Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Semangka yang Sempurna? Begini Cara Memilihnya

Nggak bakal zonk lagi!

Rosita Meinita

Semangka adalah salah satu buah berair yang sangat segar untuk dimakan. Ditambah lagi antioksidannya yang tinggi dari kandungan beta-karoten dan likopen. Akan tetapi, nggak semua buah semangka mempunyai kualitas yang bagus. Banyak yang terkecoh dengan bentuk yang besar tetapi rasa yang kurang manis dan pucat.

Nah, biar nggak salah, inilah cara memilih semangka yang benar.

1. Lihat garisnya

freepik.com/ kompor

Warna semangka menunjukkan kematangan buah. Kamu bisa memilih semangka yang mempunyai pola garis kuat dan konsisten. Garis-garis hijau harus berwarna hijau tua pekat.

Hindari memilih semangka yang berkilau karena itu menandakan belum matang.

2. Temukan titik pada semangka

freepik.com/ user11472009

Periksa semangka yang akan kamu pilih, temukan titik besar pada ujung semangka. Tanda ini menunjukkan di mana semangka berada di tanah saat matang. Titik besar harus berwarna krem ataupun kuning, jika masih berwarna putih atau kuning muda semangka tersebut kurang enak untuk dimakan.

3. Periksa batangnya

freepik.com/ atlascompany

Untuk memilih semangka yang matang, kamu perlu memeriksa bagian batangnya. Batang harus kering dan berwarna kuning kecokelatan. Batang yang masih hijau menandakan bahwa semangka masih muda dan masih berasa hambar.

4. Ketuk buahnya

freepik.com/ timolina

Mengetik semangka bisa membantumu untuk memilih yang terbaik. Berikan ketukan lembut dan dengar suara yang dihasilkan. Jika nada terdengar dalam dan berlubang, itu menunjukkan buah mempunyai banyak air dan lebih matang.

Sebaliknya, jika ketukan terdengar padat, itu menandakan bahwa semangka mempunyai kulit tebal dan belum sepenuhnya matang.

5. Adanya bitnik dan ukuran garis anyaman

freepik.com/ user11472009

Adanya bintik dan garis anyaman yang menyerupai vena merupakan tanda semangka yang kamu pilih bagus dan manis. Bintik-bintik ini menunjukkan bahwa gula telah merembes keluar dari buah. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua sisi semangka sebelum membelinya.

6. Pilih yang bulat sempurna

freepik.com/ poringdown

Carilah semangka yang mempunyai bentuk bulat dan lebih rata. Ini menunjukkan semangka akan lebih manis daripada yang berbentuk oval. Bentuk oval menandakan semangka berair dan kurang segar.

7. Pilih yang paling berat

freepik.com/ 8photo

Saat diangkat, semangka harus terasa lebih berat daripada yang dirasakan. Semakin padat ukurannya semakin tinggi kandungan airnya yang lebih manis.

Selamat mencoba, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food