Semenjak pandemi, pamor air terjun—atau dalam bahasa Sunda disebut curug—di kawasan Sentul mendadak naik. Pasalnya, wisata alam tersebut adalah lokasi terdekat dari Ibu Kota yang bisa menjadi pilihan tempat hiburan yang jauh dari kerumunan banyak orang. Jika curugnya sedang ramai, bisa pindah ke curug lain yang lebih sepi.

Jika ingin berkunjung ke wisata alam yang berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor ini, dari beberapa curug yang tersedia, ini lima rekomendasi curug yang menyajikan kolam air (Leuwi) jernih dengan bebatuan indah, sehingga memberikan pesonanya tersendiri.

1. Curug Leuwi Barong

Selain Leuwi Hejo, 5 Curug Ini Juga Tak Kalah Indah dan Menyegarkan popbela.com/AyuUtami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Meskipun Leuwi ini kecil, namun bebatuan putih besar dan air terjun yang seperti perosotan, membuat kolam air ini terlihat sangat cerah, indah dan semakin memperjelas kejernihan airnya, Bela! Banyak sudut yang bisa kamu abadikan menjadi foto cantik di sini.

2. Curug Leuwi Lieuk

Selain Leuwi Hejo, 5 Curug Ini Juga Tak Kalah Indah dan Menyegarkan popbela.com/AyuUtami

Cukup menanjak ke atas sekitar tiga kilometer, kamu akan menemukan Curug Leuwi Lieuk, dengan air yang cukup tenang karena air terjunnya sedikit tersembunyi di belokkan bebatuan. Di sini kamu juga melakukan cliff jumping, alias melompat dari bebatuan, Bela! Seru, ya!

3. Curug Leuwi Cepet

Selain Leuwi Hejo, 5 Curug Ini Juga Tak Kalah Indah dan Menyegarkan popbela.com/AyuUtami

Turun ke bawah sedikit, ada Curug Cepet. Aliran air yang diapit oleh dua tebing tidak terlalu tinggi, serta bias sinar matahari yang terselip di antara bayang pepohonan, menambah keindahan curug ini. Belum lagi undakan bebatuan seperti tangga yang membuat spot foto banyak sekali di sini. Duh, segar sekali!

4. Curug Putri Kencana

Selain Leuwi Hejo, 5 Curug Ini Juga Tak Kalah Indah dan Menyegarkan Instagram.com/Kalaimagall

Pesona Curug Putri Kencana tidak lepas dari kisah legendaris dari warga sekitar, tentang penampakan perempuan cantik seperti putri dengan kereta kencananya, di malam Jumat. Meski ada kisah mistis melekat, namun tidak membuat pengunjung enggan ke sini. Justru, kerap menjadi tempat wisata yang ramai karena air terjun yang indah dengan penampakan jembatan yang menjadi pemanis.

5. Curug Leuwi Hordeng

Selain Leuwi Hejo, 5 Curug Ini Juga Tak Kalah Indah dan Menyegarkan Instagram.com/syaikhab

Curug ini ditempuh dengan berjalan kaki atau trekking selama 30 hingga 40 menit dari gerbang masuk. Curug Hordeng merupakan air terjun yang paling aman untuk dijadikan tempat berenang. Kondisi airnya yang bersih dan jernih dengan kedalaman sekitar satu hingga dua meter—tergantung debit air, membuat kamuvbisa berenang hingga menyelam di sini. Tapi, tetap jaga keselamatan dengan tidak terlalu dekat dengan air terjun, ya, Bela.

Tips berkunjung ke curug kawasan Leuwi Hejo:

Selain Leuwi Hejo, 5 Curug Ini Juga Tak Kalah Indah dan Menyegarkan popbela.com/AyuUtami
  • Jika ini kunjungan pertamamu, lebih baik gunakan jasa tur setempat yang dikelola secara profesional, dengan pemandu yang juga profesional dan tahu medan. Kamu bisa menemukan penyedia jasa tersebut di media sosial maupun rekomendasi dari teman-teman yang sudah menggunakan jasa mereka ya, Bela.
  • Gunakan sepatu gunung untuk hiking dan trekking, atau sandal gunung jika kamu berencana akan berenang dan menyebrangi curug. Pilih busana yang nyaman untuk kondisi basah maupun cuaca terik.
  • Siapkan baju ganti, karena di beberapa titik curug, tersedia warung kecil yang memiliki kamar mandi maupun menjual makanan dan minuman ringan, hingga menjual sandal jepit dan menyewakan pelampung.
  • Datang tepat waktu sesuai arahan pemandu yang kamu pilih. Hal ini berkaitan dengan kondisi cuaca yang semakin siang makan akan semakin panas. Tidak mau, kan, kamu terengah-engah saat hiking karena panas gara-gara kesiangan?
  • Berlaku sopan dan tidak membuang sampah sembarangan akan membuat lingkungan curug tetap nyaman dan indah—tidak hanya buat kamu, namun juga kerabatmu dan orang lain yang berkunjung di waktu lain.

Itulah lima curug indah yang bisa kamu kunjungi di Sentul, selain Leuwi Hejo. Semoga dengan tips dari Popbela, bisa membuat perjalananmu berkesan, ya, Bela!

Baca Juga: Deretan Curug di Bogor yang Belum Diketahui Banyak Orang

Baca Juga: Jalan-Jalan Hemat, Ini 8 Tempat Wisata Gratis di Semarang

Baca Juga: Ini 7 Alasan Mengapa Krui Sama Menyenangkannya dengan Bali