Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Jitu Liburan Hemat dengan Low-Budget

Liburan hemat itu bisa, kok!

Audia Natasha Putri

Rasanya kurang afdol kalau setelah bekerja ataupun sekolah dan kuliah tanpa ditutup dengan liburan. Selain melepas penat setelah lelah bekerja atau bersekolah dan kuliah, liburnan juga bisa menambah pengalaman baru, berkenalan dengan orang banyak dan menurunkan risiko depresi.

Namun, sayangnya banyak orang yang enggan libur ke tempat wisata idaman karena takut dompet jebol. Memang untuk pergi berlibur, banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti budget, akomodasi, transportasi, dan biaya tiket pesawat. Nah, Bela kini tak perlu khawatir untuk bisa menikmati liburan ke tempat idaman tanpa khawatir dompet menipis. Berikut 5 tips jitu liburan hemat dengan low-budget!

1. Melakukan budgeting

Pexels.com/Karolina Grabowska

Sebelum pergi liburan ke tempat idaman, sebaiknya melakukan pencatatan budgeting dan membuat list apa saja yang dibutuhkan ketika liburan nanti. Misalnya saja menghitung biaya akomodasi, biaya transportasi, bahkan biaya oleh-oleh. Hal ini agar kalian dapat mengontrol pengeluaran kalian dengan budget yang kalian miliki.

Saat menghitung pengeluaran untuk liburan, alangkah baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya riset mengenai harga tiket tempat wisata, transportasi, dan harga oleh-oleh agar kalian bisa menentukan berapa besar budget kalian yang akan dikeluarkan.

2. Membeli oleh-oleh secukupnya

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Meski terlihat sepele, ternyata membeli oleh-oleh bisa memakan banyak biaya, Bela! Oleh karena itu, bijaklah dalam membeli oleh-oleh agar dompet tidak jebol.

Sebelum menentukan beli oleh-oleh, Bela bisa melakukan riset dahulu mengenai pusat oleh-oleh termurah di destinasi wisata tujuan. Kalian juga bisa menghemat anggaran oleh-oleh dengan membeli snack dengan porsi banyak untuk dimakan bersama keluarga atau teman di rumah. 

Kalian juga bisa menyesuaikan budget yang kalian miliki dengan oleh-oleh yang dibeli. Catat juga berapa jumlah dan orang-orang yang akan diberikan oleh-oleh agar bisa menyesuaikan dengan budget.

3. Memilih liburan pada weekdays

vogue.com

Liburan pada weekend atau tanggal merah sangatlah tidak disarankan bagi yang ingin liburan low-budget. Selain ramai, liburan di waktu libur sangat merepotkan karena jalanan bisa sangat macet. Semua orang akan berbondong-bondong pergi berlibur mengunjungi tempat wisata.

Tak hanya padat, harga tiket transportasi dan akomodasi pada weekend atau tanggal merah tentu saja lebih mahal daripada weekdays.

Selain itu, suasana liburan pada weekdays tidak terlalu ramai. Bahkan banyak orang memilih mengambil cuti libur kerja mereka agar bisa liburan pada weekdays.

4. Manfaatkan promo di media sosial

Pexels.com/KarolinaGrabowiska

Bagi kamu yang ingin liburan low-budget, alangkah baiknya kamu selalu memantau akun yang menyediakan jasa tiket transportasi, akomodasi dan wisata sosial media. Mengapa? Karena kamu bisa manfaatkan promo dan diskon agar mendapat tiket dan akomodasi dengan harga murah. Selain itu, promo juga bisa menyelamatkan budget liburanmu. Dengan promo, kamu bisa menghemat uangmu untuk keperluan lain.

Dengan harga tiket dan akomodasi yang lebih murah, kamu bisa mengalokasikan budget untuk hal lain, misal untuk oleh-oleh, tempat wisata, bahkan wisata kuliner.

5. Ajak teman atau keluarga

vogue.com

Jika ingin berlibur dengan budget yang minim, kalian bisa ajak keluarga dan teman agar dapat menghemat biaya penginapannya. Dengan berlibur bersama teman atau keluarga, kalian bisa memilih kamar untuk kapasitas orang lebih banyak dan bisa menghemat budget kalian.

Tanpa perlu pusing memikikirkan budget sendiri, kalian bisa menentukan budget per orangnya bersama teman dan keluarga. Selain menghemat pengeluaran, liburan bersama teman dan keluarga bisa mempererat hubungan juga, bukan?

Nah, itu tadi tips untuk liburan dengan budget minim. Meskipun dengan budget minim, kalian bisa loh menikmati liburan ke tempat impian kalian. Yuk, liburan!

IDN Media Channels

Latest from Travel