Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Darurat! Ini 10 Kota di Indonesia Paling Berpolusi di Juni 2023

Jakarta masuk daftar kota paling berpolusi kelima di dunia

Nabila Damaan

Sejak dihapuskannya pembatasan pasca meredanya COVID-19, sejumlah negara mulai beraktivitas seperti sedia kala. Begitu pula yang terjadi di Indonesia. Para pekerja yang kembali memadati jalanan Ibu kota dan sejumlah kota-kota besar di Indonesia lainnya.

Tentu saja hal tersebut berimbas buruknya kualitas udara akibat dari emisi kendaraan dan mesin-mesin pabrik. Mengejutkannya lagi, kemarin Rabu (07/06/2023) Indeks kualitas udara DKI Jakarta berada di peringkat kelima terburuk di dunia, yakni mencapai angka 156 poin.

Bukan hanya Jakarta saja, sejumlah daerah di Indonesia juga teridentifikasi memiliki kualitas udara yang buruk. Melansir AQAir.com berikut adalah sejumlah kota di Indonesia dengan kualitas udara terburuk per 8 Juni 2023.

Apa itu indeks kualitas udara?

iqair.com

Sebelum menuju daftar kota dengan polusi terburuk, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu indeks kualitas udara. Indeks Kualitas Udara atau Air Quality Index (AQI) adalah metode pengukuran global untuk mengetahui tingkat kebersihan udara di suatu wilayah.

Nah, berdasarkan skornya, AQI dibagi menjadi enam kategori, Bela yaitu:

  1. Baik: AQI 0-50. Partikulat halus (PM2.5) berkisar antara 0-12 μg/m³. Kualitas udara memuaskan dengan sedikit risiko bagi kesehatan.
  2. Sedang: AQI 51-100. PM2.5 berkisar antara 12-35 μg/m³. Individu yang sensitif harus menghindari aktivitas di luar ruangan.
  3. Tidak sehat untuk populasi sensitif: AQI 101-150. PM2.5 berkisar antara 35-55 μg/m³. Masyarakat umum dan individu yang sensitif berisiko mengalami iritasi dan gangguan pernapasan.
  4. Tidak sehat: AQI 151-200. PM2.5 berkisar antara 55-150 μg/m³. Peningkatan kemungkinan efek samping pada jantung dan paru-paru pada masyarakat umum.
  5. Sangat tidak sehat: AQI 201-300. PM2.5 berkisar antara 150-250 μg/m³. Masyarakat umum akan sangat terpengaruh. Kelompok sensitif harus membatasi aktivitas di luar ruangan.
  6. Berbahaya: AQI di atas 300. PM2.5 di atas 250 μg/m³. Masyarakat umum berisiko tinggi mengalami iritasi yang kuat dan efek kesehatan yang merugikan. Semua orang harus menghindari aktivitas di luar ruangan.

Daftar daerah di Indonesia dengan kualitas udara terburuk:

10. Kota Bogor, Jawa Barat. Indeks udara di kota Bogor hari ini berada di angka 80 atau masuk kategori sedang. Indeks udara di kota Bogor pernah berada di poin 102 tepatnya pada hari Senin, 5 Juni 2023, lho.

Instagram.com/@bogorkotahijau

9. Kota Denpasar, Provinsi Bali. Indeks hari ini di Kota Denpasar menunjukan AQI 90. Di mana wilayah dengan udara terkotor terdapat di Seminyak, Kuta, Bali.

wikimedia.com

8. Batam, Kepulauan Riau dengan skor AQI 91 dan menjadi paling tinggi selama seminggu terakhir.

iteba.ac.id

7. Kota Bandung, Jawa Barat. Skor AQI di Bandung hari adalah 102, Bela. Wilayah yang paling tinggi tingkat polusinya berada di daerah setra Duta, nih.

Instagram.com/@ngetriplagi

6. Kabupaten Serang, Provinsi Banten memiliki skor AQI mencapai 118 dengan kota wilayah paling tinggi polusinya berada di Cikande.

wikimedia.com

5. Kota Bekasi, Jawa Barat dengan skor AQI mencapai 125 per hari ini. Mirisnya, kemarin kualitas udara di Bekasi masuk ke dalam kategori merah atau tidak sehat dengan skor 152, lho.

wikimedia.com

4. Kota Jakarta. Air quality index Jakarta tercatat memiliki poin 156, dan di pagi ini masih cukup mengkhawatirkan yakni berada di angka 157 dengan indikator berwarna merah.

iqair.com

3. Kota Tangerang Selatan berada di posisi ke-3 dengan skor AQI mencapai 159 di pagi hari. Bahkan sempat berada di angka 164 pada Rabu (07/06/2023).

rumah.com

2. Pasarkemis, Jawa Barat. Berada di urutan ke-2 daerah di Jawa Barat ini tercatat memiliki skor AQI mencapai 165, Bela.

seringjalan.com

1. CileungsiR, Jawa Barat menjadi kawasan di Indonesia dengan polusi udara terburuk di awal Juni 2023 ini. Bagaimana tidak, skor AQI Cileungsir ini mencapai 170 di pagi hari ini dan masuk ke dalam kategori tidak sehat beberapa hari belakangan ini.

purijaya.com

Itulah ke-10 kota di Indonesia dengan kualitas udara paling kotor per awal Juni 2023 ini. Demi menjaga kesehatan ada baiknya kamu menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from News