Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Digandrungi Turis, Ini 9 Kampus Elit Langganan Shooting Drama Korea

Ada kampus Jin BTS juga, lho!

Audia Natasha Putri

Selain menawarkan jalan cerita yang seru dan bertabur aktor yang menyejukkan mata, lokasi pengambilan gambar drama Korea juga turut berperan sentral sebagai latar cerita. Apalagi jika drakor tersebut bertemakan kehidupan sekolah atau kuliah, di mana mayoritas lokasi shooting berada di kampus prestisius di Negeri Ginseng tersebut.

Hal ini tentu menarik perhatian para pencinta drakor dalam melihat gambaran bagaimana sistem dan fasilitas kampus di Korea Selatan berlangsung.

Secara nggak langsung, kampus-kampus ini menjadi bidikan para pelajar di seluruh dunia yang ingin menempuh akademik di Korea Selatan. Bahkan tak jarang, lokasi shooting drakor dengan berlatar kampus menjadi destinasi pilihan wisatawan saat berlibur ke Korea Selatan.
Lantas, mana saja kampus yang sering dijadikan lokasi shooting drakor?

1. Yosei University

Yonsei.ac.kr

Yosei University tak hanya menjadi salah satu universitas swasta tersohor di Korea Selatan. Tetapi juga sering kali menjadi lokasi syuting rentetan drakor ternama, seperti True Beauty, Extraordinary You, When My Love Blooms, Romance is A Bonus Book, Age of Youth 1 dan 2.

Dengan kualitas pendidikan serta akreditasi jurusan yang baik, maka sebuah kebanggan bagi para pelajar Korea Selatan jika dapat berkuliah di sana. Didirikan pada tahun 1957, seleksi masuk Yonsei University terbilang sangat sulit dan hanya dapat ditempuh oleh orang-orang yang mempunyai niat belajar yang gigih.

2. Keimyung University

Koreadramaland.com

Jajaran kampus ternama yang sering menjadi latar drama Korea selanjutnya adalah Keimyung University. Berkat arsitektur gedungnya yang apik dan luas, Keimyung University kerap menjadi lokasi langganan shooting drakor. Bahkan jika dihitung, ada hampir 100 judul film dan drama Korea berlatar belakang di kampus ini. Mulai dari Love Rain, Boys Over Flowers, hingga King 2 Hearts.

Terletak di bilangan Daegu, Keimyung University pertama kali dibangun pada tahun 1954 oleh seorang misionaris Amerika Serikat Edward Adams dan Pendeta Choi Jaehwa dan Kang Ingu, dua pemimpin Gereja Presbiterian setempat.

3. Ewha Womans University

Divisare.com

Sesuai namanya, Ewha Womans University adalah universitas swasta khusus perempuan terbesar di Korea Selatan. Kata “Womans” memiliki filosofi bahwa setiap perempuan layak dalam mendapatkan pendidikan.

Ewha Womans University juga menjadi lokasi shooting drakor Love Alarm dan Winter Sonata. Kampus ini juga sering menjadi spot foto Instagramable favorit para wisatawan lantaran bangunannya yang megah, berpadu dengan desain interiornya yang modern.

4. University of Ulsan

Wikidata.com

Drakor Nevertheless yang rilis pada 2021 ini sukses menarik atensi para pencinta drakor lewat kisah romansa antara Jae Eon dan Na Bi yang penuh lika-liku. Drama yang dibintangi Song Kang sering menampilkan adegan di dalam ruang seni yang memukau.

Menariknya, pemilihan lokasi shooting adegan tersebut bukan dilakukan di studio seni, melainkan bertempat di University of Ulsan. Pemeran Na Bi, Han So Hee juga merupakan alumni dari jurusan seni University of Ulsan.

5. Konkuk University

Dream Study Aboard

Konkuk University merupakan universitas elit di Korea Selatan yang melahirkan para artis ternama Korea. Menurut beberapa sumber, idol ternama seperti Jin BTS, Minho Shinee, Lee Jong Suk, Lee Minho, dan Bae Doona diketahui menempuh pendidikan di Konkuk University.

Deretan lokasi shooting drama Korea yang berlatar belakang Konkuk University di antaranya adalah dari Tale of the Nine Tailed, My ID is Gangnam Beauty, While You Were Sleeping, Strongest Deliveryman, Goblin, Chicago Typewriter.

6. Seoul National University (SNU)

En.snu.ac.kr

Seoul National University (SNU) adalah universitas nomor satu di Korea Selatan yang dilengkapi fasilitas pendidikan terbaik. Seoul National University (SNU) menawarkan ratusan program sarjana, pascasarjana, dan PhD.

Sebagai universitas paling tersohor di Korea, SNU memiliki ujian seleksi yang sulit dengan tingkat persaingan yang ketat. Apalagi SNU memiliki jaringan komunitas yang kuat antar alumni dan mahasiswa. Sehingga jaringan ini memudahkan lulusan SNU memperoleh karier yang cemerlang alumni ke epannya.

SNU sering digunakan sebagai lokasi shooting drakor seperti Stars Lover hingga variety show 2 Day 1 Night.

7. Sungkyunkwan University (SKKU)

Easyuni.com

Kampus elit yang sering menjadi lokasi syuting drakor selanjutnya adalah Sungkyunkwan University. Universitas ini masuk dalam instansi pendidikan tertua di Korea Selatan yang telah berdiri sejak era Dinasti Joseon. Beberapa selebriti ternama telah menjadi alumni universitas terbaik ketiga di Korea Selatan tersebut, seperti Song Joong Ki, Cha Eun Woo, dan Krystal Jung.

8. Sungshin Women’s University (Woonjung Green Campus)

Koreatimes.com

Kampus yang berlokasi di Donam-dong, Seoul ini terkenal akan eksterior gedungnya yang didominasi dengan kaca. Pada impresi pertama, universitas ini terlihat seperti area perkantoran yang mewah. Tak heran, Sungsuin Women's University sering menjadi pilihan sebagai lokasi shooting drakor berlatar belakang kantor maupun rumah sakit. Beberapa drama Korea populer seperti Tale of the Nine Tailed, Itaewon Class, More Than Friends, pun pernaj melakukan pengambilan gambar di kampus tersebut.

9. Duksung Women’s University

Reddit.com

Umumnya, kampus menjadi lokasi untuk shooting drakor bertemakan kehidupan sekolah atau kampus. Tetapi pengecualian bagi Duksung Women's University yang sering dimanfaatkan sebagai latar bagi drakor bertemakan waktu zaman lawas. Dengan eksteriornya yang bergaya kuno, kampus ini menjadi lokasi drama Korea hits, seperti Goblin, Go Back Couple hingga When My Love Blooms.

Tak hanya itu saja, interior ruangannya yang bergaya klasik menjadi latar beberapa adegan drakor. Salah satunya adalah drakor Goblin yang banyak menyorot bagian perpustakaan.

Tertarik untuk melanjutkan studi di kampus di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel