Peristiwa alam seperti gempa bumi rasanya tidak hanya terjadi di Cianjur, Jawa barat dan Mentawai, Sumatera Barat, tetapi juga melanda salah satu wilayah kabupaten di Jawa Timur pada Rabu lalu (23/11/2022). Melansir informasi dari Twitter resmi BMKG, @InfoHumasBMKG, gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Probolinggo tersebut berkekuatan magnitudo 4.1. Meskipun tidak berpotensi tsunami maupun adanya gempa bumi susulan, warga setempat merasakan getarannya yang sangat kuat.

Berbicara mengenai Probolinggo, rupanya daerah ini memiliki beragam keindahan pesona alam yang bisa kamu telusuri lebih dalam. Selain situs budaya dan sejarah, tempat ini juga mempunyai berbagai objek wisata, seperti pantai, pulau, air terjun, dan pegunungan dengan spot foto-foto kekinian yang ciamik.

Bagi kamu yang tengah merencanakan liburan ke sini, berikut ini Popbela rangkumkan informasi selengkapnya mengenai 9 tempat wisata hits di Probolinggo yang memiliki pesona alam yang indah.

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus travel.tribunnews.com

Taman nasional ini menjadi salah satu tujuan wisata ikonik di Jawa Timur. Selain Gunung Bromo jadi daya tarik utama, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang memberikan tantangan tersendiri bagi para pendaki. Penggemar hiking sebaiknya mengambil rute dari Malang karena bisa menikmati keindahan lautan pasir lebih panjang.

TNBTS memiliki sejumlah kekayaan flora dan fauna di dalamnya. Ekosistemnya masih asli karena terjaga kelestariannya oleh masyarakat setempat. Dengan Pasuruan, Malang, Lumajang sebagai kota terdekatnya, taman nasional ini cocok dimanfaatkan untuk konservasi, penelitian, pendidikan dan pariwisata.

2. Pulau Gili Ketapang

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus wisatabagus.com

Beralih dari wisata pegunungan, di sini terdapat pulau yang cocok untuk mengisi liburan kamu. Terletak di Ketapang, Sumberasih, Probolinggo—tepatnya di Selat Madura—kamu bisa menikmati pulau Gili Ketapang dengan pemandangan pasir pantai yang cantik dan juga keindahan bawah lautnya yang juga tak kalah menarik. Kamu bisa snorkeling sambil melihat terumbu karang dan ikan-ikan penuh warna berenang bebas, lho!

Dari kota Probolinggo, kamu perlu menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga. Setelahnya, kamu bisa menyewa jasa perahu motor untuk mengantarkanmu ke pulau ini. Jaraknya sekitar 8 km dari bibir pantai. Untuk memasuki tempat wisata ini, kamu tidak perlu membayar. Akan tetapi, kamu bisa mencoba penawaran paket wisata yang tersedia di sini yang harganya cukup terjangkau.

3. Air Terjun Madakaripura

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus travelspromo.com

Salah satu air terjun di Probolinggo ini akan membuatmu terkagum dari kecantikan alaminya. Berlokasi di Branggah, Negororejo, Lumbang, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 200 meter dan menjadi yang tertinggi di Pulau Jawa. Ceruk-ceruk dengan perbukitan hijau itu menjadi alas bagi aliran air tersebut. Airnya yang jernih dan segar, hingga udara sejuk bersama pemandangan memukau yang dapat menenangkan dirimu. Di sini juga terdapat sebuah gua yang dipercaya sebagai tempat persemedian Patih Gajah Mada.

4. Mahoni Grand Park

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus keluyuran.com

Kalau kamu sedang mencari objek wisata dengan spot foto menarik, Probolinggo juga punya, nih! Mahoni Grand Park merupakan tempat wisata di hutan mahoni yang berada di Desa Sumber, Kabupaten Probolinggo. Di sini kamu bisa mengabadikan momen terindah dengan berlatarkan bentangan hutan hijau. Sembari menghirup udara segar, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berkemah, memancing, berenang, atau sekadar mencoba berbagai wahana permainan.

5. Ranu Agung

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus keluyuran.com

Danau Agung atau Ranu Agung adalah sebuah danau menawan yang berada di Ranu Agung, Tiris—terbentuk dari letusan Gunung Lemongan yang sampai saat ini masih berstatus aktif. Dikelilingi tebing tinggi di sisi danau dan keheningannya cocok jadi tempat terbaik untuk pelepas penat dari segala aktivitas. Kamu boleh saja sekadar duduk menikmati semua keindahan alam ini atau menumpangi perahu bambu kecil yang kerap dengan sebutan gethek di danau.

Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, kamu perlu menuju Krucil dari Probolinggo, kemudian lanjut ke Tiris hingga pada akhirnya kamu akan mencapai Ranu Agung. Dikarenakan lokasinya masih sedikit sulit, kamu disarankan untuk bawa kendaraan pribadi, ya.

6. Pantai Bentar

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus tripadvisor.com

Sebuah pantai memesona yang terletak di Curahsawo, Gending, bisa membuat liburanmu menjadi berkesan. Kamu dapat menikmati pemandangannya yang cantik sembari duduk di atas hamparan pasir pantai dengan semilir angin laut yang menenangkan.

Kalau kamu memiliki hobi fotografi, Pantai Bentar memiliki spot unik, yakni dermaga dan jembatan kayu yang mengarah ke laut dengan panjang 50 meter. Tak hanya itu saja, berbagai wahana air seru juga bisa kamu coba. Akses menuju pantai ini cukup mudah, kamu hanya melewati jalur Surabaya-Banyuwangi atau Probolinggo-Situbondo dan kamu akan menemukan objek wisata di Probolinggo ini.

7. Padang Rumput Savana

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus tempatwisataseru.com

Di objek wisata kali ini, kamu bisa menikmati hamparan padang rumput yang luas dengan pemandangan perbukitan yang mirip seperti areal perbukitan di acara televisi Teletubbies.  Padang rumput savana ini terletak di bagian selatan Gunung Bromo. Untuk mencapai tempat ini, kamu memiliki dua alternatif yang bisa kamu tempuh, di antaranya dengan berjalan kaki atau menggunakan sewa mobil Jeep.

8. Pantai Duta

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus reddoorz.com

Pantai Duta memberikanmu pemandangan alam yang eksotis. Keindahan laut alaminya menjadi ciri khas dengan perpaduan hutan cemara dan pesona hutan mangrove. Hamparan pasir laut yang bersih dengan ombaknya yang tenang. Berkunjung ke Pantai Duta, kamu akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan seru dan menarik, seperti bermain air atau bersantai menikmati keindahan alam. Jangan lewatkan juga fenomena pemandangan sunset di Pantai Duta ini.

Terletak di Dusun Gilin, Randutatah, Kecamatan Paiton, pantai indah ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam dari pusat kota Probolinggo. 

9. Air Terjun Purba Tirai Bidadari

Punya Alam yang Memesona, Inilah 9 Tempat Wisata Hits di ProbolinggoSitus merdeka.com

Air terjun satu ini mungkin belum banyak diketahui banyak orang. Namun, air terjun ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Kamu akan menyaksikan pemandangan alam yang epik saat marahari bersinar. Pada curahan air terjunnya akan tampak pelangi yang menambah pesonanya dengan indah.

Bagi kamu yang menyukai olahraga air, kamu bisa mencoba kegiatan rafting di Air Terjun Purba Tirai Bidadari karena di sini juga menyediakan layanan wisata arung jeram yang berada di Desa Rabugedang. Objek wisata air terjun ini berlokasi di Curah Gadung, Jangkang, Kecamatan Tiris. 

Itulah deretan 9 tempat wisata Probolinggo yang memiliki keindahan alam yang memesona. Selain menyuguhkan pemandangan yang cantik, hal ini juga sekaligus menenangkan dirimu selagi melepas penat. Dari pilihan tempat tersebut, adakah yang ingin kamu kunjungi, Bela?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!

Baca Juga: Banyak Hutan, Rekomendasi 9 Wisata Alam Depok

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Alam di Banten yang Masih Jarang Dijamah Manusia