Polusi Udara Terparah di Jam 4-8 Pagi, Apa Alasannya?

Lebih baik berolahraga pada pukul berapa dong?

Polusi Udara Terparah di Jam 4-8 Pagi, Apa Alasannya?

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

"Yuk, bangun pagi, jangan lupa olahraga di pagi hari karena udaranya masih segar."

Kalimat tersebut mungkin sering dilontarkan oleh orangtua kita di rumah. Alasannya, supaya kita terbiasa bangun pagi dan berolahraga demi kesehatan tubuh. 

Hal tersebut tidak salah, namun faktanya, belakangan udara di Indonesia paling buruk justru terjadi pada pukul 4-8 pagi, lhoKok, bisa? Apa penyebab dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Merangkum dari IDNTimes.com, berikut penjelasannya.

Penelitian terbaru menemukan, kualitas udara memburuk pada pukul 4-8 pagi

Polusi Udara Terparah di Jam 4-8 Pagi, Apa Alasannya?

Co-Founder dan Chief Growth Officer NAFAS, Piotr Jakubowski mengungkapkan hasil penelitian terbaru yang menunjukan bahwa kualitas udara justru berada di titik terburuknya pada pukul 4-8 pagi.

Temuan ini didapatkan berdasarkan tren 6 juta data yang dikumpulkan oleh perusahaan aplikasi dan jaringan pemantau kualitas udara, NAFAS, setiap bulannya.

"Jadi dari tahun lalu kami monitor, khsususnya bagi orang-orang yang suka olahraga tingkat polusi udara dari jam 4 sampai jam 8 pagi, dan sayangnya itu bisa jauh lebih tinggi dari jam 4 dan jam 5 sore," kata Piotr seperti dikutip dari IDNTimes.com.

Ini alasannya, mengapa polusi udara terburuk berada di pagi hari

Tentu, fakta tersebut membuat kita kaget dan bertanya-tanya. Mengapa kualitas udara terburuk justru terjadi pada pagi hari? 

Dalam penjelasannya, Piotr mengatakan bahwa hal ini dikarenakan fenomena meterologi yang terjadi pada malam hari. Saat malam tiba, suhu udara di bumi menjadi lebih dingin. Planetary boundary layer atau lapisan pada atmosfer menjadi lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Hal ini membuat polusi udara yang terproduksi di malam hari terjebak di bumi dan membuat kualitas udara memburuk.

"Jadi semua polusi yang diadakan padi malam hari jadi stuck dan dekat sekali sama bumi kita. Kalau ada kejadian kayak gitu, polusi udaranya langsung jadi tinggi," katanya lagi.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here