Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Disiplin Makan Sehat Ketika WFH

Selalu sehat agar tidak mudah terkena penyakit ya, Bela

Romi Subhan

Makanan bisa menjadi musuh terburuk pekerja yang kerja di rumah. Berlebihan makan membuat kita mengantuk, namun kadang-kadang efisiensi bekerja dari rumah juga bisa menyebabkan orang lupa untuk makan. Supaya kamu tetap makan teratur tapi nggak berlebihan, kamu bisa cek tipsnya berikut ini, Bela.

1. Jadwalkan periode makan selama di rumah

Unsplash.com/Pablo Merchán Montes

Seorang ahli gizi yang sudah lama bekerja sebagai pekerja rumah bernama Wilma MacDonald mengatakan bahwa mengemil di sana-sini adalah kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh pekerja yang baru meraskan WFH. Wilma merekomendasikan mengatur hari kamu seperti hari kerja biasa, dengan istirahat makan siang, beberapa istirahat kecil dan fokus pada makanan yang paling penting, yaitu sarapan.

2. Usahakan jangan makan di meja kerja

pexels.com/cottonbro

Sangat mudah untuk berpikir sarapan atau makan siang di meja kerja dapat membantu mengakhiri hari lebih awal, tetapi itu sangat tidak dianjurkan. Selalu ada sesuatu yang lebih untuk dilakukan, dan fokus kamu akan berkurang tanpa adanya istirahat khusus. Itu sebabnya Wilma menyarankan untuk memakan semua makanan tidak di meja kerja.

3. Tetapkan batas kafein dan jangan lupakan air putih

Pexels.com/Burst

Mereka yang baru mengenal gaya hidup bekerja dari rumah, sering tidak menyadari dengan banyaknya kopi yang mereka minum. Jika kamu membuat kopi itu sendiri, pasti kamu tidak ingin menyia-nyiakannya dan kamu akhirnya minum jauh lebih banyak dari yang pernah kamu lakukan di tempat kerja. Minum kopi boleh, tapi jangan terlalu berlebihan dan jangan lupa konsumsi air putih ya, agar selalu terhidrasi.

4. Siapkan camilan sehat

Pexels.com/bulbfish

Kamu tidak ingin berlebihan dengan mengemil, tetapi kamu juga tidak ingin membuat diri kamu kelaparan. Itu sebabnya Wilma merekomendasikan camilan sehat sebagai teman bekerja. Kamu bisa menyediakan buah potong, sereal, atau granola.

5. Buat jurnal makanan

Unsplash.com/Charles Deluvio

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangatlah penting, Bela. Itu sebabnya Wilma merekomendasikan membuat jurnal makanan selama beberapa minggu kamu bekerja di rumah. Pantau asupanmu dan tambahkan beberapa makanan yang menurutmu penting agar gizi yang kamu makan selalu seimbang.

Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Food