Menuangkan pikiran, apa yang dirasakan, dan peristiwa yang baru saja dialami ke dalam tulisan, diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Menurut para ahli, kegiatan yang juga dikenal dengan nama journaling ini, bisa membantu mengatasi masalah mental dengan cara yang sederhana. Kamu hanya perlu kertas dan pulpen untuk melakukannya.

Melissa Divaris Thompson, ahli psikoterapi holistik, mengatakan bahwa journaling dapat menjadi cara untuk menenangkan pikiran.

Journaling merupakan salah satu latihan meditasi yang dapat membantu kamu memilah emosi dan memprioritaskan bagian-bagian penting dalam hidup,” ungkapnya.

Lebih lanjut, berikut 7 manfaat journaling bagi kesehatan kita.

1. Menangani stres

7 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan MentalPexels.com/Ketut Subiyanto

Penelitian menunjukkan bahwa journaling merupakan alat manajemen stres yang sangat baik. Faktanya, sebuah studi pada 2018 mengungkapkan, journaling yang berfokus pada emosi mampu mengurangi tekanan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

“Saat menuangkan stres ke dalam tulisan, pemicunya kadang jadi lebih dipahami. Setelah itu, seseorang biasanya akan melihat penyebab stres dengan cara yang lebih objektif dan mencoba mengatasinya,” papar Carla Marie Manly, psikolog klinis dan pakar kesehatan mental.

2. Mengatasi kecemasan

7 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mentalfreepik.com/katemangostar

Penelitian lain pada 2018 juga menemukan fakta serupa. Sekelompok orang dewasa yang memiliki gejala kecemasan diminta untuk melakukan journaling dan menceritakan pengalaman traumatisnya ke dalam tulisan setiap 15-20 menit sekali. Hasilnya menunjukkan bahwa kecemasan mereka menurun dalam satu bulan.

3. Mengurangi depresi

7 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan MentalMedicalnewstoday.com

Sebuah studi di 2013 mengungkapkan bahwa ketika seseorang dengan gangguan depresi menulis pemikiran dan perasaan mereka selama 20 menit dalam tiga hari, terjadi penurunan depresi. 

“Saat journaling dimanfaatkan untuk menuangkan pikiran dan perasaan sedih, itu lebih mungkin untuk diproses. Jauh lebih baik daripada membiarkannya terjebak di dalam diri,” ungkap Manly.

4. Meningkatkan fungsi ingatan

7 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mentalfreepik.com/lookstudio

Menurut para ahli, journaling dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Menuangkan pikiran dan perasaan diketahui bisa memperbaiki ingatan jangka pendek, lho!

5. Memperbaiki perilaku

7 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan MentalShutterstock/Syda Productions

Menulis jurnal mingguan yang bermaksud untuk mengungkapkan rasa syukur (gratitude journal), diketahui dapat meningkatkan optimisme dalam hidup.

“Dengan memiliki jurnal yang dikhususkan untuk menulis hal-hal positif akan membuat kita merasa mendapat banyak berkah,” kata Manly.

6. Berdamai dengan trauma

7 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan MentalPexels.com/Mellamed

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa journaling bisa menjadi terapi bagi orang-orang yang pernah mengalami trauma. Sebuah studi pada 2008 bahkan mengungkapkan bahwa seseorang dengan gangguan stres pascatrauma, mengalami perbaikan suasana hati yang signifikan setelah journaling. Hormon stres saat menghadapi ingatan traumatis juga berkurang.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

7 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan MentalPexels.com/Tirachard Kumtanom

Manly mengatakan, journaling bisa menjadi latihan relaksasi yang membantu mengurangi pelepasan hormon stres seperti kortisol. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh kita pun semakin baik. Pada akhirnya, journaling yang bagus bagi kesehatan mental juga memberikan manfaat bagi kesehatan fisik.

Menurut para ahli, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat maksimal dari journaling adalah dengan melakukannya secara konsisten—setidaknya dua hingga tiga kali per minggu. Yuk mulai journaling, Bela!