Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bahan Makanan Ini Aman Kalau Kamu Masukkan ke Dalam Freezer

Nggak takut cepat rusak

Tita Florita

Membeli bahan makanan kalau nggak diperhatikan dengan benar akan membuat mereka lekas rusak. Tentu saja kamu nggak ingin membuang makanan, uang, hingga tenaga, karena kurang teliti dalam menyimpannya. Memang ada beberapa bahan makanan yang harus disimpan di suhu ruang atau di kulkas. Dalam kulkas pun ada beragam aturan penyimpanannya.

Bicara soal kulkas, tentu ada bagian untuk membekukan. Biasanya diisi dengan makanan instan, es krim, es batu, bahkan sumber protein hewani. Tentu saja ada juga bahan makanan lain yang boleh disimpan di bagian kulkas ini.

1. Ragi

betternutrition.com

Bahan makanan ini mudah sekali aktif jika terkena panas. Kalau sudah terkontaminasi dengan panas, maka ia nggak akan berfungsi secara maksimal kalau digunakan. Apalagi kalau kemasan sudah terbuka dan kamu menggunakan hanya sedikit. Menyimpannya dengan rapat pun belum cukup. Agar nggak terbuang sia-sia, ada baiknya kamu simpan di lemari es. Di sana, ragi nggak akan aktif dengan cepat. Sehingga kalau kamu ingin membuat roti, ragi masih dalam keadaan bagus.

2. Kacang-kacangan

pexels.com/Marta Branco

Menyimpan kacang-kacangan di lemari makanan bisa membuat mereka berjamur dan berbau kurang sedap, sehingga nggak layak untuk dimakan. Jika disimpan di tempat yang cukup lembab, akan muncul tunas-tunas. Kalau sudah seperti ini, mau nggak mau kamu harus membuangnya. Sayang sekali bukan? Supaya kacang-kacangan lebih tahan lama, nggak ada salahnya kamu masukkan ke lemari es. Di sana, kacang-kacangan bisa bertahan hingga 6 bulan.

3. Sayuran segar

Pexels.com/Magda Ehlers

Tentu kamu pernah menjumpai sayuran beku yang dijual di toko swalayan. Dari sini kamu bisa belajar, kalau ada beberapa sayuran tahan apabila disimpan dalam keadaan beku. Tips ini bisa kamu lakukan di rumah. Simpan beberapa pilihan sayur ke dalam wadah yang tahan di suhu dingin. Potong kecil-kecil dahulu sebelum dimasukkan dalam tempat. Kalau masih bingung sayuran apa, wortel, jagung, brokoli, dan kacang polong bisa menjadi pilihan. Tips ini sangat berguna kalau kamu ingin menghemat waktu dan harus memasak.

4. Adonan kue kering

Pexels.com/Pixabay

Tersedianya makanan kecil dan manis di rumah membuat kamu nyaman untuk melakukan aktivitas rumahan. Tetapi, terlalu sering membeli juga nggak baik. Ada baiknya untuk membuat sendiri. Bukan masalah membuat adonan kue kering dengan porsi yang agak besar, sisanya bisa kamu simpan di dalam lemari es. Caranya, bungkus sisa adonan ke dalam plastik. Untuk ukuran, bisa kamu takar sesuai ukuran. Bisa dipipihkan atau dibiarkan bulat.

5. Herbs

Pexels.com/Pixabay

Kamu bisa menaruhnya di tempat es batu agar terlihat lebih rapi. Jangan ragu untuk menambahkan mentega atau minyak zaitun, lalu berikan potongan rosemary atau bawang putih cincang. Tips ini akan membantu kamu menghemat waktu kalau ingin memasak. Berikan nama tanaman herbal dan bahan tambahannya supaya kamu nggak kebingungan. Ada baiknya untuk memisahkan wadah antara untuk membuat es batu untuk minuman dan bahan makanan herbal.

Walaupun masa penyimpanan bahan makanan tersebut lama, ada baiknya segera kamu habiskan dan hindari untuk dibiarkan menumpuk.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Food