Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dear Cewek, Stop Boros! Lakukan 4 Hal Jago Ini saat Liburan Tahun Baru

Jangan boros ya, Bela

Anastasia Desire

Ya, namanya juga cewek. Kalau mau liburan, pasti selalu punya persiapan yang super heboh deh. Nggak masalah kok, sah-sah saja. Tapi, jangan sampai persiapanmu bikin dompet kamu ‘boncos’ ya. Soalnya, Popbela yakin kalau semakin heboh persiapan, biasanya diimbangi dengan semakin banyaknya budget yang kamu keluarkan.

Makanya, sebelum hal itu terjadi, coba deh terapkan empat hal jago berikut ini. Siapa tuh yang mau liburan tahun baru? Coba yuk, uang jadi auto terselamatkan.

1. Beli barang yang memang timeless, bisa digunakan bahkan setelah liburan selesai

Freepik/geargodz

Cewek biasanya paling nggak tahan sama sesuatu yang lagi tren. Entah itu pakaian, jaket, celana, dompet, sepatu, tas, aksesoris, dll. Valid, Bela? Tapi kamu harus ingat, tren itu akan selalu berputar. Jadi, jangan membeli barang branded untuk mengikuti tren yang ada saat ini ya.

Untuk menghindari keinginan sesaat karena banyaknya tren terbaru, kamu bisa memilih barang yang timeless agar bisa dikenakan berulang kali. 

2. Kurangi terlalu banyak makan ‘cantik’ saat liburan

Shutterstock/Sellwell

Nggak bisa dipungkiri, nongkrong dan makan-makan ‘cantik’ bareng bestie adalah salah satu cara seru mengisi liburan tahun baru. Kalau dilakukan sesekali mungkin sah-sah saja. Tapi kalau sampai setiap hari menjelang tahun baru kamu makan ‘cantik’ , wah bisa gawat isi rekeningmu. 

Daripada menghabiskan banyak uang untuk hal itu, nggak ada salahnya lho Bela untuk mulai masak sendiri di rumah. Selain lebih hemat dan lebih kenyang, kamu juga bisa meningkatkan skill memasakmu. Undang bestie untuk masak bareng. Ini akan meningkatkan keakraban, kebersamaan dan keseruan acara makan.

3. Pakai Kantong Bersama untuk nabung dan kelola uang kebutuhan liburan bareng orang-orang tercinta

Shutterstock/Urbanscape

Jelang akhir tahun, pengeluaran biasanya akan semakin banyak. Mulai dari liburan, berkumpul bersama keluarga, acara bareng teman, hingga menikmati diskon di toko offline maupun di e-commerce. Nah, supaya keuanganmu nggak ‘boncos’ di akhir tahun, Bela perlu lebih cermat nih dalam mengelola keuangan.

Bela bisa memanfaatkan fitur Kantong Bersama di aplikasi Jago untuk mengelola uang yang dipakai bersama untuk merayakan liburan tahun baru. Jika ada banyak acara, kamu bisa bikin beberapa Kantong Bersama. Masing-masing Kantong juga punya nomor rekening sendiri dan bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan.

Ilustrasi Kantong Bersama di aplikasi Jago (Dok. Bank Jago)

Bela bisa membuat Kantong Nabung atau Kantong Bayar terlebih dahulu untuk kebutuhan perayaan dan liburan tahun baru. Setelahnya, kamu bisa mengundang orang-orang pilihan untuk bergabung dan mengelola Kantong. Kantong akan otomatis berubah menjadi Kantong Bersama setelah undangan bergabung dikirim.

Oh iya, Kantong Bersama juga memudahkan kamu dalam mengelola uang lho Bela, karena setiap anggota dapat mengumpulkan uang atau menabung bersama langsung di Kantong. Nggak perlu melakukan pencatatan secara manual karena setiap transaksi langsung dicatat secara otomatis oleh Jago. 

Setiap anggota juga dapat melihat riwayat transaksi, baik uang masuk maupun uang keluar. Dengan begitu, transparansi pun terjaga. Keren banget ya Bela, fiturnya! Yakin nggak mau pakai fitur Kantong Bersama di aplikasi Jago?

Oh iya, kalau untuk kebutuhan personal seperti belanja di e-commerce atau toko online, kamu bisa bikin Kantong Bayar tanpa perlu dijadikan Kantong Bersama. Fitur Kantong memang dirancang khusus untuk memudahkan kamu dalam budgeting.

4. Hindari uang cash karena bisa trigger kamu untuk impulsif

Shutterstock/Chaay_Tee

Bela, sadar nggak sih kalau membawa uang cash di dompet dalam jumlah banyak ternyata bikin kita jadi lebih boros lho. Kita jadi gampang tergoda untuk jajan barang-barang yang kurang penting.

Nah, supaya pengeluaranmu lebih aman dan terkontrol saat liburan tahun baru, Bela dapat memanfaatkan fitur Kartu Debit Jago Visa yang juga tersedia di aplikasi Jago. Mau borong belanjaan dan menikmati diskon akhir tahun? Bisa tapi tentunya tanpa boros karena cashless!

Ilustrasi pembuatan Kartu Debit Jago Visa langsung di aplikasi (Dok. Bank Jago)

Selain menjaga kamu supaya nggak boros,  Kartu Debit Jago Visa bisa bikin transaksi sat-set karena bisa digunakan untuk tap Visa payWave. Jadi Bela nggak perlu lagi deh gesek kartu dan masukin PIN saat melakukan pembayaran. Lebih aman juga dong pastinya.

Satu hal lagi yang Bela bakalan suka dari fitur ini, Kartu Debit Jago Visa juga bisa digunakan saat belanja dan naik transportasi umum di luar negeri lho! Namun dengan catatan jika toko atau moda transportasinya mendukung penggunaan Visa payWave.

Untuk Bela yang belum tahu, Jago sendiri adalah sebagai aplikasi  pengatur keuangan digital milik Bank Jago yang didukung oleh kekuatan ekosistem GoPay, Bibit, dan Stockbit. Selain itu, PT Bank Jago Tbk juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta penjaminan LPS.

Jadi, aman banget deh kalau mau menabung dan bertransaksi pakai aplikasi Jago. Selain aman, banyak fitur-fitur yang bakal memudahkan kamu dalam bertransaksi dan mengatur keuangan. Yuk Bela, download aplikasi Jago sekarang dan langsung gunakan fitur Kantong Bersama serta Kartu Debit Jago Visa! 

Oke Bela, itu tadi beberapa tips jago yang bisa kamu terapkan untuk ‘menyelamatkan’ keuanganmu supaya nggak ‘boncos’ saat liburan tahun baru. Semoga bisa jadi senjata andalan dalam menghemat pengeluaran ya. Happy holiday! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Travel