Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tetap Bermanfaat, Ini Cara Mengawetkan Sayur dan Buah Secara Alami

Untuk bahan makanan jangka panjang

Rosita Meinita

Di masa pandemi seperti sekarang menyimpan bahan makanan menjadi kebiasaan baru untuk megurangi seringnya berbelanja ke pasar atau supermarket. Tapi, kalau menumpuk makanan, bisa-bisa jadi busuk atau cepat basi, ya. 

Nah, inilah cara mengawetkan makanan agar sayuran dan buahmu tetap segar secara alami.

1. Menyimpan buah dengan tepat

freepik.com/ stockking

Setelah kamu membersihkan sayur dan buah-buahan yang kamu beli, simpanlah di lemari es yang ada di rumahmu. Untuk membuat bahan tetap segar dan nggak membuatnya cepat matang kamu bisa menyimpan di lemari es bagian bawah.

2. Bekukan buah yang sudah matang

freepik.com/ 8photo

Ketika buah yang kamu punya sudah terlalu matang tapi belum siap dimakan, kamu bisa membekukannya dalam freezer. Untuk buah pir dan apel kamu bisa memotongnya menjadi beberapa irisan dan peraskan lemon agar warnanya nggak berubah. Kemudian letakkan pada wadah tertutup.

Nah, apabila buah yang lebuh kecil seperti berry, kamu cukup mencucinya dan bekukan di atas loyang.

Seperti halnya dengan pisang, pastikan kamu mengupas kulitnya dan mengiris menjadi potongan besar.

3. Haluskan menjadi cair

freepik.com/ azerbaijan_stocke

Jika buah yang kamu punya sudah matang, menjadikan saus, selai ataupun memblendernya adalah ide yang bagus. Jika kamu sudah menghaluskannya, letakkan ke freezer. Kamu bisa menjadikannya smoothies ataupun selai dengan buah yang kamu inginkan.

4. Padu padankan dengan bahan lain

freepik.com/ pvproductions

Smoothies, popsicles buah beku, sup dan saus salad adalah salah satu cara membuat sayur dan buah tetap terjaga lama. Dengan cara yang mudah kamu bisa membuatnya menjadi dessert ataupun penambah rasa makanan yang mudah.

5. Lakukan pemanggangan

freepik.com/ KamranAydinov

Tanpa tambahan gula, cobalah memanggang roti dengan tambahan buah-buahan seperti pisang atau alpukat. Untuk alpukat misalnya, bisa juga kamu panggang bersama dengan telur, sebagai sumber tenaga untuks arapan di pagi hari.

Untuk sayuran hijau, kamu bisa memanggangnya untuk dijadikan dried herbs. Nantinya, dried herbs ini bisa kamu gunakan untuk seasoning saat kamu memasak.

Selamat mencoba ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food