Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Banyak Hutan, Rekomendasi 9 Wisata Alam Depok

Ada kebun belimbing hingga hutan kota

Audia Natasha Putri

Depok tak hanya terkenal akan Universitas Indonesia yang prestisius, tetapi juga nuansa alamnya yang indah dan menyejukkan. Bagi kamu yang belum tahu, banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Depok, seperti berolahraga, menikmati alam yang rimbun dengan pepohonan hijau, berolahraga atau sekadar jalan-jalan santai.

Bagi kamu yang berencana ingin jalan-jalan ke Depok, Popbela akan memberikan daftar tempat wisata alam yang worth it banget buat dikunjungin. Apa saja, sih? Simak ya!

1. Taman Widya Mandala Krida Bakti Pramuka

Pinhome

Daftar wisata alam Depok yang harus kamu coba adalah Taman Widya Mandala Krida Bakti Pramuka atau disingkat Wiladatika terletak di Jalan Jambore No. 1, Harjamukti, Cimanggis, Depok.

Persis namanya, taman ini sering dimanfaatkan pihak sekolah berbagai tingkatan untuk kegiatan pramuka, seperti berkemah, kumpul ekskul, atau latihan rutin setiap minggunya.

Bagi kamu yang sedang penat, tempat menawarkan pemandangan sejuk nan hijau, cocok untuk berolahraga atau berjalan santai sambil menikmati alam. Jika puas berjalan-jalan, tak ada salahnya mampir untuk berenang di kolam renang Taman Wiladatika.
Taman ini buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup ekonomis, yaitu Rp10 ribu per orang.

2. Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI

Mengutip laman resmi Studio Alam TVRI, wisata alam ini dulunya sering digunakan sebagai tempat produksi program televisi. Sekarang, tempat ini disulap menjadi lokasi favorit masyarakat untuk menggelar pernikahan, wisata alam, bahkan meeting perusahaan.

Berlokasi di Jalan Studio Alam TVRI, Sukmajaya, Depok, taman ini menjajakan macam wahana yang dapat dinikmati seperti taman kelinci dan bukit pinus yang sejuk.

Tempat ini buka setiap hari kecuali hari Senin mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp5 ribu per orang.

3. Godongijo

Godongijo.com

Selain memanjakan mata akan pemandangan hijau yang menyegarkan, kamu juga bisa memperluas cakrawala pengetahuanmu di Godongijo. Di sana, kamu bisa menikmati alam sambil belajar mengenal berbagai jenis tanaman, dari tanaman obat, rempah, hingga yang langka.

Kamu pun bisa refreshing sejenak lewat aktivitas yang seru di sini misalnya memancing, bercocok tanam, dan menyaksikan satwa langka.

Berlokasi di Jalan Cinangka Raya KM 10 No. 60, Serua, Bojongsari, Depok, Godongijo buka pukul 09.00-20.00 WIB dengan harga tiket mulai dari Rp60 ribu.

4. Situ Cilodong

Mytrip123

Wisata alam tak melulu taman hijau dengan pemandangan alam saja, ada pula wisata air yang memukau. Situ Cilodong namanya. Cukup populer digandrungi warga, tempat ini menjadi pilihan pas untuk rekreasi atau bersantai sambil menikmati sunset indah di sore hari.

Beberapa aktivitas seru bisa kamu nikmati di sana. Misalnya menikmati pemandangan danau, berolahraga, mengendarai sepeda bebek, atau sekadar wisata kuliner di sekitar Situ Cilodong.

Berlokasi di Jalan Abdul Gani, Kalibaru, Cilodong, Depok, tempat ini terbuka untuk umum dan dapat kamu kunjungi kapan saja.

5. Taman Raya Hutan Depok

Wikipedia

Ingin merasakan suasana hutan yang asri dan rimbun? Taman Hutan Raya Depok bisa menjadi pilihan yang tepat.

Cagar alam tertua di Indonesia ini beralamat di Jalan Pancoran Mas, Depok. Di sana, kamu bisa berkeliling santai sambil menikmati hamparan pohon hijau yang seluas 7,1 hektar.

6. Agrowisata Belimbing Dewa

Republikwisata.com

Kota Depok terkenal sebagai Kota Belimbing, bahkan belimbing menjadi maskot kota tersebut. Maka, tak ada salahnya mampir ke Agrowisata Belimbing Dewa ketika kamu mengunjungi Sawangan, Depok.

Di sana, kamu bisa mendapat pengalaman ekslusif memetik buah belimbing segar dan memakannya langsung dari pohonnya. Kamu pun bisa membawa buah belimbing segar ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Jangan lupa juga untuk mencicipi hasil olahan belimbing, seperti manisan belimbing dan asinan belimbing yang menyegarkan. Yummy!

7. Situ Pengasinan

Depokrayanews.com

Situ Pengasinan menjadi tempat wisata alam primadona  dan menjadi spot favorit untuk memancing bagi warga Depok.

Selain memancing, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya, seperti berolahraga, naik kereta api mini dan sepeda mini, serta menjajal aneka street food di area sekitarnya.

Tempat ini buka pukul 07.00-18.00 WIB dan dapat diakses secara gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja.

8. Hutan Kota UI

Goodside.id

Universitas Indonesia atau disingkat UI, menjadi universitas idola semua orang karena kualitas pendidikan serta akreditasinya yang baik. Di samping itu, UI juga mempunyai hamparan ruang terbuka hijau dengan pepohonan hijau dengan luas 90 hektar. Mengutip situs resmi Universitas Indonesia, hutan kota ini terdiri dari beragam pepohonan sepertii jati, meranti, karet, matoa yang membentangi antara Depok dan Jakarta Selatan.

Lokasinya yang strategis dan dapat diakses dengan kendaraan umum menjadikan hutan kota UI menjadi tempat favorit warga Depok untuk menghabiskan waktu dengan bermacam kegiatan. Misalnya jogging santai, jalan-jalan menikmati suasana, memancing di danau, bahkan bersepeda di trek khusus.

9. Situ Rawa Kalong

Detik Travel

Bagi kamu yang hobi jalan-jalan, Situ Rawa Kalong bisa menjadi alternatif untuk liburan.

Di sana, terdapat panggung apung dengan spot foto menarik yang sering dimanfaatkan pengunjung untuk narsis berswafoto. Pengunjung juga dimanjakan akan dinding besar yang berhiaskan mural cantik nan colorful dan tentunya cocok sebagai latar berfoto.

Tempatnya yang tertata rapi dan mudah diakses transportasi umum menjadi alasan lain mengapa situ ini ramai dikunjungi. Setelah "kenyang" beraktivitas, kamu pun bisa berwisata kuliner sambil mengisi perut dan menikmati pemandangan situ Rawa Kalong yang memukau.

Nah, itulah deretan wisata alam Depok yang bisa menjadi pilihan untuk liburan atau menghabiskan waktu di kala penat. Mana yang ingin kamu kunjungi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel