Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berkelana di Universal Studio Jepang (USJ)

Plus, tips sebelum bermain di Universal Studio Jepang (USJ)

Aisyah Banowati

Bermain di Universal Studio jepang (USJ) adalah impian banyak orang. Taman hiburan yang dibagun di atas tanah seluas 39 hektar ini resmi dibuka sejak 31 Maret 2001. Puncak tertinggi padatnya pengunjung terjadi di bulan Maret dan Agustus, sebab sedang berlangsung libur musim semi dan musim panas. 

Cara tercepat untuk sampai di Universal Studio Jepang adalah dengan menaiki kereta sampai ke Stasiun Universal City di Jalur Jr Sakurajima. Sepanjang jalan menuju pintu masuk pengunjung akan melewati Universal Citywalk Osaka. Psstt… Kabarnya di Citywalk barang dan makanan dijual dengan harga normal, lho!

1. Masuk ke dalam Universal Studio Jepang (USJ)

twitter.com/USJ_Official

Sebelum masuk dan bermain di Universal Studio Jepang (USJ) jangan lupa untuk mengabadikan momen di bola dunia universal yang ikonik. 

Universal Studio Jepang (USJ) dibagi menjadi beberapa bagian, begitu masuk pengunjung akan memasuki area Hollywood. Suasana tahun 1930-an kental terasa selama berjalan menyusuri Hollywood Boulevard yang ramai dengan pertokoan. 

Jika menyukai wahana permainan ekstrem, area Hollywood punya rollercoaster yang menunggu ditaklukan oleh penantang terbaik. Tak begitu jauh dari area Hollywood, ada Universal Wonderland yang kids friendly.

Di area ini penuh dengan bangunan berwarna cerah dan berbagai wahana permainan yang akan disukai anak-anak. Mulai dari The Flying Snoopy, Elmo's Little Drive, Moopy’s Balloon Trip, hingga Elmo’s Go-Go Skateboard. 

Selain Universal Wonderland, terdapat Minion Park yang juga banyak digandrungi anak-anak dan pengunjung remaja. Permainan seperti Freeze Ray Sliders serta banyaknya badut berbentuk minions, semakin menambah keseruan di area ini. 

Menariknya, jika pengunjung datang bertepatan dengan bulan kelahiran, nantinya pihak Universal Studio Jepang (USJ) akan memberikan sticker birthday. Selama sticker tersebut di pakai, saat pengunjung ingin berfoto dengan ikon karakter yang diinginkan, mereka akan duluan menghampiri. Asik, ya, seperti dapat express ticket.

2. Wizarding World of Harry Potter

unsplash.com/troyjarrell

Wizarding World of Harry Potter adalah salah satu area yang wajib dikunjungi selama berada Universal Studio Jepang (USJ). Apalagi jika kamu adalah penggemar Harry Potter, baru masuk gerbangnya saja pengunjung sudah disambut dengan latar musiknya yang ikonik.

Di bagian depan, desa Hogsmeade akan menyambut para pengunjung dengan rumah-rumah kuno dengan atap yang tertutup salju. Eitss… Saat berada di sini jangan sungkan untuk berfoto di depan Hogwart Express 5972 yang selalu menjadi penghubung para penyihir dengan tempat mereka belajar, Hogwarts.

Wizarding World of Harry Potter di Universal Studio Jepang (USJ) punya bangunan ikonik seperti toko cokelat Honeydukes, stand Butterbeer, Madame Malkin’s, juga toko penjual tongkat sihir Ollivanders yang berhasil membuat pengunjung merasa layaknya masuk ke dalam dunia sihir Harry Potter.

3. Berjalan mengelilingi Universal Studio Jepang (USJ)

twitter.com/USJ_Official

Puas berkelana di Wizarding World of Harry Potter, Universal Studio Jepang (USJ) masih menyimpan area lain yang tak boleh dilewatkan, Amity Village. Desa nelayan yang satu ini menyambut pengunjung dengan patung hiu besar yang tergantung.  

Amity Village bukan hanya desa yang cantik dengan berbagai spot foto menarik, area ini memiliki beberapa restoran yang siap menyajikan hidangan terbaik untuk makan siang. Ada pula berbagai games interaktif yang akan dipandu oleh penjaga bagi pengunjung yang mau ikut berpartisipasi. 

Tak kalah ikonik, teriakan dari pengunjung yang sedang menantang The Flying Dinosaur di Jurassic Park, terdengar seperti musik sambutan dari pintu masuk. Pada waktu tertentu ada atraksi dinosaurus di area bagian tengah taman yang banyak ditunggu. Detail yang luar biasa membuat dinosaurus di Jurassic Park terlihat seperti hewan asli.

Selama bermain di Universal Studio Jepang (USJ) jangan lupa mengenakan topi untuk menghalau sinar matahari. Selain topi, pengunjung juga diperbolehkan memakai payung lipat selama berjalan-jalan.

4. Super Nintendo World

unsplash.com/gronemo

Dunia permainan Super Nintendo World dirancang untuk dapat dinikmati anak-anak sampai orang dewasa. Untuk mengikuti keseruan bermain bersama Mario dan kawan-kawan pengunjung perlu membeli tiket khusus untuk wahana. 

Pengunjung yang memiliki tiket bisa menikmati balapan di Mario Kart, berburu harta karun dengan Yoshi, serta menjelajahi Mushroom Kingdom yang fantastis. Di dalam area ini juga tersedia restoran dan toko oleh-oleh eksklusif.

5. Dari San Francisco hingga New York

unsplash.com/rubensukatendel

Di mulai dari Hollywood, memasuki dunia Harry Potter, bersantai di Amity Village, hingga bermain di dunia Nintendo, keseruan menjelajah Universal Studio Jepang (USJ) belum berakhir. 

Last but not least, jangan sampai melewatkan area San Francisco yang dibangun di tepi laguna. Layaknya kota pelabuhan, pengunjung akan merasakan bagaimana tinggal di  lingkungan seperti Fisherman's Wharf dan Chinatown.

Jika lelah jangan ragu untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan tahun 1930-an di area New York. Jangan sampai tersesat! Ini adalah surga bagi para penggemar film. 

Area New York punya jalan dan sudut gang yang dibuat semirip mungkin dengan apa yang ditampilkan dalam film terkenal. Juga atraksi jalanan yang membuat area ini semakin mirip dengan kota aslinya.

Tips bermain di Universal Studio Jepang (USJ)

unsplash.com/@guneetj
  1. Tiket masuk Universal Studio Jepang (USJ) mulai dari 8.600 yen (sekitar Rp896 ribu) untuk 1 Day Studio Pass yang dapat dibeli secara online di situs usj.co.jp/web/en/us/tickets, atau dapat dibeli secara on the spot. Namun, untuk menghemat waktu sebaiknya kamu membeli tiket secara online.
  2. Pembelian tiket Express Pass sangat dianjurkan untuk kamu yang datang untuk bermain di waktu high season. Meski harus menambah budget, kamu dapat memilih 4-7 wahana sebelum bermain di Universal Studio Jepang (USJ) agar tak perlu mengantri saat bermain.
  3. Alat bantu kamera seperti tripod dan tongsis dilarang memasuki area Universal Studio Jepang (USJ). Apabila sudah terlanjur membawa, kamu bisa menyewa loker untuk menyimpannya secara aman.
  4. Persiapkan uang koin 100 yen untuk menyewa loker di dalam area bermain, sebab ada beberapa permainan yang mengharuskan kamu menyimpan seluruh barang sebelum bermain. Tenang saja, uangnya tidak akan tertelan, setelah rampung bermain uang akan dikembalikan oleh secara otomatis. 
  5. Agar tidak tersesat, pastikan kamu berpacu pada peta area Universal Studio Jepang (USJ). Dari pada nyasar ke sana kemari, lebih baik menghemat energi agar dapat maksimal menikmati hari.
  6. Universal Studio Jepang (USJ) menghadirkan berbagai atraksi menarik atau dekorasi khusus di beberapa area yang hanya hadir di waktu tertentu. Untuk itu, sebelum membeli tiket pastikan kamu melihat jadwalnya pada situs www.usj.co.jp/web/en/us. 
instagram.com/universal_studios_japan

Duh, kedengarannya seru banget, ya! Tertarik untuk bermain sambil berpetualangan di sini? Area mana nih, yang pengen banget kamu datangi? Yuk, jalan-jalan ke Universal Studio Jepang (USJ).

IDN Media Channels

Latest from Travel