Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Wisata Alam di Jabodetabek yang Menyegarkan!

Nggak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk healing, nih!

Audia Natasha Putri

Di balik hiruk pikuk Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) akan kepadatan penduduknya, ternyata menyimpan wistaa alam dengan panorama memukau. Mulai dari danau, taman, hutan, bahkan air terjun dengan beragam keunikannya.

Bagi kamu yang berencana berlibur di akhir pekan, mengunjungi wisata alam Jabodetabek bisa menjadi opsi untuk melupakan kepenatan dan riuhnya aktivitas ibu kota. Selain menghemat waktu dengan akses mudah dan jarak tempuh yang dekat, kamu juga bisa mengeksplorasi lebih dalam seluk beluk wisata alam spektakuler Jabodetabek yang tak banyak orang tahu.

Kali ini Popbela akan memberikan daftar destinasi wisata alam di Jabodetabek yang bisa menjadi inspirasi liburanmu. Yuk, scroll terus!

1. Curug Leuwi Hejo

Panduanwisata.id

Berlokasi di Desa Leuwikarer, Kabupaten Bogor, Curug Leuwi Hejo menawarkan pemandangan air terjun eksotis yang dapat menyegarkan jiwa dan raga. Bagi kamu yang hobi berenang, curug ini bisa menjadi pilihan. Mengapa? Karena air yang sejuk dan jernih serta bebas polusi dari curug ini menjadi daya jual yang memikat. Dengan kedalaman kolam hingga 5-7 meter, air terjun ini juga menjadi lokasi free diving banyak wisatawan.

Untuk menggapainya, kamu harus trekking sejauh kira-kira dua kilometer.

2. Taman Waduk Pluit

Backpacker Jakarta

Jakarta Utara tak hanya terkenal akan keindahan pantai dan sumber daya lautnya saja, tetapi juga destinasi wisata alam yang memukau. Meluncur ke Pluit, ada Taman Waduk Pluit yang menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk refreshing sekaligus berolahraga.

Kamu bisa bersantai menikmati pemandangan Waduk Pluit yang luas dengan air jernih. Bahkan kamu bisa menikmati panorama sunset yang indah di sore hari. Di sana juga terdapat fasilitas olahraga yang dapat dinikmati secara gratis, mulai lintasan jogging, outdoor gym, dan lapangan basket.

3. Setu Babakan

Native Indonesia

Banyak orang mengira Setu Babakan berlokasi di Depok, Jawa Barat. Padahal cagar budaya satu ini berlokasi di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setu Babakan adalah cagar budaya Betawi seluas 165 hektar terdiri dari perkampungan dengan seluruh lapisan masyarakat, kebun rakyat, dan danau luas yang apik.

Danau luas ini kerap dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan wisata air, antara lain naik sepeda air, naik kano, memancing, bahkan perahu bebek. Setu Babakan menjadi destinasi wisata ramah keluarga dan anak.

4. Telaga Biru Cisoka

Dinas Pariwisata Provinsi Banten

Nggak perlu jauh-jauh ke Majalengka untuk menikmati cantiknya wisata telaga biru. Kamu bisa mengunjungi Telaga Biru Cisoka yang bertempat di Jalan Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Di sana kamu bisa mengelilingi birunya danau dengan air yang jernih dan biru sambil menaiki perahu. Dijamin deh, kepenatan dan stres kamu bakal berkurang jika mengunjungi wisata alam ini.

Tempat ini beroperasi setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp5.000 per orang.

5. Air Terjun Bidadari

Dakatour.com

Dulunya, air terjun ini bernama Curug Bojong Koneng lantaran lokasinya yang sangat tersembunyi dan jarang diketahui banyak orang. Demi memajukan tempat wisata alam di Sentul, maka air terjun ini berubah nama menjadi Air Terjun Bidadari. Lokasinya berada di Sentul Paradise Park, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk bisa mengakses air terjun ini, kamu perlu berjalan sejauh 700 meter setelah masuk melalui gerbang utama.

Tempat ini beroperasi setiap hari dari pukul 06.00-17.00 WIB dengan tarif masuk mulai Rp25.000 pada hari hari biasa dan mulai Rp30.000 pada hari libur-tanggal merah.

6. Tebing Koja

Asrinesia.com

Tempatnya yang luas dan dikelilingi tebing serta bebatuan bak habitat dinosaurus membuat Tebing Koja menjadi tempat favorit pecinta alam. Tebing Koja berlokasi di Desa Cireundeu, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten.

Menariknya, warga lokal menamai destinasi wisata ini dengan Kandang Godzilla. Sesampainya di sana, kamu akan terhipnotis akan eloknya panorana tebing serta jernihnya sungai. Kamu pun bisa menelusuri sungai tersebut dengan menyewa perahu yang tersedia.

7. Curug Parigi

Travelpromo.com

Kota Bekasi sering menjadi dolanan masyarakat karena banyak hal absurd yang terjadi di sana. Namun, di sana jugalah terdapat wisata alam spektakuler yang tak banyak orang tahu. Salah satunya Curug Parigi yang berbatasan dengan Bogor dan Bekasi. Persisnya, terletak di Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi.

Mengutip dari direktoripariwisata.id, dulunya curug ini menjadi lokasi penambangan batu. Dengan berlalunya zaman, penambangan ini bertransformasi menjadi Curug Parigi dengan pemandangan air terjun yang menambah keasriannya.

Kamu bisa bersenang-senang di curug ini akan panorama air terjun yang memukau. Agar menjadi kenangan, kamu bisa menjepret kamera dengan latar belakang air terjun tersebut.

Demikian deretan wisata alam Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi. Kamu ingin eksplorasi ke mana dulu nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel