Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kampanye #SerunyaMembaca Kembali Hadir dengan 3 Program Utama

Berkolaborasi dengan Gramedia & Taman Bacaan Pelangi

Aisyah Banowati

Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca di bulan April lalu, TikTok kembali menghadirkan kampanye serupa dengan format baru yang lebih fresh. Kampanye ini hadir dengan tujuan meningkatkan minat baca komunitas TikTok dan masyarakat lewat konten edukasi seputar buku.

Kembali berkolaborasi dengan Gramedia—toko buku terbesar di Indonesia—kali ini TikTok juga menggandeng Taman Bacaan Pelangi untuk mengadakan kampanye bertajuk #SerunyaMembaca. 

Menurut data dari Perpustakaan nasional, Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Nasional di Indonesia menunjukkan peningkatan pada tahun 2021 menjadi 59.92 dari skala 1-100—masuk kategori sedang. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan konten kategori pendidikan, konten rekomendasi buku menjadi salah satu kategori yang diminati oleh komunitas TikTok. 

1. Kampanye #SerunyaMembaca 1.0

instagram.com/gramedia

Bukan hanya menjadi wadah bagi pengguna media sosial untuk menonton jutaan video, TikTok juga ingin menjadi platform yang mengedukasi. Hadirnya kampanye #SerunyaMembaca 1.0 merupakan konten edukasi di TikTok yang masih menjadi bagian dari #SerunyaBelajar. Bahkan, kampanye #SerunyaMembaca 1.0 berhasil meraih 2.1 miliar penonton, lho!

Kevin Chandra juga menekankan bahwa kampanye #SerunyaMembaca ini sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. "Kami sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Gramedia dan menggandeng Taman Bacaan Pelangi untuk bersama menyebarkan semangat baca sekaligus memperluas akses ke buku bagi masyarakat Indonesia,” tuturnya.

2. Kampanye #SerunyaMembaca 2.0

instagram.com/gramedia

Bekerja sama dengan Gramedia dan Taman Bacaan Pelangi untuk kegiatan donasi dan penyaluran buku, kampanye #SerunyaMembaca 2.0 ini diselenggarakan sejak 6 Juli hingga 13 Juli 2022. 

“Beberapa tahun belakangan ini, kami melihat peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku. Oleh karena itu, kami kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk menyediakan wadah bagi komunitas TikTok agar mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat,” ungkap Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.

3. Program yang akan hadir pada kampanye #SerunyaMembaca

instagram.com/gramedia

Sebagai ruang untuk mengunggah video singkat berbasis mobile, TikTok memungkinkan semua orang menjadi kreator dan mendorong pengguna berbagi semangat dan ekspresi kreatif melalui video. 

Ditambah dengan kehadiran kampanye #SerunyaMembaca, diharapkan para pengguna dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat dan minat baca masyarakat Indonesia melalui sejumlah program, yaitu: 

  • Tantangan #SerunyaMembaca yang mengajak para pengguna untuk berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi buku dan fakta menarik tentang pustaka, dengan harapan dapat menginspirasi komunitas TikTok.
  • TikTok LIVE yang menghadirkan ruang diskusi seru melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama para penulis ternama dan figur publik, antara lain RJLS, Luvita Ho, dan Dinda Mulia dengan pembahasan seputar buku, penulisan, dan membaca. 

  • Program donasi buku di 10 cabang Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam memperluas akses baca di Indonesia. Hasil donasi, termasuk 1.000 buku persembahan Gramedia, akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangi ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

4. Tiktok dan Gramedia memiliki tujuan yang sama

instagram.com/gramedia

Bertujuan untuk menumbuhkan dan menyebarkan semangat membaca kepada masyarakat, hal ini juga sejalan dengan tujuan Gramedia yang ingin meningkatkan literasi dan memberikan akses tanpa batas pada dunia pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi.

“TikTok sebagai sumber inspirasi lewat konten-konten edukasinya, menjadi salah satu alasan Gramedia untuk kembali bekerja sama untuk kampanye #SerunyaMembaca,” ungkap Raja Tubagus Wijaya Kusuma, Marketing & Communication Manager Gramedia.

5. Harapan Taman Bacaan Pelangi melalui kehadiran kampanye #SerunyaMembaca

Fortuna PR

Taman Bacaan Pelangi merupakan organisasi sosial yang fokus mendirikan perpustakaan anak di daerah terpencil di Indonesia Timur. Semangat untuk membuka akses literasi ini menjadi penggerak utama Taman Bacaan Pelangi dalam partisipasinya di kampanye #SerunyaMembaca ini.

“Semoga bisa memberikan impact yang lebih dan mengajak orang-orang untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Indonesia. Hopefully semoga bisa continue, kita berharap dari TikTok atau dari Gramedia masih bisa terus berkolaborasi dengan Taman Bacaan Pelangi dan komunitas lainnya,” ungkap jelas Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi pada konferensi pers Peluncuran Kampanye #SerunyaMembaca, Rabu (06/07/22).

Nggak cuma kampanye #SerunyaMembaca, kamu juga dapat menikmati berbagai konten edukasi yang seru dan menghibur lainnya dengan mengakses tagar #SerunyaBelajar yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu di TikTok.

IDN Media Channels

Latest from News