Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Hal Penting yang Jadi Fokus di Kelas Kesehatan Mental SANGHA Retreat

Mulai dari kebiasaan hidup, hingga pola makan

Niken Ari Prayitno

Akhir-akhir ini tema kesehatan mental terlihat memenuhi media sosial. Sebab, tak dapat dipungkiri, pandemi yang masih terus berlangsung, serta sulitnya liburan karena masih adanya aturan PPKM membuat kita terpaksa memendam dan menyalurkan stres dengan cara yang lain.

Namun, kamu tak perlu berkecil hati. Banyak kelas tentang kesehatan mental yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi stres yang kamu alami. Salah satunya melalui SANGHA Retreat by OCTAVE Institute. SANGHA Retreat mendefinisikan ulang, serta menggabungkan ilmu pengetahuan modern dan kebijaksanaan penyembuhan kuno, untuk memberikan pengalaman kesehatan yang holistik dan berdampak. 

Apa saja fokus yang akan dibahas oleh SANGHA Retreat ini? Simak penjelasannya berikut.

Menerapkan kembali tujuh kebiasaan hidup lebih optimal

Dok. Octave Institute

Hal pertama yang menjadi fokus utama dari SANGHA Retreat adalah menerapkan kembali tujuh kebiasaan hidup agar lebih optimal. Tujuh kebiasaan itu adalah makan, bernapas, tidur, bergerak, keheningan, perhatian dan pengembangan diri. 

Tujuh kebiasaan hidup yang dapat dijalankan secara optimal dipercaya dapat membantu kamu mencapai tingkat kesejahteraan yang baru dengan hidup bermakna. Maka dari itu, melalui AT ONE Clinic di SANGHA Retreat akan membantu kamu untuk menyeimbangkan dan mengintegrasikan pikiran, tubuh, serta jiwa untuk hidup yang lebih nyaman dan bahagia.

Hadirkan 'The Mindful Living Program'

Pexels.com/Vlada Karpovich

Berdasarkan pada tujuh kebiasaan hidup yang sudah disebutkan di atas, maka dari itu, SANGHA Retreat menghadirkan 'The Mindful Living Program'. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan gaya hidup yang lebih sehat, mendukung kebebasan kamu dalam berekspresi dan meningkatkan kualitas hidup dalam berbagai aspek.

Dalam program ini, kamu akan mengikuti pelatihan selama delapan hari tujuh malam dengan beragam materi yang berpusat pada kesehatan mental. Beberapa materi tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Tantangan praktik perhatian oriental modern: latihan berjalan, peregangan yoga dan perhatian.
  • Latihan pernapasan, meditasi dan terapi penyembuhan suara.
  • Mindfull experience tentang kebiasaan makan, mulai dari sudut pandang vegetarian, hingga kebiasaan diet yang sehat.
  • Berbagai kelas tentang mindfulness untuk mencapai tingkat kebijaksanaan yang lebih tinggi dalam menjalani hidup.

Bagaimana mempraktikan hidup mindfulness untuk mengurangi stres?

Dok. Octave Institute

Sebelum mengikuti kelas SANGHA Retreat, kita bisa mulai mempraktikan hidup mindfulness mulai saat ini, lho, Bela. Sebelum mempraktikannya, kita harus tahu terlebih dulu apa itu mindfulness

Secara teori, menurut Dr. Grace Zhu dari SANGHA Retreat, hidup mindfulness adalah hidup dengan fokus dan perhatian penuh terhadap apa yang sedang dikerjakan saat ini. Sehingga, apa yang kita lakukan saat ini benar-benar maksimal karena pikiran kita tidak melayang ke masa lalu atau masa depan yang membuat kita tidak fokus.

Beberapa cara udah untuk menerapkan hidup secara mindfulness adalah sebagai berikut. 

  • Jangan terlalu sering mengecek ponsel saat sedang pergi atau berbicara dengan orang lain. 
  • Rutin melakukan latihan pernapasan untuk mengurangi stres yang melanda dirimu.
  • Buat jadwal bekerja yang teratur, sehingga tidak mengganggu jam istirahatmu.
  • Fokus dengan satu pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Jika sudah selesai, baru kerjakan pekerjaan selanjutnya dan kurangi multi-tasking.
  • Bersyukur dengan keadaan saat ini, dengan apa yang kamu punya, serta hal-hal kecil yang kamu miliki.

Mindfull eating untuk mood booster

Dok. Octave Institute

Selain pikiran, hal lain yang dapat memengaruhi kesehatan mental adalah makanan. Di SANGHA Retreat, kita akan diajarkan pula tentang mindfull eating untuk meningkatkan mood booster. Menurut ahli diet dari SANGHA Retreat, Maggie Xu, makanan bukan hanya dapat menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh. Lebih dari itu, melalui makanan, kita dapat mengatasi emosi dan stres yang tengah kita rasakan.

Menurut Maggie, sistem kekebalan dan kesehatan tubuh tidaklah berdiri sendiri. Di dalamnya terdapat beberapa unit yang bekerja sama, baik itu organ pencernaan, maupun pikiran. Sehingga, untuk menjaganya bekerja secara optimal, maka kita perlu mengonsumsi makanan yang tak hanya enak, tapi juga kaya akan kandungan gizi.

Misalnya, kita bisa mulai menerapkan pola makan makanan nabati. Seperti mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Di dalam makanan tersebut, terdapat protein yang menggabungkan vitamin dan mineral antioksidan dalam jumlah tinggi. Termasuk vitamin A, C, D, E dan B kompleks yang akan optimal untuk mengatur sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, usahakan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Sebab, dengan cukup air di dalam tubuh, kita akan menjadi lebih fokus mengerjakan berbagai pekerjaan yang menumpuk.

Itulah tadi empat hal yang menjadi fokus utama di kelas kesehatan mental SANGHA Retreat. Ingin mencobanya?

IDN Media Channels

Latest from News