Kategori edukasi di TikTok menjadi salah satu kategori dengan pertumbuhan dengan percepatan yang cukup pesat. Hadirnya kampanye #SamaSamaBelajar di TikTok sejak tahun 2020 merupakan salah satu cara TikTok mendukung pendidikan di Indonesia. Selama hampir dua tahun berjalan, #SamaSamaBelajar telah mengumpulkan 95 miliar views

Setelah sukses dengan #SamaSamaBelajar, TikTok kembali menghadirkan kampanye #SerunyaBelajar yang resmi diluncurkan pada Rabu (29/06/2022). Lewat #SerunyaBelajar, TikTok  ingin mengundang para penggunanya untuk merasakan keseruan saling belajar dan berbagi konten informatif yang menghibur.

Kampanye ini akan kembali bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang diawali dengan pengumuman Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) oleh kedua belah pihak.

1. Beragam kegiatan #SerunyaBelajar Ada di TikTok

Yuk, Belajar Asik di TikTok Lewat Kampanye  #SerunyaBelajarwww.tiktok.com

Kampanye #SerunyaBelajar merupakan kampanye untuk meningkatkan semangat belajar yang seru dan interaktif melalui berbagai konten edukasi, bukan hanya pendidikan formal tapi juga informal. Adapun berbagai kegiatan seru lainnya adalah sebagai berikut.

Hashtag Challenge 

  • Hastag Challenge dilaksanakan sejak 27 Juni - 10 Juli 2022.
  • Terbuka untuk usia di atas 18 tahun. 
  • Terdapat 12 kategori konten yang dikompetisikan yakni, software & app, sains dan eksperimen, fotografi, DIY, bisnis dan keuangan, life hacks, kesehatan, pembelajaran sekolah, trivia, teknologi, motivasi dan saran. 

TikTok LIVE 

  • TikTok Live Series: #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan yang akan diselenggarakan 29 Juni - 7 Juli 2022

Exhibition & Networking Party 

  • #SerunyaBelajar Ada di TikTok: Creative Edu Exhibition @Mbloc Space mulai 4-10 Juli 2022. 
  • Hybrid Event: Offline Networking Party @Mbloc Space & Online Livestreaming mulai 9-10 Juli 2022. 

2. Menggandeng Cinta Laura sebagai campaign ambassador #SerunyaBelajar

Sebagai seorang aktris dan penyanyi yang karya dan prestasinya sudah banyak menghiasi dunia hiburan Tanah Air, Cinta Laura juga merupakan sosok yang mementingkan pendidikan. Resmi menjadi lulusan Universitas Columbia di tahun 2014, Cinta Laura kini aktif menjadi campaign ambassador #SerunyaBelajar. 

“Penting sekali semua orang menyadari bahwa belajar adalah proses yang kita jalani seumur hidup. Kenapa aku selalu termotivasi untuk belajar? Karena dunia semakin kompetitif dan juga semakin digital, kalau kita mau berkompetisi atau setara dengan negara-negara lain, kita harus terbuka pikirannya,” tuturnya. 

3. Bagaimana membuat konten yang edukatif sekaligus menarik?

Yuk, Belajar Asik di TikTok Lewat Kampanye  #SerunyaBelajarinstagram.com/vinamuliana

Salah satu kelebihan menjadi seorang conten creator yang fokus pada bidang edukasi, kita bukan hanya mengajarkan atau membagikan ilmu kepada penonton, tapi kita juga dituntut untuk terus belajar dan belajar.

Sebagai salah satu content creator yang aktif membagikan tips seputar dunia kerja—terutama di BUMN—Vina Muliana juga membagikan beberapa tips membuat konten yang edukatif sekaligus menarik pada acara peluncuran kampanye #SerunyaBelajar. Kini, pengikutnya di TikTok sudah lebih dari 4 juta, lho!

  • Harus mudah dipraktikan dan relate dengan kehidupan penonton.
  • Buatlah konten yang menjadi solusi permasalahan orang banyak. Contohnya, Vina gemar memberikan tips lolos wawancara kerja yang banyak dicari oleh para job seeker
  • Buatlah konten yang dapat memberikan motivasi sekaligus mendorong perubahan perilaku dari penonton konten kita.
Yuk, Belajar Asik di TikTok Lewat Kampanye  #SerunyaBelajarinstagram.com/pakwinofficial

Selain Vina Muliana, Tjokro Wimantara yang merupakan pemilik akun @asahpolapikir, turut hadir dan memberikan sedikit tips agar konten kamu ramai dikunjungi pengguna TikTok. 

  • Seorang content creator perlu memiliki sisi keunikan sendiri dalam kontennya. Lakukan dengan konsisten!
  • Agar konten yang kamu buat menarik, buatlah konten dari hal yang sedang menjadi trending. Sinergikan apa yang menjadi konten kamu dengan topik yang sedang ramai diperbincangkan. 
  • Engagement dengan penonton harus dibangun, salah satunya dengan rajin menjawab pertanyaan penonton atau membuat konten live agar lebih interaktif. 

Tjokro Wimantara yang lebih dikenal sebagai Pak Win juga memberikan pesan untuk membuat 10 detik awal video kamu dengan menarik. Lewat 10 detik pertama, penonton akan memutuskan untuk stay menonton atau melewati saja video yang kamu unggah. 

Yuk, turut berpartisipasi dalam menciptakan ekosistem digital yang positif dan ikut ramaikan kampanye  #SerunyaBelajar! Nikmati juga berbagai konten edukatif yang bikin wawasan kamu makin luas bersama TikTok.

Baca Juga: Exclusive Interview: Faouzia Gemparkan TikTok dengan Arabian Music

Baca Juga: Musisi, Ini Cara Memperkenalkan Lagu ke Gen Z Lewat TikTok Marketing

Baca Juga: Tekanan Baru di Dunia Musik, Lagu Harus Viral di TikTok?