempeyek ini. 

Sesuai namanya rampeyek Palasah, Kecamatan Palasah adalah penghasil rampeyek yang cukup terkenal di kabupaten Majalengka.

Itulah 10 oleh-oleh makanan khas Majalengka yang dapat kamu coba bila mengunjungi daerah tersebut.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "10 Makanan Khas Majalengka Cocok untuk Oleh-oleh Lebaran Saat Mudik"

Baca Juga: 10 Makanan Khas Banten yang Paling Bikin Ngiler, Wajib Coba!

Baca Juga: Makanan Khas Banyuwangi yang Harus Kamu Coba

Baca Juga: 6 Makanan Khas Semarang yang Unik dan Wajib Kamu Cicipi