Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Wisata Indonesia yang Mendunia, Pemandangannya Bikin Takjub! 

Mulai dari wisata alam hingga wisata budaya

Audia Natasha Putri

Indonesia adalah negara kepulauan yang menyimpan keindahan wisata dan pemandangan alam yang elok di dalamnya. Tak hanya itu saja, Indonesia juga menawarkan wisata arsitektur yang menyimpan budaya dan sejarah yang menarik untuk ditilik. 

Misalnya, pulau Bali yang terkenal akan keciamikan pantainya menjadi destinasi favorit para pelancong di seluruh dunia. Taman Laut Bunaken menjadi wisata kecintaan para penggemar wisata laut. Terbang ke Jawa Tengah, ada Candi Borobudur yang terkenal akan kemegahan arsitektur dan keapikan stupa Buddha yang bernilai budaya tinggi.

Wisata Indonesia yang kaya budaya, pemandangan spektakuler dan alam yang masih asri, menjadi modal utama untuk menarik banyak turis asing datang. Tak heran, beberapa destinasi wisata Indonesia pun cukup mendunia dan menjadi favorit para pelancong untuk berlibur.

Penasaran wisata Indonesia mana saja yang mendunia? Merangkum dari ragam sumber, inilah daftarnya.

1. Kemegahan arsitektur Candi Borobudur di Jawa Tengah dari abad ke-9 ini, menjadi bagian dari sejarah hadirnya Buddha Mahayana di Indonesia.

World Wonders

2. Kamu bisa menikmati indahnya fenomena blue fire yang berpijar terang di Kawah Ijen, Jawa Timur. Destinasi wisata ini menjadi favorit pelancong domestik maupun mancanegara lantaran menjadi satu dari dua lokasi kawah vulkanik dengan api berwarna biru di dunia.

Halojatim.com

3. Nusa Penida, Bali. Jernihnya perairan dan putihnya pasir serta berhiaskan tebing raksasa, sukses memanjakan mata.

stargrabs.com

4. Danau Toba yang berlokasi di Sumatra Utara ini menjadi destinasi wisata eksotis yang tak boleh dilewatkan. Danau terluas di Sumatra ini, idiperkirakan memiliki panjang 100 km, lebar 30 km dan dengan kedalaman hingga 505 meter.

Instagram.com/Novian_altelucav

5. Keindahan Gunung Bromo yang fantastis, membuatnya mendapat julukan sebagai negeri di atas awan. Ketika mendaki Gunung Bromo, kamu akan merasakan suasana yang sejuk, asri sambil memanjakan mata menyaksikan pemandangan memukau di atas ketinggian 2000 meter.

Explore Bromo

6. Wisata ikonik Goa Jomblang, Jawa Tengah, akan membawamu memasuki perut bumi sedalam 80 meter. Fenomena masuknya cahaya matahari dari celah-celah dan lubang goa yang menakjubkan, tak boleh kamu lewati.

Garasi Jogja

7. Nilai budaya dan arsitekturnya yang kental, menjadikan Candi Prambanan sebagai warisan budaya UNESCO pada 1991. Di sana kamu bisa menyaksikan pertunjukan sendratari Ramayana yang memesona.

Situs tropicalife.net

8. Di Jawa Barat, kamu akan menemukan Green Canyon-nya Indonesia. Namanya Cukang Taneuh, Pangandaran. Terdapat panorama batu karang yang memukau dan sungai berkelok yang bikin kamu takjub.

Instagram.com/cila_bwz_90

9. Labuan Bajo sukses menghipnotis siapa pun untuk berlibur di sana. Dengan daya magis alamnya yang menakjubkan, destinasi alam ini selalu ramai dikunjungi. Terdapat wisata alam memukau di sana seperti Goa Batu Cermin, Air Terjun Cunca Wulang, Pulau Padar, Pink Beach, hingga Pulau Komodo.

Instagram.com/Ariefsatria_

10. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Tangkahan Eco Park, menjadi rumah bagi para koloni gajah yang hidup di alam bebas. Keindahan alamnya bagaikan surga, membuat wisatawan mamcanegara menyebutnya sebagai The Hidden Paradise of Sumatra.

Pelita Baru

11. Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi destinasi alam Indonesia yang memukau. Kamu akan menemukan hewan langka eksotik di sana. Mulai dari gajah Sumatra, orang utan, badak Sumatra, hingga harimau Sumatra.

Instagram.com/aditya_anggara_m

12. Melancong ke Sulawesi, ada wisata alam Wakatobi yang menawarkan keindahan bawah laut dan biota lautnya. Nama Wakatobi terdiri dari nama empat gugusan pulau yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

13. Tak kalah menarik, Pulau Sumba juga menjajakan lanskap eksotis. Mulai dari Pantai Bawana, Bukit Warinding, hingga desa-desa adat yang patut kamu kunjungi.

Explorationcompany.com

14. Lawang Sewu, Jawa Tengah menjadi lokasi wisata horor yang cukup populer. Suasana angker dan mencekam, serta banyak rumor penampakan makhluk tak kasat mata, menjadi daya tarik tersendiri.

Heritage - Kereta Api Indonesia

15. Raja Ampat menjadi tempat wisata yang cukup tersohor untuk dikunjungi pelancong lokal dan mancanegara. Eloknya Pianemo, Telaga Bintang, Wayag, Manta Point (Misool) dan Puncak Harfat, bikin kamu nggak mau pulang, deh!

Traveltomtom.com

Mendunianya wisata Indonesia menjadi bukti bahwa Tanah Air menjadi sorotan dunia lewat ragam keunikan dan keindahan pariwisatanya yang memukau. Sudah sepatutnya sebagai warga Indonesia kita harus bangga dan turut menjaga kelestariannya. Mana saja, nih, yang sudah pernah kamu kunjungi?

IDN Media Channels

Latest from Travel